Pengertian Telepon Menurut Ahli

  • Whatsapp
Pengertian Telepon Menurut Ahli
Pengertian Telepon Menurut Ahli

Penggunaan telepon dalam kehidupan sehari-hari sangatlah membantu manusia untuk saling terhubung dan berkomunikasi tanpa perlu bertatap muka. Meski perangkat ini kini berangsur tergantikan oleh kehadiran handphone yang lebih praktis dan mudah dibawa. Namun, kesemuanya menggunakan konsep telepon, terlihat dari pengertian telepon menurut para ahli di bawah ini.

Pengertian Telepon Menurut Para Ahli

Telepon adalah sebuah alat komunikasi untuk menyampaikan pesan berupa suara dan berlangsung dua arah, atau dalam bentuk percakapan. Kata telepon ini sebenarnya berawal dari penggabungan Tele yang artinya jauh, dan Phone yang artinya bunyi.  Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa pengertian telepon menurut para ahli berikut.

  • Murujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, telepon diartikan sebagai pesawat listrik yang memanfaatkan kawat sebagai medianya, untuk bercakap-cakap antara dua individu yang tempatnya saling berjauhan.
  • Sementara di Kamus Administrasi Perkantoran, telepon dimaknai sebagai penyampaian warta antara pihak satu ke pihak lainnya dalam organisasi sendiri maupun ke luar kantor yang jaraknya jauh dengan menggunakan peralatan yang berfungsi meneruskan suara langsung antar kedua belah pihak.
  • Collins Dictionary mengartikan telepon adalah suatu komunikasi dalam sistem elektrik yang memungkinkan seseorang untuk bercakap-cakap secara langsung dengan orang lain di tempat berbeda, atau sebuah peralatan yang dibutuhkan seseorang untuk dapat berbicara dengan orang lain secara berjauhan.

Sejarah Telepon

Telepon pertama kali ditemukan oleh Alexander Graham Bell. Keberhasilan Bell ini tak terlepas dari penemuan tokoh lain seperti Antonio Meucci, Thomas Alfa Edison, Johan Philip, Zenos Wilber, serta Elisha Grey. Hak paten atas transmitters and receiver for electric telegraphs yang dipatenkan atas terobosan Meucci diambil alih perusahaan The Bell di tahun 1875.

Di tahun 1879 dimulailah penggunaan nomor dalam sistem panggilan telepon. Selanjutnya, inovasi telepon dial mulai muncul di tahun 1880. Di tahun 1906 Lee De Forest menemukan sistem audio yang terdiri atas tiga elemen guna memperkuat gelombang radio dalam pengiriman data suara melalui telepon.

Jenis-jenis Telepon

Dalam perkembangannya, telepon terus berubah dari masa ke masa. Aneka pembaharuan dan inovasi membuat jenis telepon makin banyak bermunculan di masyarakat. Berikut ini beberapa jenis telepon hingga saat ini.

1. Berdasarkan cara peletakannya

Jenis telepon berdasar cara peletakkanya terdiri atas bermacam jenis, meliputi;

  • Telepon meja atau tablephone yakni perangkat telepon yang diletakkan di atas meja.
  • Telepon dalam kendaraan adalah perangkat telepon yang peletakkannya di dalam kendaraan seperti mobil, kereta, kapal, pesawat.
  • Telepon dinding atau wallphone, ialah telepon yang letaknya menempel di dinding.
  • Telepon genggam alias handphone yakni telepon portable yang bisa dibawa dan diletakkan di mana saja.

2. Berdasarkan segi kapasitasnya

Berdasarkan segi kapasitas, telepon dibagi dalam beberapa kategori yakni;

  • Telepon dengan satu jalur atau single line telephone, biasanya menggunakan sistem tuts ataupun putar angka.
  • Telepon dengan mengadopsi sistem hunting, yang bisa digunakan secara serentak dalam beberapa saluran.
  • Telepon dengan banyak tuts atau multi-button telephone, yakni telepon yang diatur alur penyampaiannya, biasa dipakai pada organisasi.
  • Telepon yang menggunakan pengeras suara atau disebut juga loudspeaking telephone.
  • Telepon IP, merupakan terobosan perangkat yang menggunakan internet di dalam pengoperasiannya.

3. Berdasar jarak jangkauannya

Menilik jenis telepon berdasarkan segi jarak jangkauan yang dimiliki, perangkat ini dibagi atas beberapa kategori;

  • Telepon lokal, adalah telepon di lingkup suatu daerah saja.
  • Telepon interlokal adalah telepon yang melibatkan jarak antarkota antarprovinsi
  • Telepon internasional, yakni telepon yang melewati batas antarnegara.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *