Pengertian Workshop, Tujuan dan Jenis-Jenis Workshop

  • Whatsapp
Pengertian Workshop, Tujuan dan Jenis-Jenis Workshop
Pengertian Workshop, Tujuan dan Jenis-Jenis Workshop

Kata workshop sering kali kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi mereka yang terjun di dunia pendidikan maupun pelaku di dunia usaha. Bagi orang yang berkecimpung dalam dunia tersebut, workshop merupakan kata yang tidak asing. Namun jauh berbeda dengan orang-orang awam, mereka tidak mengetahui pengertian workshop secara benar.

Kegiatan workshop ini dalam praktinya fokus mendiskusikan dengan lebih detail suatu permasalahan tertentu yang dilengkapi dengan pelatihan khusus bagi peserta.

Pengertian Workshop

Workshop adalah aktivitas dimana terdapat beberapa orang yang ahli pada bidang tertentu dan berkumpul dalam komunitas untuk membahas suatu masalah tertentu. Dengan background yang sama, maka mereka lebih mudah dalam berinteraksi bersama untuk menemukan solusi dari topik masalah tersebut.

Kegiatan workshop lebih fokus untuk membahas secara tuntas dari sumber permasalahan. Sehingga para peserta akan memperoleh new knowledge yang bermanfaat yang nantinya bisa diterapkan sesuai dengan keahlian pekerjaannya.

Tujuan dan Kegunaan Workshop

Tujuan dari kegiatan workshop yaitu untuk memberikan penjelasan dan pengetahuan baru secara detail kepada partisipan yang sesuai dengan bidang pekerjaannya melalui sebuah pelatihan khusus. Misalnya saja, workshop dalam strategi pemasaran usaha online melalui Google Ads yang bisa dijadikan sebagai rujukan oleh para pengusaha, sehingga mampu memasarkan produknya melalui media internet.

Kegiatan workshop juga sangat berguna dalam menambah kualifikasi pada profesi seseorang sesuai dengan bidang yang digelutinya. Dengan kata lain, bahwa kegiatan ini bisa menambah wawasan dan meningkatkan ketrampilan serta kualitas diri dalam mengembangkan profesinya.

Kegiatan workhop juga bisa digunakan sebagai sarana di dalam membangun sebuah kemitraan kerjasama dan kebersamaan antar peserta workshop. Selain itu, kegiatan workshop juga sebagai sarana yang lebih efisien untuk mendiskusikan dalam merumuskan dan mensosialisasikan suatu metode kepada peserta.

Jenis- Jenis Workshop

Berdasarkan kategorinya, workshop dibedakan menjadi beberapa jenis. Sesuai dengan pengertian workshop, maka jenis-jenis workshop terdiri dari:

1. Workshop yang bersumber dari organisasi/ lembaga

Pengelompokan kegiatan workshop dalam aspek ini disesuaikan pada organisasi atau lembaga yang mengadakan kegiatan tertentu.

Tujuan dari kegiatan workshop ini, diharapkan para peserta mampu memahami semua konsep dalam pengendalian intern yang sesuai berdasarkan kebutuhan pegawai dan manajemen dalam mengembangkan kreatifitas dan juga inisiatif dalam bekerja.

Selain itu, peserta diharapkan mampu mengimplementasi dan mengembangkan metode dalam pengelolaan intern yang tepat dengan kultur kerja berdasarkan proses pemberdayaan.

2. Workshop yang bersumber dari sifatnya

Berdasarkan dari sifatnya, kegiatan ini dibedakan menjadi dua kelompok diantaranya yaitu:

  • Jenis workshop mengikat

Yaitu kegiatan workshop, dimana semua pesertanya diwajibkan untuk mengikuti konsekuensi yang didapatkan dari kegiatan workshop tersebut. Misalnya, workshop penetapan SOP suatu instansi, workshop standarisasi ISO dan lain-lain.

  • Jenis workshop yang tidak mengikat

Yaitu hasil yang ditetapkan dari suatu kegiatan workshop tidak harus diikuti oleh pesertanya. Misalnya, Workshop tentang pengembangan suatu strategi dalam pemasaran online dengan menggunakan Google Ads.

3. Workshop yang bersumber pada waktunya

Berdasarkan waktunya, maka kegiatan workshop dibedakan dalam dua kelompok diantaranya yaitu:

  • Workshop secara beruntun

Yaitu kegiatan workshop yang dalam pelaksanaannya selama periode yang telah ditetapkan dan dilakukan secara terus menerus tanpa terputus. Misalnya, workshop yang dilakukan selama tiga hari secara berturut-turut.

  • Workshop secara berkala

Yaitu kegiatan workshop yang dalam pelaksanaannya dilakukan secara berkala pada waktu tertentu. Misalnya, kegiatan workshop yang diadakan setiap tiga bulan sekali atau enam bulan sekali.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *