Pengertian Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

  • Whatsapp
Pengertian Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli
Pengertian Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Sumber Daya Manusia sangat diperlukan dalam berbagai bidang kehidupan. Namun, pengembangan yang masih minim membuat SDM belum memenuhi kriteria yang ditentukan. Oleh karena itu,  pengelolaan SDM menjadi hal yang sangat penting bagi kelestarian sumber daya itu sendiri. Serta untuk menunjang kesuksesan di masa yang akan datang.

Sebelum mengelola SDM, Anda harus memahami terlebih dahulu pengertian Sumber Daya Manusia menurut para ahli. Sehingga dapat mengelola dan mengembangkan SDM secara mandiri secara efektif dan efisien.

Pengertian Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Sumber Daya Manusia mempunyai pengertian yang dikemukakan oleh para ahli. Berikut ini penjelasan SDM oleh para ahli.

1. Sonny Sumarsono

Dalam teori yang dikemukakan oleh Sonny Sumarsono, SDM mempunyai dua arti yang berbeda, pertama, SDM Adalah usaha kerja yang diberikan dalam melakukan proses produksi. Sehingga SDM menjadi kualitas usaha dalam waktu tertentu untuk menghasilkan barang atau jasa oleh seseorang.

Kedua, SDM Adalah usaha manusia untuk menghasilkan barang atau jasa. Manusia yang mampu bekerja berarti mampu untuk melakukan kegiatan produksi atau usaha yang mempunyai nilai ekonomis. Karena kegiatan tersebut dapat memenuhi kebutuhan hidup dari produk yang dihasilkan.

2. Hasibuan

Pendapat Hasibuan bahwa Sumber Daya Manusia Adalah skill atau keahlian yang terpadu dari daya fisik manusia dan daya pikir manusia. SDM masih berhubungan dengan keturunan dan faktor lingkungan. SDM juga dimotivasi oleh keinginan seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

SDM yang baik dan berkualitas sangat dipengaruhi oleh daya pikir dan keahlian. Karena daya pikir menjadi modal besar yang dibawa seseorang sejak lahir. Untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang berdasarkan tingkat IQ dan EQ. Sedangkan untuk keahlian dapat diasah dan dilatih dari usaha, belajar, latihan atau kursus agar mempunyai skill yang dibutuhkan.

3. Mary Parker Follett

SDM Adalah tindakan oleh seseorang atau lembaga yang dilakukan untuk tujuan atau sasaran yang sudah ditentukan. Tindakan tersebut dilakukan dengan pengaturan atau manajemen dari pihak lain untuk melaksanakan pekerjaan tertentu. SDM dapat dilakukan oleh organisasi atau perusahaan untuk melakukan pekerjaan atau aktivitas.

SDM mempunyai keterkaitan dengan manager untuk dapat mencapai tujuan perusahaan. Khususnya dari persaingan antar dunia kerja dalam melaksanakan pekerjaan atau kegiatan yang dibutuhkan perusahaan tersebut. Sehingga SDM juga berkaitan dengan manajemen atau pengelolaan.

Manajemen merupakan pengelolaan Sumber Daya Manusia untuk berbagai keperluan, termasuk keperluan material dan finansial dalam perusahaan. Manajemen berkaitan dengan fungsi perencanaan perusahaan yang didalamnya termasuk penetapan, perencanaan, penugasan, perorganisasian, penarikan, seleksi, pengembangan, penyusunan personalia, penilaian prestasi kerja, pemberian kompensasi, pengarahan, dan pengawasan.

4. Mathis dan Jackson

Menurut Mathis dan Jackson, Sumber Daya Manusia Adalah rancangan dari sistem formal pada perusahaan atau organisasi yang mempunyai tujuan untuk memastikan penggunaan skill manusia secara efektif dan efisien. Pengelolaan SDM tersebut tidak lain untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi yang sudah direncanakan sejak awal.

5. M.T.E Hariandja

SDM Adalah faktor selain modal usaha dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang dikelola dan dijalankan secara efektif dan efisien. Perusahaan yang mempunyai SDM yang baik dapat berjalan dengan sukses dan meningkat. Karena pengelolaan SDM dapat dilakukan secara tepat dan hemat.

6. The Chartered Institute of Personnel and Development

Menurut CIPD, Sumber Daya Manusia Adalah strategi berupa perencanaan, pelaksanaan, dan pemeliharaan dengan tujuan untuk mengelola manusia agar mempunyai kinerja yang maksimal. SDM yang dimaksud yaitu karyawan dalam melaksanakan pekerjaan atau aktivitas kerja termasuk mematuhi kebijakan pengembangan perusahaan. Dan dalam mendukung langkah atau strategi yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *