Pengertian Televisi dan Penggunaannya Saat Ini

  • Whatsapp
Pengertian Televisi dan Penggunaannya Saat Ini
Pengertian Televisi dan Penggunaannya Saat Ini

Televisi termasuk salah satu media telekomunikasi yang sampai saat ini masih ada di masyarakat. Tak hanya memberikan fitur audio layaknya radio, media ini juga telah dilengkapi dengan sarana visual. Terlebih, baru-baru ini banyak inovasi dilakukan untuk menyempurnakannya. Karenanya, mari mempelajari pengertian televisi dan penggunaannya saat ini.

Pengertian Televisi

Televisi adalah suatu perangkat penangkap siaran gambar yang bergerak beserta audio di dalamnya, baik dalam bentuk gambar monokrom maupun berwarna. Pengertian televisi ini sebenarnya diadopsi dari pendapat beberapa pakar, antara lain;

  • Ilham Z (2010) yang menyatakan bahwa televisi berasal dari adopsi bahasa Yunani yakni Tele yang artinya jauh, dan Vision yang artinya melihat. Secara harfiah televisi diartikan sebagai melihat jauh, lantaran penontonnya jauh dari studio yang bersangkutan.
  • Adi Badjuri (2010) menyatakan bahwa televisi ialah media pandang yang sekaligus juga menjadi media dengar audio-visual, dalam artian penonton tak hanya bisa melihat gambar yang tengah ditayangkan, namun juga mendengar narasi audio di dalalm gambar bergerak tersebut.

Kesimpulannya, televisi dapat diartikan pula sebagai suatu media masa elektronik berisikan siaran dalam bentuk gambar bergerak dan suara yang fungsinya untuk memberi informasi dan hiburan pada publik.

Karakteristik Televisi

Berdasarkan karakteristiknya, televisi memiliki beberapa sifat berikut ini;

  • Audiovisual, artinya televisi memiliki keunggulan untuk dapat dilihat sekaligus didengar oleh penontonnya. Kedua komponen yang bersatu dengan harmonis ini makin menunjukkan kualitas yang baik.
  • Berpikir dalam gambar. Televisi memiliki dua tahapan dalam pengolahannya hingga tampil di layar. Pertama, visualisasi, yaitu menerjemahkan kata berisikan gagasan menjadi dalam bentuk gambar. Kedua, penggambaran, yaitu merangkaikan gambar hingga saling terhubung dan memiliki makna serta alur tertentu.
  • Pengoperasian yang lebih kompleks. Dibanding radio, pengoperasian siaran pada televisi jauh lebih kompleks dengan peralatan dan jumlah orang yang dilibatkan jauh lebih banyak.

Penggunaan Televisi Saat Ini

Meski terus tergerus oleh media lain, namun televisi masih saja memiliki peminatnya tersendiri. Bahkan, harus diakui bahwa kini hampir tiap rumah atau bahkan ruangan memiliki perangkat ini. Penggunaan televisi saat ini pun terus berkembang, antara lain sebagai berikut.

  1. Alat informasi

Televisi kini menjelma menjadi salah satu sarana hubung antara satu dengan yang lain. Segala informasi dan isu terkini bisa disampaikan lewat siaran di dalamnya. Informasi yang dilempar ke publik ini tentu telah diolah sebelumnya dengan data yang valid dan terpercaya.

  1. Media edukasi

Perananan televisi semestinya juga mempertimbangkan nilai-nilai edukasi dengan menayangkan suatu program yang edukatif dan terarah. Hal ini penting mengingat banyak hal di televisi yang dijadikan panutan oleh penontonnya, utamanya anak-anak di bawah umur.

  1. Kontrol sosial

Televisi juga memegang peranan sebagai kontrol sosial dalam masyarakat. Karena pada dasarnya, apa yang hadir di dalam tayangan televisi merupakan salah satu gambaran masyarakat saat ini. Keduanya saling berhubungan erat dan sulit dipisahkan.

  1. Fungsi hiburan

Televisi juga menjadi hiburan utama di waktu senggang, terlebih bagi ibu-ibu rumah tangga yang selesai melakukan pekerjaannya. Kegiatan menonton televisi juga bisa sejenak menghilangkan penat yang mendera berkat banyaknya program hiburan yang diusungnya. Sayangnya, industri ini makin monoton karena ragam hiburan kian seragam dan cenderung mengejar rating saja.

  1. Media penghubung geografis

Televisi merupakan salah satu bukti penghubung geografis antara satu daerah dengan daerah lainnya. Semakin lama, batas geografis semakin tak terasa lagi karena televisi mengangkat geografi suatu daerah sehingga penonton merasa telah mengenalnya walau belum pernah bertandang ke sana.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *