Pengertian Wifi dan Cara Kerjanya

  • Whatsapp
Pengertian Wifi dan Cara Kerjanya
Pengertian Wifi dan Cara Kerjanya

Wifi sebenarnya dibuat untuk memberikan kemudahan kepada orang untuk terhubung dengan internet. Wifi dibuat dengan cakupan area yang lebih kecil dan lebih mudah karena tidak memerlukan kabel untuk dapat saling terhubung. Wifi sebenarnya bukan hanya perangkat untuk berbagi jaringan internet, namun wifi juga memiliki fungsi lain.

Wireles Fidelity atau yang lebih dikenal dengan nama wifi adalah teknologi jaringan nirkabel atau tanpa kabel yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat digital dengan jaringan internet maupun dengan perangkat digital lainnya. Berikut ini akan dibahas mengenai pengertian wifi dan cara kerjanya dengan lebih mendalam.

Pengertian Wifi

Wifi adalah teknologi yang memanfaatkan gelombang radio dengan tujuan perangkat komputer, laptop maupun smartphone dapat terhubung dengan jaringan internet. Untuk dapat terhubung dengan jaringan wifi diperlukan adaptor nirkabel untuk membangun hotspot. Fungsi adaptor ini adalah menentukan jangkauan area yang masih dapat terhubung dengan wifi.

Wifi awalnya adalah jaringan nirkabel yang bersifat lokal saja namun seiring perkembangan teknologi wifi dapat digunakan untuk mengakses internet.

Satu adaptor wifi biasanya memiliki jangkauan sejauh 20 meter. Hal ini terjadi jika wifi ada di dalam ruangan dan ada juga jangkaun wifi yang lebih luas untuk yang di luar ruangan. Wifi adalah pengembangan dari sistem jaringan IEEE-802.11 yang dikenal dengan nama Hi-Fi.

Prinsip kerja dari wifi yaitu menggunakan gelombang radio agar perangkat digital dapat terhubung dengan jaringan internet maupun dengan perangkat digital lain. Perangkat yang dapat terhubung dengan wifi adalah komputer, laptop, smartphone, konsol video game, pemutar audio digital dan perangkat lain yang mendukung penggunaan wifi.

Jaringan wifi biasanya menggunakan frekuensi gelombang radio 2,4 GHz sampai dengan 5 GHz untuk dapat terhubung dengan perangkat user. Kelebihan wifi adalah wifi tidak memerlukan kabel agar perangkat dapat saling terhubung. Wifi juga lebih digemari karena lebih simpel dan praktis untuk digunakan.

Selain menghubungkan perangkat digital dengan koneksi internet, wifi juga dapat digunakan sebagai media transfer file. Wifi juga dapat membuat Anda mendapatkan akses internet yang lebih stabil. Anda juga dapat menjadikan smartphone Anda menjadi sebuah modem yang memancarkan koneksi internet.

Cara Kerja Wifi

Prinsip kerja utama wifi adalah dengan menggunakan gelombang radio yang ada di udara. Untuk dapat bekerja wifi memerlukan beberapa  peralatan berikut ini.

1. Router

Router adalah alat yang berfungsi menerima informasi dari internet kemudian menerjemahkan informasi tersebut menjadi gelombang radio.

2. Antena Wifi

Antena wifi adalah alat yang terpasang pada router untuk mentransmisikan sinyal radio.

3. Adaptor Wireless

Adaptor wireless adalah alat yang terpasang pada perangkat digital yang akan menerima sinyal radio hasil transmisi dari antena wifi. Fungsi adaptor wireless adalah menerima sinyal radio dan kemudian diterjemahkan menjadi data yang dapat dibaca oleh perangkat digital.

Cara kerja wifi adalah dengan mengirimkan data dari perangkat digital lalu diterjemahkan oleh adaptor wireless yang kemudian dikirim ke antena wifi dalam bentuk sinyal radio. Data akan diterima oleh router kemudian diterjemahkan. Setelah itu router mengirimkan data ke internet melalui koneksi ethernet kabel fisik.

Wifi sebenarnya bekerja secara dua arah. Data yang diterima lewat jaringan internet kemudian diterima router dan diterjemahkan. Sinyal radio hasil terjemahan dari router kemudian ditransmisikan oleh antena wifi ke perangkat digital yang sedang mengakses data.

Selanjutnya data tersebut dikirimkan kembali ke adaptor wireless perangkat dalam bentuk sinyal radio. Oleh karena itu terjadilah koneksi antara pengguna dengan jaringan internet.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *