Pengertian Struktur Sosial dan Fungsi Struktur Sosial di Bermasyarakat

  • Whatsapp
Pengertian Struktur Sosial dan Fungsi Struktur Sosial di Bermasyarakat
Pengertian Struktur Sosial dan Fungsi Struktur Sosial di Bermasyarakat

Dalam kehidupan bermasyarakat memang tidak akan pernah jauh dari yang namanya struktur sosial. Pada dasarnya manusia diciptakan sebagai pribadi yang berbeda antara individu satu dengan individu lainnya.

Namun, dalam praktiknya setiap orang membutuhkan orang lain di dalam kehidupannya. Dengan begitu, mereka mampu membangun sebuah kelompok sosial atau masyarakat. Bahkan pengertian struktur sosial dan fungsi struktur sosial selalu menjadi pembahasan penting yang harus di pahami.

Pengertian Struktur Sosial

Struktur sosial adalah suatu bentuk dalam kehidupan kemasyarakatan yang di dalamnya mencangkup interaksi kedudukan dan tugas kemasyarakatan dengan batasan faktor sosial sehingga kondisi tersebut mampu membentuk suatu komunitas-komunitas sosial di dalam masyarakat. Struktur sosial mudah kita temui di dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam keluarga, agama, organisasi dan sebagainya.

Struktur sosial pada awalnya berasal dari sebuah kata structum yang artinya yaitu menyusun. Terutama dalam membangun suatu bangunan dan lebih umumnya digunakan dalam istilah konstruksi yang artinya kerangka. Kata tersebut memang tidak lazim jika digunakan untuk suatu bangunan masyarakat, sehingga dalam istilah ilmiahnya disebut dengan struktur sosial.

Hal ini disebabkan karena seseorang memiliki banyak kebutuhan, mulai dari kebutuhan politik, ekonomi, agama, sosial, hukum dan lain-lain. Selain itu, dalam pemenuhan kebutuhan tersebut juga cukup beragam. Sehingga manusia membutuhkan interaksi sosial di dalam kehidupan bermasyarakat, baik dengan pihak lembaga ataupun lainnya.

Selain itu, hubungan sosial menjadi salah satu bagian dari sifat manusia alami yang selalu hidup bermasyarakat. Sebagai warga masyarakat, manusia tersusun di dalam sebuah struktur sosial. Unsur-unsur tersebut terdiri dari kelompok sosial, kultur, lembaga sosial, penjenjangan sosial, wewenang dan juga kekuasaan.

Kemudian, faktor-faktor tersebut memiliki hubungan dengan berbagai aspek kehidupan, seperti ekonomi, sosial, politik, hukum dan lain sebagainya. Misalnya saja dalam aspek ekonomi, maka manusia akan berhubungan langsung dengan politik. Namun dalam segi politik, mereka akan berhubungan dengan ranah hukum dan seterusnya.

Fungsi Struktur Sosial

Di dalam kehidupan bermasyarakat ada beberapa fungsi struktur sosial yang berlaku, diantaranya yaitu:

  1. Fungsi Identitas

Di dalam suatu kelompok sosial, maka ada kesamaan antara kultur, etnis dan juga sosial yang kemudian membangun sebuah struktur sosial. Hal itu yang membedakan antara kelompok sosial satu dengan lainnya. Jadi struktur sosial pada dasarnya berfungsi untuk menegaskan identitas diri oleh suatu kelompok.

  1. Fungsi Kontrol

Dalam kegiatan bermasyarakat, maka selalu muncul keinginan seseorang untuk melanggar nilai, norma ataupun peraturan yang berlaku di masyarakat. Seseorang bisa jadi mengurungkan niatnya untuk melanggar peraturan yang ada, apabila pada diri seseorang tersebut mampu menyadari pentingnya peran dan statusnya di dalam struktur sosial.

  1. Fungsi Pembelajaran

Dari pengertian struktur sosial dan fungsi struktur sosial yang telah dibahas di atas. Bahwa struktur sosial memiliki peran penting di masyarakat yaitu sebagai tempat untuk belajar.  Maka tidak heran jika terdapat banyak hal yang dapat dipelajari dari struktur sosial, baik dari segi sikap, adat budaya, kedisiplinan hingga kepercayaan.

Ciri- Ciri dari Struktur Sosial

  • Timbul dalam Komunitas Masyarakat

Struktur sosial muncul dalam pribadi seseorang yang mempunyai peran dan status. Status dan peranan tersebut akan terlihat pada saat mereka berada dalam sebuah komunitas masyarakat. Jadi pada setiap sistem yang ada, maka akan muncul berbagai macam peran dan status individu.

  • Berhubungan Erat dengan Kebudayaan

Dalam sebuah kelompok masyarakat akan terbentuk suatu kebudayaan. Sedangkan dalam setiap kebudayaan masing-masing memiliki struktur sosial. Bangsa Indonesia terdiri dari banyak pulau dan terbagi menjadi beberapa daerah yang memiliki berbagai macam budaya. Hal itu menjadi salah satu terbentuknya struktur sosial.

  • Bisa Berganti dan Berkembang

Kondisi masyarakat tidak stabil karena terbangun dari suatu kumpulan individu. Mereka mampu berubah dan tumbuh berdasarkan dengan kemajuan zaman. Karena adanya struktur sosial, maka mereka pun juga mampu berubah berdasarkan perkembangan zaman.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *