Pengertian Teknik dalam Dunia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

  • Whatsapp
Pengertian Perubahan Sosial dan Ciri-Cirinya
Pengertian Perubahan Sosial dan Ciri-Cirinya

Ilmu pengetahuan merupakan sesuatu yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Sejak zaman dahulu, manusia selalu berusaha untuk meningkatkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Keberadaan ilmu pengetahuan dapat membuat hidup yang dijalani menjadi lebih mudah. Karena pada dasarnya, keberadaan pengetahuan itu sendiri untuk memudahkan setiap kegiatan manusia.

Terdapat banyak sekali ilmu pengetahuan yang ada di dunia ini. Namun, ilmu secara umum dibagi menjadi dua yaitu saintek (sains dan teknologi) dan soshum (sosial dan humaniora). Pada artikel berikut ini akan dibahas mengenai pengertian teknik dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi. Tema artikel ini tergolong ke dalam rumpun saintek karena berkaitan erat dengan teknologi.

Pengertian Teknik (Technique)

Teknik adalah cara atau metode untuk melakukan sesuatu. Apabila kata teknik di terjemahkan ke dalam bahasa Inggris, maka akan tertulis dengan kata “Technique”. Kata ini merujuk kegiatan yang akan melibatkan cara maupun metode. Seperti, untuk membuat es krim di dalamnya terdapat cara membuat es krim. Contoh lainnya adalah cara menjemur kain, cara memasak nasi, dan masih banyak lainnya.

Peradaban manusia dikembangkan dengan sangat susah payah. Orang pada zaman dahulu selalu belajar hal baru, untuk kemudian diajarkan pada generasi selanjutnya. Mereka menemukan berbagai teknik untuk memudahkan dan memenuhi kebutuhan mereka. Selama bertahun-tahun lamanya teknik tersebut terus diwariskan terus-menerus, sehingga menciptakan sebuah budaya.

Pengertian Teknik (Engineering)

Pengertian teknik yang merujuk pada “Technique” dan “Engineering” merupakan dua hal yang berbeda. Meski demikian, Anda dapat memberi arti pada dua hal tersebut dengan menggunakan pengertian yang mirip. Perbedaan tersebut disebabkan bahasa Indonesia tidak memiliki kata yang cukup untuk mendeskripsikan setiap kata dalam bahasa Inggris.

Kata yang sangat tepat untuk menggambarkan “Engineering” dalam bahasa Indonesia adalah rekayasa. Karena kata yang sering digunakan adalah “Teknik” maka Anda harus menerimanya dan menggunakannya pada konteks yang tepat.

Pengertian teknik (Engineering) adalah penggunaan teknologi dan ilmu untuk menyelesaikan masalah, sehingga membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah dan efisien. Ilmu teknik diterapkan dengan cara mendesain objek dan suatu proses menjadi lebih bernilai.

Engineering sangat erat kaitannya dengan ilmu matematika dan fisika. Karena, kedua ilmu tersebut merupakan dasar dari sebuah teknologi. Meskipun teknologi seringkali dibuat dengan menggabungkan beberapa disiplin ilmu sekaligus.

Teknik dalam Teknologi

Teknologi sendiri sebenarnya tidak hanya membicarakan tentang mesin, robot, internet dan berbagai hal lainnya. Namun, teknologi sendiri merupakan sebuah sarana untuk mempermudah kehidupan manusia. Membuat sistem yang efisien juga merupakan sebuah teknologi.

Seorang praktisi keteknikan akan di berikan julukan insinyur. hal tersebut sedikit berbeda dengan lulusan teknik biasa pada jenjang sarjana yang akan diberi gelar S.T. Perbedaan tersebut untuk menunjukkan pengalaman yang dimiliki oleh seorang praktisi.

Penyelesaian masalah melalui ilmu teknik menggunakan berbagai aspek. Aspek yang digunakan untuk menyelesaikan masalah bisa berupa ilmu murni, seperti matematika dan fisika, pengetahuan umum, dan pengalaman praktis.

Ilmu keteknikan berkembang dengan sangat pesat sejak zaman dahulu. Karena, keperluan manusia untuk mengembangkan industri semakin besar. Sehingga, muncul banyak disiplin ilmu teknik yang baru.

Perkembangan ilmu teknik yang ada sangat tergantung kepada keperluan zaman. Misalnya saja untuk bidang industri pertambangan. Karena, keperluan praktisi tambang yang berkompetensi selalu meningkat, sehingga disiplin teknik pertambangan di buat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Ilmu keteknikan tidak bisa berdiri sendiri. Seorang praktisi Engineering harus berkolaborasi dengan ahli disiplin ilmu lainnya. Karena, masalah yang dihadapi oleh manusia menjadi semakin kompleks dan sangat rumit.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *