Pengertian Siswa dalam Sekolah Dasar, Menengah dan Atas

  • Whatsapp
Pengertian Siswa dalam Sekolah Dasar, Menengah dan Atas
Pengertian Siswa dalam Sekolah Dasar, Menengah dan Atas

Bila Anda duduk di bangku sekolah, Anda pasti merasa jika siswa memiliki tanggung jawab yang sangat berat, karena harus mengenyam pendidikan selama 12 tahun lamanya di Indonesia.. Sebelum membahas mengenai tanggung jawab siswa, apakah Anda sudah memahami pengertian siswa dalam sekolah dasar, menengah dan atas? Simak penjelasannya.

Pengertian Siswa secara Umum

Secara umum, siswa adalah salah satu komponen penting yang terdapat dalam sebuah sistem pendidikan. Siswa selanjutnya akan diproses dan wajib untuk mengikuti proses pendidikan, seperti melalui tahapan mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah, hingga sekolah menengah atas. Tujuannya bukan lain untuk memahami hal-hal yang sedang maupun telah terjadi di sekitarnya.

Seperti yang dibahas sebelumnya, di Indonesia sendiri telah dibuat program wajib belajar 12 tahun, yang sebelumnya 9 tahun. Dikatakan bahwa dalam kurun 12 tahun, seorang anak wajib untuk ikut serta dalam proses belajar, biasanya hal itu disebut dengan sekolah. Negara maupun pemerintah harus siap untuk melakukan bantuan demi berjalannya wajib belajar 12 tahun ini.

Pengertian Siswa Menurut Ahli

  1. Abu Ahmadi

Siswa adalah sosok manusia yang belum dewasa, yang membutuhkan sebuah bimbingan dari orang yang lebih tua atau dewasa, demi pencapaian sebuah tujuan menjadi makhluk ciptaan Tuhan yang berguna bagi masyarakat maupun kelompok yang membutuhkannya.

  1. Maslow

Anak didik atau murid adalah manusia yang berusaha mempergunakan daya kognitif yang dimilikinya dan memiliki fungsi untuk mengasah motorik maupun kognitifnya.

  1. Arifin

Menurut Arifin, siswa adalah makhluk yang membutuhkan untuk dididik, karena sedang berada dalam sebuah proses perkembangan dan pertumbuhan sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Hal itu membutuhkan sebuah bimbingan dari orang yang telah lebih dewasa, maupun telah lebih banyak memiliki ilmu, sehingga dapat mengasah kemampuan kognitifnya.

  1. Muhaimin Dkk.

Siswa dalam hal ini diberi sebuah label sebagai subjek didik yang dikembangkan nilai-nilai kemanusiaannya, sebagai sosok individu yang sedang berkembang. Individu yang dimaksud memiliki sebuah identitas moral yang butuh dikembangkan menjadi individu yang dapat mencapai tingkat optimal, juga memiliki kriteria warga negara yang disesuaikan.

  1. Dalam Aly

Siswa adalah seseorang yang menginginkan ilmu pengetahuan dan memiliki semangat untuk mempelajarinya. Hal itu dilakukan demi mendapat sebuah ilmu pengetahuan, keterampilan dan juga pengalaman. Hal ini juga memiliki maksud sebagai bekal hidup yang akan dibawa agar dapat kebahagiaan dalam dunia maupun akhirat, dengan mempelajari hal secara sungguh-sungguh.

  1. Kompas 1986

Murid atau siswa adalah orang-orang yang diarahkan oleh orang tua mereka, untuk mengikuti seluruh proses pembelajaran yang ada di dalam sekolah, Tujuannya tidak lain adalah untuk diubah menjadi sosok yang paham mengenai ilmu pengetahuan, memiliki sebuah keterampilan, serta berkepribadian baik dan juga memiliki akhlak yang mulia.

  1. Dr. Shafique Ali Khan

Siswa adalah sosok yang datang pada sebuah lembaga pendidikan, dengan tujuan untuk mendapatkan sebuah pelajaran mengenai beberapa jenis pendidikan yang ada di tempat tersebut. Kemudian, sosok ini dikatakan sebagai seorang pelajar tanpa melihat berapa usianya, dari mana asalnya, bagaimana bentuknya maupun berapa biaya yan Ia keluarkan untuk mendapat ilmu pengetahuan.

  1. Wikipedia

Siswa merupakan bentuk anggota masyarakat yang memiliki tujuan untuk mencari serta mengembangkan potensi yang ada di dalam diri mereka, dengan mengikuti beberapa tahapan belajar yang ada di dalam jalur pendidikan, baik pada jalur pendidikan formal maupun non formal, juga dalam jenjang maupun jenis pendidikan apapun.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *