Pengertian Upload dan Manfaatnya

  • Whatsapp
Pengertian Upload dan Manfaatnya
Pengertian Upload dan Manfaatnya

Istilah upload kerap kali muncul saat Anda berurusan dengan data dan internet. Istilah yang erat hubungannya dengan download ini memang saling berhubungan satu sama lain. Jika download berarti mengunduh atau mengambil berkas, maka upload adalah kebalikannya, yakni mengunggah berkas. Selain memahami pengertian upload dan manfaatnya, simak pula bagaimana cara melakukannya.

Pengertian Upload

Upload adalah suatu proses atau cara untuk mengirimkan file/ data yang berasal dari komputer atau perangkat lainnya, ke suatu sistem dengan menggunakan internet. Kegiatan ini juga kerap dialih-bahasakan menjadi unggah dalam bahasa Indonesia. Dalam proses transmisi data dari user ke server diperlukan koneksi internet yang stabil agar tak terputus dan gagal.

Dalam beberapa pengertian lain, upload bisa didefinisikan sebagai berikut.

  • Cambridge Dictionary menyebut bahwa upload adalah suatu proses untuk menggandakan/ copy atau memindahkan program atau informasi ke sebuah sistem komputer yang lebih luas atau internet.
  • Sementara Wikipedia mengartikan upload sebagai suatu istilah yang kerap digunakan dalam menggambarkan proses terjadinya transfer suatu berkas, atau pemindahan suatu data elektronik yang terjadi antar dua komputer ataupun sistem lainnya.

Proses upload bisa dilakukan pada berbagai jenis data, mulai dari dokumen, audio, foto, hingga video. Umumnya server yang menjadi tujuan upload bekerja selama 24/7 atau setiap hari. Data yang telah Anda upload nantinya bisa dipublikasikan ke khalayak umum dan diunduh kembali sepanjang data pada server pusat belum dihapus.

Manfaat Upload

Proses transmisi data dari perangkat komputer ke suatu server ternyata memiliki manfaat yang cukup signifikan.

  1. Media publikasi

Dengan mengupload data Anda yang berupa karya, Anda bisa mempublikasikannya secara luas untuk dapat diakses banyak orang. Publikasi ini terbilang gratis dan bagus untuk meniti popularitas agar bisa dikenal banyak kalangan.

  1. Media penyimpanan data yang sempurna

Sepanjang akun Anda tidak dihack, semua data yang tersimpan di internet akan aman dan bertahan selamanya. Selama Anda tidak menghapusnya dari server pusat, Anda bisa mengunduhnya sewaktu-waktu.

  1. Media berbagi file

Dengan mengupload melalui internet, Anda bisa merasa terhubung dan saling terkoneksi dengan pengguna lain. Hal ini karena banyak orang yang bisa melihat postingan Anda, menyukai, berkomentar, hingga membangun koneksi.

  1. Media untuk berbisnis

Bagi sebagian orang, upload data lebih ditujukan untuk bisnis. Berbisnis melalui internet belakangan ini memang merupakan langkah yang tepat untuk dikenal secara luas. Banyak brand yang mulai membangun image-nya dengan memanfaatkan fitur upload ini untuk memperkenalkan citra positif.

  1. Meringankan beban hard disk

Jika data yang tersimpan di hard disk terasa terlalu penuh dan berat, pilihan untuk upload dan back up data ke internet tampaknya adalah pilihan yang tepat. Dengan begitu, Anda bisa menhapus data dari perangkat penyimpanan dan menyisakan banyak ruang. Jika butuh, tinggal download saja nanti.

Cara Upload ke Internet

Langkah pertama yang patut Anda perhatikan ketika hendak upload adalah memastikan perangkat terhubung ke internet. Proses mengunggah data ini mustahil dilakukan jika tak ada internet yang menunjangnya. Jika sudah terhubung, Anda bisa langsung mengetikkan server yang hendak dituju sebagai media pengunggahan.

Beberapa server yang bisa Anda kunjungi dan terjamin keamanannya adalah Google Drive, Drop Box, 4Shared, Onedrive, Mediafire. Atau bisa pula di beberapa platform media sosial terkenal agar bisa diakses oleh banyak orang, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, YouTube, dan lainnya. Tinggal pilih server, lalu gunakan akun/ email Anda lalu klik pilihan Upload.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *