Pengertian Virus

  • Whatsapp
Pengertian Virus

Awal tahun 2020 dunia digegerkan dengan munculnya wabah virus corona yang berasal dari Wuhan, Cina. Sebelum itu dunia juga digegerkan dengan wabah virus sars, mers, flu babi dan flu burung. Virus tersebut mudah menyebar melalui sumber air, udara, transfusi darah, bahkan kontak fisik. Lalu Apa pengertian virus dan ciri-cirinya dalam dunia ilmu biologi?

Pengertian Virus

Virus adalah mikroorganisme yang tidak dapat dilihat dengan mikroskop biasa, melainkan harus dilihat dengan mikroskop elektron, serta menjadi penyebab dan penular penyakit. Kata virus memiliki arti racun (berasal dari Bahasa Latin “virion”). Perkembangan penemuan virus dimulai dari tahun 1883 oleh Adolf Meyer hingga tahun 1935.

Sejarah Penemuan Virus

Penelitian mengenai virus dimulai pada akhir abad 19 saat ilmu pengetahuan berkembang pesat di tengah kecamuk perang dunia. Berikut adalah perjalanan penemuan virus oleh beberapa ilmuwan.

  1. Adolf Meyer adalah seorang ilmuwan Jerman. Pada tahun 1883, Ia menemukan bintik-bintik kuning pada daun tembakau. Meyer kemudian melakukan eksperimen dengan menyemprotkan getah tembakau yang telah diekstraksi pada tembakau yang masih sehat. Hasilnya, tembakau yang sehat tersebut timbul bintik-bintik kuning pada daunnya.

Hasil tersebut mengantarkan Meyer meneliti lebih lanjut menggunakan mikroskop. Ternyata tidak ditemukan adanya bakteri pada daun berbintik kuning tersebut. Kesimpulannya, terdapat makhluk hidup yang lebih kecil dari bakteri menyerang tembakau tersebut.

  1. Dmitri Ivanovskyadalah seorang ilmuwan asal Rusia. Pada tahun 1892, Ia melakukan eksperimen pada tembakau seperti yang dilakukan Meyer. Dmitri mengekstraksi getah tembakau yang sakit lalu disaring dengan saringan bakteri dan disemprotkan pada tembakau yang sehat. Hasilnya, sama dengan eksperimen Meyer, bahwa tembakau tersebut menjadi sakit.
  2. Martinus Beijerinckadalah seorang ilmuwan asal Belanda melakukan eksperimen dengan masih menggunakan tembakau. Namun, Beijerinck menggunakan alkohol untuk mencoba menonaktifkan makhluk penyebab penyakit tersebut. Ternyata alkohol tidak bisa meloloskan makhluk tersebut, sehingga dijuluki virus lolos saring.
  3. Wendell Meredith Stanleyadalah seorang ilmuwan asal Amerika Serikat. Pada tahun 1935 bereksperimen dengan mengkristalkan makhluk penyebab penyakit pada tembakau tersebut. Hasilnya, penyebab penyakit pada tembakau tersebut diberi nama Tobacco Mosaic Virus (TMV).

Ciri-ciri Virus

Berdasarkan hasil penemuan para ilmuwan, virus berbeda dengan bakteri. Bagaimana ciri-ciri virus? Simak penjelasan berikut.

  1. Memiliki satu asam nukleat, bisa berupa DNA (deoksiribonucleic acid) atau RNA (ribonucleic acid) saja.
  2. Memiliki ukuran amat kecil (sekitar 20–300 nm).
  3. Bisa bersifat seperti benda hidup.Buktinya virus mampu berkembang biak jika di dalam sel hidup.
  4. Bisa bersifat seperti benda mati.Hal tersebut karena virus tidak bergerak, tidak bernapas, tidak bermetabolisme, namun mengkristal jika berada di luar sel hidup.
  5. Memiliki bermacam bentuk.Ada yang berbentuk batang (TMV), bulat (HIV), seperti peluru (Rhabdovirus), seperti huruf T (bakteriofag pada E. coli), filamen (virus ebola), dan polyhedral (Adenovirus).

Manfaat Virus

Selain sebagai sumber penyakit, ternyata virus juga memiliki beragam manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari virus.

  1. Untuk pembuatan vaksin protein agar dapat membentuk respon kekebalan tubuh dalam melawan penyakit menggunakan selubung pada virus yang tersusun dari subunit protein.
  2. Melalui rekayasa genetika, virus digunakan sebagai terapi gen.
  3. Untuk pengobatan, virus mampu melemahkan bahkan mematikan bakteri patogen.
  4. Untuk membuat kapasitor dengan menginokulasi partikel virus dicampur dengan senyawa besi.
  5. Sebagai biopestisida pada pertanian.
  6. Untuk produksi interferon (senyawa yang mencegah replikasi virus dalam tubuh inangnya).
  7. Untuk pembuatan obat diabetes atau disebut hormon insulin.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *