Pengertian Web dan Jenis-jenisnya

  • Whatsapp
Pengertian Web dan Jenis-jenisnya
Pengertian Web dan Jenis-jenisnya

Salah satu fungsi internet adalah sebagai alat yang memudahkan untuk mencari berbagai macam informasi.  Selain itu dalam proses mencari informasi, web merupakan salah satu tools yang berperan utama dalam menyediakan informasi. Namun masih banyak orang yang mengetahui pengertian web dan jenis-jenisnya. Padahal hampir setiap hari Anda menggunakan dan membuka web.

Apa sih web itu?

Web atau sering disebut website adalah kumpulan informasi atau page yang dapat diakses melalui internet. Web juga dapat diartikan sebagai kumpulan page yang tergabung dalam suatu domain atau subdomain. Serta dapat diakses oleh banyak orang dari seluruh dunia dengan syarat terhubung dengan jaringan internet.

Website ini dapat berupa milik pribadi atau kelompok tergantung tujuan dibuat serta jenisnya. Biasanya, website akan menggunakan domain tertentu yakni WWW atau World Wide Web di depan nama alamat webnya. Hal ini merupakan identitas website sehingga dapat dengan mudah dibedakan dengan yang lainnya. Website pun juga beragam dari mulai dokumen, foto hingga video.

Jenis Website Berdasarkan Sifatnya

Terdapat dua macam jenis website berdasarkan sifatnya yang sering Anda temui.

a. Website Statis

Merupakan sebutan untuk website yang memiliki konten yang tidak berubah atau sama. Jenis web ini hanya bisa diupdate oleh webmaster atau develope saja karena biasanya berisi informasi penting. Sehingga tidak semua orang dapat dengan mudah mengganti informasi yang ada di web tersebut.

Biasanya jenis web ini dimiliki oleh perusahaan yang hanya perlu memberikan informasi dasar perusahaan.

b. Website dinamis

Berbeda dengan web statis, web dinamis memiliki konten atau informasi yang selalu diupdate dan kadang berubah-ubah. Jenis website ini pun lebih mudah dikelola dibandingkan dengan website statis.

Serta website jenis ini biasanya memungkinkan untuk memiliki beberapa user yang diijinkan dan dapat melakukan update konten ataupun informasi. Namun meskipun demikian para user tersebut tetap tidak dapat merubah tampilan dari website.

Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Web memiliki berbagai fungsi yang keseluruhan ditujukan untuk membantu mempermudah dalam berbagai hal. Berikut merupakan berbagai macam manfaat website yang digolongkan berdasarkan jenisnya.

1. Sebagai Sarana Informasi

Tidak perlu dipertanyakan lagi jika fungsi utama website adalah menyediakan informasi kepada banyak orang.  Hal ini membuat website menjadi salah satu sarana edukasi yang dapat diakses oleh semua orang secara gratis maupun berbayar.

2. Sebagai Sarana Jual Beli

Sering Anda jumpai website yang menawarkan berbagai macam jasa maupun barang. Lewat website ini Anda dapat menawarkan produk yang Anda jual kepada calon konsumen secara gratis serta dalam jangka waktu yang lama. Website juga akan membantu Anda untuk mendapatkan konsumen serta meningkatkan jumlah penjualan tanpa harus membuang waktu Anda.

3. Sebagai Hiburan

Sering Anda jumpai website-website yang berisi tentang informasi-informasi yang menghibur. Salah satu contohnya yakni website yang berisikan tentang berita terbaru para artis, berita tentang gaya hidup maupun berisi tentang ulasan-ulasan film. Biasanya website dengan konten yang berisi hiburan ini memiliki tampilan yang menarik serta kemudahan web visitor dalam bernavigasi.

4. Website Pribadi

Website pribadi atau juga sering disebut dengan blog mulai menjadi sebuah tren di awal tahun 2000 an. Jenis web ini berfungsi sebagai jurnal pribadi yang dapat diakses secara online. Jika Anda sangat suka menceritakan berbagai macam pengalaman hidup maupun membuat cerita, tentu saja jenis website ini sangat cocok untuk Anda.

5. Komunitas Online

Selain berfungsi untuk mencari dan mendapatkan informasi, website juga dapat Anda gunakan sebagai tempat untuk berdiskusi dengan pengguna internet lain. Selain mendapatkan berbagai informasi Anda juga akan mendapatkan teman baru.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *