Pengertian Tema dan Jenis-Jenis Tema

  • Whatsapp
Pengertian Tema dan Jenis-Jenis Tema
Pengertian Tema dan Jenis-Jenis Tema

Pengertian tema dan jenis-jenis tema adalah salah satu bahasan yang sering disinggung dalam pelajaran bahasa Indonesia. Tema ini sendiri adalah salah satu unsur intrinsik sebuah karya. Walaupun tema mempunyai arti sendiri, namun masih banyak orang yang menganggapnya sama dengan topik bahkan dengan judul.

Padahal, tema, topik dan judul adalah 3 hal yang berbeda. Oleh sebab itu, memahami pengertian tema dan jenis-jenis tema dengan baik adalah suatu keharusan supaya tidak keliru lagi apalagi menyamakannya dengan topik maupun judul.

Pengertian Tema Secara Umum

Tema adalah dasar yang biasa digunakan oleh pengarang untuk membuat suatu karya. Tema juga berarti suatu masalah dalam suatu cerita, atau dengan kata lain pokok perbincangan dari suatu hal yang hendak diperjuangkan dalam suatu karya. Selain itu, tema juga dapat diartikan sebagai pokok pikiran suatu karya sastra atau teks bacaan.

Jika ingin lebih panjang lagi, tema adalah gagasan dasar atau pokok yang menjadi dasar bagi suatu cerita serta mempunyai kedudukan yang dominan, sehingga mampu menyatukan semua unsur dalam membangun karya sastra.

Pengertian Tema Menurut Para Ahli

Para ahli yang telah memberikan penjelasan mengenai pengertian tema ialah sebagai berikut:

1. Stanton dan Jenny C

Tema adalah makna yang ada atau terdapat dalam suatu cerita atau karya sastra.

2. Mido

Tema adalah permasalahan yang telah berhasil menduduki tempat utama dalam cerita.

3. Aminuddin

Tema adalah ide yang menjadi dasar bagi suatu cerita untuk diperankan, serta menjadi pangkal tolak bagi pengarang untuk menjalankan aktifitas memaparkan karya fiksi yang telah dibuatnya.

4. Keraf

Tema adalah suatu amanat atau pesan utama yang disampaikan oleh sang penulis atau pengarang melalui karangan dan karya sastranya.

5. Rusyana

Tema adalah dasar dari suatu cerita atau perasaan tertentu atau pandangan hidup tertentu yang menjadi pembentuk dasar gagasan utama sebuah karya sastra

6. Esten

Tema adalah sesuatu yang menjadi pikiran, persoalan atau permasalahan utama

7. Nurgiyantoro

Tema adalah dasar cerita atau gagasan umum dari suatu novel

8. Tarigan

Tema adalah perasaan tertentu atau pandangan hidup tertentu tentang rangkaian nilai-nilai atau kehidupan tertentu, hal itu pula yang menjadi pembangun gagasan utama suatu karya sastra

Jenis-Jenis Tema

Ada lima jenis tema yang bisa Anda ketahui, yakni tema egoik, tema organik, tema ketuhanan, tema sosial dan tema jasmaniah. Untuk uraian singkatnya adalah sebagai berikut:

  1. Tema egoik, yakni tema yang begitu erat hubungannya dengan ego manusia. Biasanya, dalam tema jenis pertama ini, sang pencipta atau pengarang akan menonjolkan tema dengan aneka macam bentuk cerita. Misalnya ketamakan manusia.
  2. Tema organik, yakni tema yang meliputi aneka macam hal yang masih berkaitan erat dengan moral dasar tiap insan, misalnya nasihat, hubungan di antara laki-laki dengan perempuan dan lain sebagainya.
  3. Tema ketuhanan, yakni tema yang hubungannya begitu erat dengan kekuasaan Tuhan, hal ini sangat tampak dalam berbagai aktivitas manusia. Umumnya, pencipta atau pengarang akan menjabarkan tema satu ini dengan aneka macam hal magis yang ada di luar akal manusia.
  4. Tema sosial, yakni tema yang erat kaitannya dengan aneka macam hal yang berkaitan dengan sosial. Dalam hal ini, umumnya sang pencipta atau pengarang akan menjelaskan berbagai hal yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat, masalah sosial, interaksi antara manusia dengan lingkungannya dan lain-lain
  5. Tema jasmaniah, yakni tema yang ada hubungannya dengan kondisi fisik atau badan manusia.

Ciri-Ciri Tema

Secara singkat, ciri-ciri tema adalah sebagai berikut:

  1. Bisa dikenali dengan melihat cara watak yang saling bertentangan satu sama lain dan bagaimana cerita tersebut diselesaikan
  2. Jika pada cerpen atau novel, tema umumnya muncul dalam masalah yang telah dikemukakan.
  3. Tema bisa dimunculkan dalam kisah, peristiwa, suasana maupun unsur lain dalam cerita

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *