Pengertian Strategi dan Perbedaannya dengan Taktik

  • Whatsapp
Pengertian Strategi Secara Umum
Pengertian Strategi Secara Umum

Dalam rangka mencapai tujuan dan kesuksesan, seseorang seringkali merencanakan strategi. Kata yang satu ini sebenarnya sudah cukup familiar karena sering diperdengarkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tahukah Anda apa sebenarnya strategi itu? Bagaimana pengertian strategi dan perbedaannya dengan taktik? Simak ulasan berikut untuk mendapatkan jawabannya.

Pengertian Strategi Secara Umum

Strategi adalah cara atau pendekatan umum yang dijalankan oleh suatu perusahaan atau organisasi  dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu. Selain itu, pengertian strategi adalah suatu pendekatan global yang ada hubungannya dengan aktualisasi rencana, gagasan serta eksekusi suatu aktivitas dalam periode waktu tertentu.

Strategi juga berarti rencana yang dirancang, guna mencapai tujuan yang telah dicanangkan oleh perusahaan. Dahulunya kata strategi ini hanya dipakai dalam dunia militer saja. Akan tetapi, seiring dengan perkembangannya, kata strategi kemudian dipakai dalam bidang yang lainnya juga.

Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

Pengertian strategi dan perbedaannya dengan taktik begitu mencolok, namun sebelum itu silakan Anda simak beberapa pengertian lain dari strategi yang diungkapkan oleh para ahli berikut ini:

1. Robinson

Strategi adalah atau rancangan milik suatu perusahaan, rencana ini memvisualisasikan kesadaran dari perusahaan tersebut mengenai kapan, di mana dan bagaimana cara mereka agar bisa bersaing menghadapi rival dengan tujuan tertentu.

2. Syafrizal

Strategi adalah suatu siasat atau trik tertentu untuk bisa merengkuh tujuan dengan berdasarkan kajian faktor, baik eksternal maupun internal.

3. A. Halim

Strategi adalah cara yang dipakai oleh suatu organisasi atau institusi, cara tersebut akan mengantarkan mereka meraih suatu tujuan yang sesuai dengan ancaman lingkungan eksternal dan peluang yang dihadapi, serta kemampuan internal dan sumber daya.

4. Kacmar, Parrewe dan Anthony

Strategi adalah formulasi tujuan serta misi organisasi, di dalamnya sudah termasuk action plans atau rencana asli guna meraih tujuan tersebut, yang secara eksplisit juga mempertimbangkan kondisi persaingan serta pengaruh kekuatan yang terdapat di luar organisasi, entah secara langsung maupun tidak langsung memberikan pengaruh bagi kelangsungan organisasi tersebut.

5. Wright

Strategi adalah tindakan atau alat yang dimanfaatkan oleh manajemen, dalam rangka meraih kinerja yang konsisten dengan tujuan serta misi organisasi.

6. Mintzberg

Strategi adalah rencana atau pola yang mengintegrasikan berbagai tujuan utama dari organisasi, kebijakan serta urutan kegiatan menjadi satu kesatuan.

7. Lynch

Strategi adalah rencana atau pola yang membuat kebijakan perusahaan atau tujuan utama perusahaan, yang terintegrasi dengan rangkaian tindakan dalam suatu pernyataan yang bersifat saling mengikat.

8. Govindarajan dan Anthony

Strategi adalah sebuah proses yang ada dalam manajemen, yang bersifat sistematis dan dimaknai sebagai proses dalam pengambilan keputusan atas berbagai program yang hendak dijalankan oleh organisasi yang bersangkutan, serta perkiraan mengenai sumber daya yang hendak dialokasikan dalam masing-masing program tersebut selama beberapa tahun yang akan datang.

9. Carl Von Clausewitz

Strategi adalah pengetahuan mengenai pemanfaatan dalam rangka memenangkan suatu pertempuran, sementara pertempuran itu sendiri adalah kelanjutan dari politik.

Perbedaan Strategi dengan Taktik

Walaupun tampak mirip, antara strategi dengan taktik terdapat perbedaan. Perbedaan tersebut terletak pada ruang lingkupnya. Strategi umumnya mempunyai ruang lingkup yang lebih luas sementara taktik ruang lingkupnya lebih sempit.

Selain itu, perbedaan antara strategi dengan taktik tampak pada waktu pelaksanaannya, strategi dilaksanakan dalam kurun waktu yang cukup panjang, sementara taktik biasanya hanya dalam waktu yang relatif lebih pendek. Jika hendak diperjelas lagi, maka perbedaan antara taktik dan strategi seperti yang ada dalam poin-poin berikut:

  1. Ruang lingkup strategi lebih lapang atau luas daripada taktik.
  2. Strategi sifatnya lebih permanen karena dijalankan dalam waktu yang lama, sementara taktik bisa diubah-ubah dengan sangat mudah.
  3. Karena bersifat permanen, perubahan strategi cenderung memakan biaya yang cukup besar, sedangkan perubahan taktik biayanya cenderung lebih kecil.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *