Pengertian Web Browser dan Beberapa Contoh Web Browser Populer

  • Whatsapp
Pengertian Sosial dalam Organisasi dan Kelompok
Pengertian Sosial dalam Organisasi dan Kelompok

Pada era globalisasi seperti sekarang ini, perkembangan teknologi semakin tidak terbendung lagi. Hampir setiap sendi kehidupan manusia sudah memanfaatkan teknologi modern. Perkembangan tersebut tidak lepas dari usaha manusia agar kegiatan yang mereka lakukan di kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah, serta memberikan hasil maksimal.

Perkembangan sistem informasi menjadi indikator yang sangat jelas. Sistem informasi selalu di permudah untuk mendukung mobilitas manusia yang semakin cepat. Salah satu yang mendukung persebaran informasi adalah situs web. Namun, situs web tidak bisa bekerja sendiri. Terdapat peran penting dari web browser dalam menyokong pertumbuhan komunikasi hingga saat ini.

Pengertian Umum Situs Web

Situs web adalah gabungan dari beberapa halaman web yang saling berhubungan dan berisikan berbagai macam informasi. Situs web sendiri bisa dimiliki maupun/dikelola oleh perseorangan, maupun sebuah organisasi yang lebih besar.

Situs web setidaknya harus diletakkan pada sebuah server web Kemudian, informasi yang terdapat di dalamnya dapat diakses dengan menggunakan jaringan internet maupun LAN. Proses akses yang akan dilakukan selalu membutuhkan alamat web yang disebut sebagai URL. World Wide Web (WWW) merupakan situs yang bisa diakses oleh publik dengan bebas melalui internet.

Berkas yang menjadi dasar dari sebuah halaman web ditulis sebagai Plaintext (berkas teks biasa). Agar interface yang disajikan menjadi semakin menarik, teks tersebut dikombinasikan dengan instruksi–instruksi. Instruksi yang digunakan seringkali berbasis XHTML atau HTML.

Pengertian Umum Web Browser

Pengertian Web Browser adalah, perangkat yang digunakan untuk mengendalikan persebaran informasi di internet dengan cara menerima maupun menyajikannya. Sumber informasi yang ada akan diidentifikasi oleh web browser dengan menggunakan pengidentifikasi sumber seragam. Pengidentifikasi sumber seragam dapat membedakan  halaman web, video, gambar, dan jenis konten lainnya.

Apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, kata web browser memiliki arti sebagai penelusur web, penjelajah web, dan peramban web. Banyaknya penyebutan tersebut bukan tanpa alasan. Web browser bisa digunakan untuk mengakses informasi yang ada pada server web. Tidak hanya dalam jaringan yang bersifat publik, web browser bisa mengakses informasi dalam jaringan pribadi.

Beberapa Contoh Web Browser

Perkembangan teknologi menyokong perkembangan arus informasi. Keberadaan berbagai situs web dapat menyediakan banyak sekali informasi yang Anda perlukan. Namun, karena situs web tidak bisa bekerja sendiri, sehingga harus ada yang mendukungnya. Web browser digunakan untuk mendukung keberadaan situs web agar bisa diakses.

Berikut ini adalah beberapa contoh web browser populer yang wajib Anda ketahui dan kuasai.

Mozilla Firefox

Mozilla Firefox adalah, salah satu contoh dari web browser terbaik. Versi terbaru dari software ini memberikan pengalaman menjelajah internet dengan kecepatan tinggi. Tentunya kecepatan tersebut juga tergantung pada kecepatan jaringan internet yang Anda gunakan.

Mozilla Firefox memberikan dukungan yang sangat besar bagi keleluasaan pengguna. Browser ini membiarkan penggunanya untuk memasang berbagai ekstensi yang ada sesuai dengan kebutuhan. Browser ini merupakan browser nirlaba. Sehingga, Anda bisa menggunakan browser Mozilla Firefox tanpa membayar uang sedikitpun.

Google Chrome

Google Chrom adalah, sebuah browser yang dikembangkan oleh Google. Browser ini bisa disebut sebagai salah satu browser yang paling banyak digunakan. Hal tersebut tidak mengherankan apabila mengingat kegunaan dari browser satu ini.

Opera

Meskipun tidak sepopuler Mozilla Firefox dan Google Chrome, browser Opera memiliki keunggulan yang sangat menjanjikan. Opera dapat digunakan untuk menjelajah situs web dengan kecepatan yang sangat tinggi. Kecepatan dari browser Opera bahkan mampu menyaingi Google Chrome.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *