Pengertian Wireless Menurut Para Ahli

  • Whatsapp
Wireless
Wireless

Pasti Anda sudah sering dengar apa itu wireless, namun apakah Anda tahu pengertian wireless menurut para ahli maupun secara umum. Biasanya orang yang tidak berkecimpung di dunia IT belum paham mengenai pengertian wireless, karena istilah-istilah yang ada pada dunia IT lumayan sulit untuk dipahami. Kali ini kita akan bahas mengenai pengertian wireless secara luas.

Wireless merupakan teknologi yang sudah ditemukan cukup lama, namun memang perkembangannya begitu pesat dan terus berinovasi. Jika dahulu wireless hanya berlaku untuk jaringan internet saja, maka sekarang teknologi wireless sudah berfungsi ke semua perangkat keras. Misalkan Mouse, Keyboard, Headset, charger dan masih banyak lagi.

Pengertian Wireless

Wireless adalah teknologi yang dibuat untuk menghubungkan jaringan satu ke jaringan lainnya tanpa menggunakan kabel. Karena teknologi ini mengandalkan udara sebagai alat atau media untuk bisa melakukan transmisi gelombang elektromagnetik.

Teknologi wireless sekarang semakin canggih dan tentu memberikan efisiensi terhadap pekerjaan manusia. Jadi wireless bukan lagi hanya seputar gelombang radio dan internet saja yang berhasil ditangkap, melainkan sudah mencakup ke seluruh perangkat-perangkat yang mungkin saat ini sering Anda gunakan.

Pengertian Menurut Para Ahli

1. Priyambodo

Menurutnya, wireless adalah standar dari sebuah jaringan tanpa kabel, alat ini berfungsi sebagai penyempurnaan komponen yang terdapat di jaringan internet, agar bisa digunakan dengan mudah tanpa terhalang oleh batas apapun.

2. Onno W. Purbo

Sedangkan menurut Onno, wireless merupakan alat bantu jaringan yang bisa digunakan tanpa kabel, sehingga memudahkan pengguna terhubung ke internet. Biasanya teknologi wireless digunakan oleh sebuah komunitas atau perusahaan yang masih satu kelompok secara bersama-sama di dalam satu ruangan.

3. Doni Kurniawan

Berbeda dari sebelumnya, menurut Doni teknologi wireless merupakan jaringan tanpa kabel yang sudah ditemukan sejak lama dan berhasil digunakan pada netbook Pentium 3. Ia menambahkan harusnya teknologi ini juga digunakan untuk netbook Pentium 4 dan generasi selanjutnya, agar wireless semakin berkembang.

4. Yuhezir

Menurut Yuhezir, ia mengatakan bahwa wireless adalah perangkat standar yang digunakan untuk media komunikasi dalam lingkup wilayah lokal tanpa menggunakan kabel sebagai media penghubungnya.

Itulah beberapa pendapat para ahli, secara garis besar pengertian yang disampaikan memiliki kesamaan dalam hal makna. Pada intinya wireless dibuat untuk menunjang kerja Anda agar lebih cepat, mudah dan efisien.

Fungsi Wireless

Selain pengertian, kita akan bahas beberapa fungsi wireless, sebagai teknologi tanpa kabel tentu wireless memiliki fungsi yang lebih baik, dan beberapa kita rangkumkan di bawah ini

  1. Pengguna wireless akan dimudahkan karena tidak dibatasi dengan ruang gerak pada jarak yang dijangkau oleh satu titik sinyal internet.
  2. Meskipun tanpa kabel, biasanya jaringan internet yang menggunakan wireless mampu menjangkau hingga 30 meter dari titik sinyal internet dibuat. Jadi Anda bisa menggunakan internet tersebut selama tidak melebihi jarang yang sudah ditentukan. Namun,jika ingin lebih luas jangkauannya, Anda bisa menggunakan alat khusus seperti router atau yang lainnya.
  3. Memiliki fungsi pemasangan yang mudah dan juga harga yang sangat terjangkau.
  4. Area cakupan internet yang menggunakan wireless juga sangat fleksibel, selama Anda masih berada di area jangkauan.
  5. Bisa digunakan untuk mengatur seluruh lalu lintas data yang masuk ataupun keluar, sehingga bisa digunakan oleh banyak pengguna yang saling terhubung antara satu dengan lainnya hanya melalui satu jaringan.

Salah satu dari perkembangan zaman yang bisa memudahkan manusia salah satunya dengan adanya keberadaan wireless ini. Masih banyak fungsi wireless yang bisa disebutkan, namun lima point diatas merupakan fungsi wireless secara umum yang perlu Anda ketahui.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *