Pengertian Tesis, Jenis Tesis dan Karakteristik Tesis

  • Whatsapp
Pengertian Tesis, Jenis Tesis dan Karakteristik Tesis
Pengertian Tesis, Jenis Tesis dan Karakteristik Tesis

Seseorang yang menempuh pendidikan hingga ke jenjang perkuliahan pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tesis. Karena untuk memenuhi tugas perkuliahan biasanya tesis banyak diperlukan oleh para mahasiswa apalagi saat ingin mengerjakan tugas akhir. Tetapi bagi para orang-orang awam tesis merupakan hal yang sangat asing didengar.

Pembuatan tesis ini juga memerlukan berbagai sumber yang terpercaya dan konkret agar orang-orang yang membaca atau mempelajari tentang tesis Anda lebih yakin. Selain itu sumber yang terpercaya juga bisa dijadikan sebuah bukti untuk mendukung pernyataan yang dibuat.

Pengertian Tesis

Tesis adalah sebuah teori atau pernyataan yang sudah dilandasi oleh berbagai argumen baik itu secara lisan maupun tulisan yang berbentuk karangan. Tesis juga sengaja dibuat agar bisa menyelesaikan program pada tingkat tertentu. Tesis juga menentukan apakah seseorang tersebut berhak mendapatkan gelar pendidikan yang ditekuninya.

Definisi tesis secara singkat adalah suatu karya ilmiah yang berbentuk tulisan dan dibuat agar seseorang bisa mendapatkan gelar tertentu pada suatu perguruan tinggi. Tesis juga merupakan sebuah gambaran kemampuan seseorang dalam suatu disiplin ilmu. Jika tesis yang Anda buat semakin bagus maka artinya semakin baik pula kemampuan Anda pada bidang tersebut.

Tesis termasuk salah satu jenis dari sebuah karya ilmiah tertulis. Untuk mengetahui apa itu karya ilmiah berupa tesis berikut pengertiannya menurut para ahli :

  1. Menurut Brotowidjoyo

Sebuah karya ilmiah yang memperlihatkan fakta dan pembuatannya didasarkan pada metodologi penulisan yang telah sesuai dengan aturan.

  1. Eko Susilo

Merupakan sebuah tulisan yang berbentuk karangan dan telah disesuaikan dengan sifat-sifat keilmuan. Biasanya juga dilandasi dengan hasil pengamatan, peninjauan, penelitian pada suatu bidang tertentu. Tulisan juga harus bisa dipertanggungjawabkan dan disesuaikan dengan sistematika penulisan yang benar.

  1. Jones

Sebuah karangan yang bersifat ilmiah dan tujuannya untuk masyarakat atau seorang profesional. Tulisan ini biasanya juga mempunyai sifat ilmiah yang tinggi.

  1. Hery Firman

Sebuah laporan yang berupa tulisan dimana hasilnya akan dipaparkan ataupun dipresentasikan. Dalam pembuatannya juga didasarkan pada aturan penulisan yang benar dan berlaku untuk masyarakat.

Jenis-Jenis Tesis

  1. Tesis Kuantitatif

Tesis kuantitatif adalah tesis yang biasanya bertujuan untuk membuat tesis yang digunakan untuk membuat beberapa jenis pernyataan atau beberapa jenis kerangka hipotetikal. nalar deduktif- hipotetikal merupakan sebutan lain untuk tesis ini

  1. Tesis Kualitatif

Tesis yang tujuannya tidak untuk digunakan membuat berbagai jenis pernyataan ataupun beberapa jenis kerangka yang disebut hipotetikal adalah jenis tesis kualitatif. Tesis ini bisa juga ditujukan untuk penelitian yang sifatnya non kuantitatif. Berbeda halnya dengan tesis kuantitatif,tesis kualitatif memiliki istilah yang disebut dengan nalar induktif-nonhipotetikal.

Karakteristik yang Dimiliki Tesis

  1. Tesis lebih fokus terhadap kajian yang membahas mengenai sebuah isu sentral dan tercakup di dalam sebuah ilmu pendidikan. Adapun ilmu pendidikan ini disesuaikan berdasarkan program studi yang Anda ambil.
  2. Tesis juga merupakan sebuah pengujian empirik untuk posisi teoritik tertentu.
  3. Data utama yang digunakan oleh tesis yaitu data primer dimana data ini biasanya juga ditunjang oleh data sekunder. Data sekunder ini biasanya juga sering digunakan untuk pembanding data.
  4. Penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar tentunya diperlukan dalam penulisan tesis. Hal ini juga berlaku untuk program studi dengan bahasa asing dimana tesis harus ditulis dengan baik dan benar sesuai dengan aturan bahasa asing itu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *