Pengertian Valuta Asing dan Fungsinya

  • Whatsapp
Pengertian Valuta Asing dan Fungsinya

Bagi para pelaku ekonomi kata-kata valuta asing pasti tidak seasing yang terdengar. Jika Anda sedang bisnis di luar negeri pastinya Anda sudah sangat hafal dengan valuta asing untuk bisnis Anda. Namun, bagaimana dengan orang awam yang masih baru mengetahui istilah asing ini?

Pengertian Valuta Asing (Valas)

Valuta asing adalah mata uang yang digunakan dan diakui sebagai alat pembayaran dalam lingkup perdagangan internasional. Hal ini karena mata uang negara satu dan yang lain dikonversikan. Dollar adalah salah satu valuta asing yang sering digunakan untuk sistem perekonomian di seluruh penjuru dunia. Oleh sebab itu, dollar memiliki kendali yang besar dalam sistem perekonomian dunia.

Berbicara mengenai devisa negara, valuta asing adalah bagian dari devisa negara tersebut. Devisa adalah setiap kekayaan suatu negara yang dimilikinya dan berada di luar negeri yang dapat diwujudkan berupa jasa, barang, dan bahkan mata uang untuk transaksi lintas negara. Devisa negara yang berbentuk mata uang selanjutnya Anda kenal sebagai valuta asing atau valas.

Fungsi dari Valuta Asing

Sebagian besar fungsi dari valuta asing sudah Anda kenali pada pengertian di atas, namun untuk lebih merincinya berikut uraian mengenai fungsi dari valuta asing (valas).

1. Alat untuk Memperlancar Perdagangan Internasional

Setiap negara di penjuru dunia yang sedang melakukan perdagangan internasional baiknya menggunakan valuta asing untuk lebih memudahkan proses transaksi jual beli. Sehingga saat menggunakan valuta asing maka negara akan terbebas dari kendala permasalahan penggunaan mata uang.

Fungsi dari valuta asing juga bisa disangkutpautkan dengan kelancaran proses perdagangan internasional. Perdagangan tersebut hanya bisa dilakukan dengan adanya valuta asing karena apabila tidak terdapat valuta asing maka perdagangan dilakukan hanya dengan tukar menukar barang atau barter karena sulit menilai dengan mata uang masing-masing negara.

2. Alat Pembayaran Internasional

Valuta asing yang Anda miliki dapat digunakan sebagai pembayaran dalam skala internasional entah saat Anda sedang pergi berlibur atau sedang melakukan bisnis di luar negeri. Anda tidak perlu khawatir karena valuta asing dalam perdagangan internasional sudah diakui dan dianggap sah sebagai alat pembayaran oleh kedua negara yang bersangkutan.

3. Alat Tukar Internasional

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa valuta asing bisa menjadi alat transaksi pada perdagangan di seluruh dunia yang berarti dalam skala internasional. Oleh sebab itu, valuta asing dapat dikatakan sebagai alat tukar internasional. Alat tukar berupa uang yang sudah dalam bentuk uang negara asing atau dollar yang biasa digunakan.

4. Alat Tukar Barang

Jika sudah bisa digunakan sebagai alat transaksi dalam skala internasional, maka valuta asing dapat ditukarkan dengan barang yang terdapat di luar negeri. Belilah barang di luar negeri dan Anda bisa membayar secara langsung dengan valuta asing yang Anda miliki. Barang yang Anda beli akan seharga mata uang yang Anda tukarkan jadi jangan di kurs ke rupiah karena bisa jadi lebih mahal.

5. Alat Pengendali Kurs

Fungsi selanjutnya yaitu sebagai alat pengendali kurs karena kurs di dunia sering terjadi perubahan. Negara dapat melakukan antisipasi perubahan nilai kurs dengan mengelola tingkat penggunaan valuta asing tersebut sehingga dapat mengendalikan nilai tukar mata uang dengan lebih mudah dan tidak terlalu banyak mendapat risiko dari perubahan kurs yang terjadi.

Di Indonesia pergolakan perubahan kurs menjadi perhatian yang tinggi karena tingkat perbedaan antara rupiah dan dollar sangatlah jauh. Oleh sebab itu, dengan adanya valas dapat membantu dalam mengendalikan kurs rupiah terhadap mata uang asing khususnya dollar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *