Pengertian Tenaga Kerja, Angkatan Kerja, dan Kesempatan Kerja

  • Whatsapp
Pengertian Tenaga Kerja, Angkatan Kerja, dan Kesempatan Kerja

Faktor produksi yang sangat penting adalah tenaga kerja yang berkompeten, mumpuni, dan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang selaras. Jika perusahaan memiliki tenaga kerja, aktivitas produksi berjalan dengan lancar dan semua tujuan perusahaan dapat dicapai dengan baik dan tepat sasaran.

Namun, selain mengenal tenaga kerja, apakah Anda mengetahui perbedaan antara pengertian tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja? Meskipun memiliki bunyi yang sama namun ketiga kata tersebut memiliki arti dan ciri-ciri yang berbeda.

Pengertian Tenaga Kerja Berdasarkan Para Ahli

1. DR P. Siamanjuntak

Tenaga kerja adalah semua orang yang sudah atau sedang memiliki pekerjaan, penduduk yang dalam masa mencari kerja, dan yang sedang melakukan hal lainnya. Namun, masih dalam waktu rentang usia kerja dan berjalan pada kegiatan produktif.

2. Ritonga dan Yoga Firdaus

Tenaga kerja adalah penduduk Indonesia yang sedang berada pada rentang usia kerja yaitu (16 hingga 64 tahun) yang siap untuk melakukan pekerjaan, yang telah bekerja, atau yang sedang mencari pekerjaan. Bahkan bagi Anda yang sedang menempuh pendidikan tinggi serta para ibu-ibu yang mengurus rumah tangga.

3. Sumitro Djojohadikusumo

Tenaga kerja adalah seluruh penduduk yang ingin atau siap serta mempunyai kesanggupan untuk memulai suatu pekerjaan, para pengangguran yang sedang mencari pekerjaan namun tidak memiliki kesempatan untuk bekerja karena lapangan pekerjaan tidak menerimanya.

Pengertian Angkatan Kerja Berdasarkan Para Ahli

1. BPS (Badan Pemusatan Statistika)

Angkatan kerja adalah penduduk Indonesia yang sudah memiliki kecukupan umur untuk bekerja dan memiliki keinginan untuk bekerja dan bagi penduduk yang sudah memiliki kecukupan umur yang sedang mencari pekerjaan.

2. Prof. Soemitro Djojohadikusumo

Angkatan kerja adalah sebagian jumlah penduduk yang memiliki pekerjan atau mencari pekerjaan untuk berkesempatan melakukan sesuatu yang produktif dalam menghasilkan jasa atau barang untuk diri sendiri maupun untuk masyarakat.

3. Sumarsono

Angkatan kerja adalah penduduk yang sudah siap dan sanggup untuk menjalankan suatu pekerjaan dengan umur yang telah ditentukan.

4. Soeroto

Angkatan kerja adalah penduduk yang memiliki usia kerja baik yang memiliki pekerjaan, sedang mencari pekerjaan, atau tidak memiliki pekerjaan yang berarti bebas memilih atau melakukan suatu pekerjaan tanpa pemaksaan.

5. UU Nomor 13 Tahun 2003

Angkatan kerja adalah individu yang melakukan sebuah pekerjaan (memiliki pekerjaan) untuk menghasilkan sebuah barang dan atau benda untuk kebutuhan mandiri atau kebutuhan orang lain (masyarakat).

6. UU Nomor 20 Tahun 1999

Angkatan kerja adalah penduduk yang memiliki umur 15 tahun ke atas yang sudah atau sedang bekerja dalam arti memiliki pekerjaan. Atau dapat dikatakan angkatan kerja adalah penduduk dengan kelompok usia produktif.

Pengertian Kesempatan Kerja

Kesempatan kerja adalah kebutuhan tenaga kerja atau permintaan tenaga kerja oleh perusahaan atau industri sebagai peluang para angkatan kerja mendapatkan pekerjaan. Semakin banyak kegiatan usaha yang berjalan maka semakin banyak juga kesempatan kerja yang terdapat di lingkungan atau masyarakat.

Sebaliknya, dengan sedikitnya kesempatan kerja maka akan menghasilkan angkatan kerja yang tidak mendapatkan kesempatan untuk bekerja. Kesempatan kerja bisa dibilang sebagai lapangan pekerjaan. Lapangan pekerjaan dapat diciptakan dari pelaku bisnis swasta ataupun bisnis pemerintahan.

Pemerintahan melakukan banyak upaya agar terbukanya lapangan kerja sebanyak-banyak sehingga menekan angka pengangguran para penduduk. Pemerintah bisa membuka lapangan pekerjaan untuk para putra putri terbaiknya yang sedang mencari pekerjaan. Atau cara yang bisa dilakukan oleh pemerintah adalah mendorong setiap warga negara untuk memulai usaha produktif.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *