Pengertian Teknologi Informasi: Fungsi, dan Komponennya

  • Whatsapp

Jika mendengar kata teknologi informasi, Anda pasti langsung mengingat semua hal yang berkaitan dengan komputer dan internet. Atau bahkan mengingat sebuah ilmu pasti, yang kini sudah banyak menjadi program studi di beberapa perguruan tinggi. Teknologi saat ini sudah berkembang pesat, hal itu juga mencakup teknologi informasi yang ikut maju dalam hal infrastrukturnya.

Dengan berkembangnya teknologi informasi, pekerjaan dan kegiatan manusia dapat dilakukan dengan efektif dan efisien. Namun, penggunanya harus benar-benar memahami cara kerja dan perkembangan dari teknologi tersebut. Agar tidak terjadi kesalahan, atau bahkan penyalahgunaan.

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi informasi adalah sebuah studi dalam hal perancangan, pengembangan, implementasi, penerapan, atau manajemen yang berbasis komputer dengan hardware dan software. Pengertian singkatnya, teknologi informasi adalah sebuah fasilitas berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi masyarakat. Berikut ini beberapa pendapat para ahli tentang TI:

  1. Martin

Teknologi informasi tidak hanya sebatas perangkat lunak dan keras, akan tetapi mencakup teknologi komunikasi. Dimana penggunanya dapat berkirim pesan dan informasi, melalui teknologi yang sudah berkembang.

  1. Mc Kewon

Teknologi informasi adalah teknologi, yang berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Baik itu dalam hal menyimpan, mengubah, menciptakan, dan lain sebagainya yang masih mencakup dalam ruang teknologi.

  1. Lucas

Teknologi informasi adalah sebuah teknologi, yang berfungsi mengirim dan memproses informasi elektronik. Seperti televisi, radio, komputer, gadget, tablet, smartphone, dan lain sebagainya.

  1. Sawyer dan William

Teknologi informasi adalah teknologi gabungan antara komunikasi dengan komputer, dengan jalur berkecepatan tinggi. Yang dapat membawa segala macam informasi berupa gambar, video, audio, dan lain-lain.

Fungsi Teknologi Informasi

Tentunya ada banyak sekali fungsi yang dimiliki teknologi informasi, selain menyampaikan informasi dengan teknologi yang canggih. Berikut ini beberapa fungsi teknologi informasi bagi kehidupan manusia, simak uraiannya:

  1. Capture (Menangkap), yaitu dapat membuat kompilasi dari berbagai catatan. Seperti catatan dari perangkat input scanner, mic, dan keyboard.
  2. Processing (Mengolah), yaitu mengolah data yang diterima kemudian menjadikannya sebagai informasi baru.
  3. Generating (Menghasilkan), yaitu mengolah informasi ke dalam bentuk yang lebih mudah dipahami. Seperti tabel, grafik, dan kurva.
  4. Storage (Menyimpan), yaitu merekam segala jenis informasi yang nantinya dapat digunakan kembali untuk berbagai keperluan.
  5. Retrival (Mencari Kembali), yaitu mampu mencari dan menemukan kembali data yang sebelumnya pernah disimpan atau direkam.
  6. Transmission (sebagai transmisi), yaitu mengirim informasi dari satu komputer ke komputer lain dengan bantuan internet.

Komponen Teknologi Informasi

Ada beberapa komponen yang diperlukan, agar rancangan TI dapat berjalan dengan lancar. Umumnya, komponen tersebut harus dipenuhi dalam sebuah komputer, dengan jaringan internet yang lancar. Ada 5 komponen, simak penjelasannya berikut:

  1. Hardware, disebut juga perangkat keras. Digunakan oleh brainware atau kepala operator, terdiri dari processor, kabel data, memory card, dan I/O device (input dan output).
  2. Software, atau perangkat lunak. Berfungsi sebagai jembatan, antara operator dengan hardware. Selain itu, membantu kerja hardware agar lebih optimal. Terbagi kepada dua jenis, ada software sistem (seperti windows), dan software aplikasi (seperti Corel Draw).
  3. Infoware, yaitu informasi yang berupa dokumen. Dapat berupa data teks, gambar, audio, dan lain-lain.
  4. Fireware, yaitu tempat penyimpanan informasi yang bersifat permanen.
  5. Brainware, atau pengguna komputer itu sendiri. Menjadi komponen paling penting dalam TI, karena semuanya tidak akan dapat beroperasi tanpa brainware.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *