Pengertian Sistem Pemerintahan dan Macam-macam Sistem Pemerintahan

  • Whatsapp
Pengertian Sistem Pemerintahan
Pengertian Sistem Pemerintahan

Apa yang terlintas di pikiran Anda jika disuruh untuk mendeskripsikan mengenai sistem pemerintahan? Sistem pemerintahan adalah suatu sistem atau cara yang memiliki berbagai komponen dan menjadi satu kesatuan tak terpisahkan serta menjadikannya utuh.

Komponen tersebut masing-masing bekerja sama dan menjalin hubungan sehingga terikat satu sama lain dengan memiliki satu tujuan yang sama dalam pemerintahan. Berikut penjelasan mengenai pengertian sistem pemerintahan dan macam-macam sistem pemerintahan.

Pengertian Sistem Pemerintahan

Sistem pemerintahan adalah sistem dengan berbagai komponen yang menjadi satu kesatuan serta tidak dapat diselesaikan secara tunggal. Sebuah sistem apalagi sistem pemerintahan haruslah memiliki fondasi yang sangat kuat agar terwujudnya tujuan tersebut.

Pengertian sistem pemerintahan menurut para ahli

Para ahli juga turut memberikan pendapatnya dalam sistem pemerintahan. Siapa saja itu?

  1. F. Strong

Ahli tersebut menjelaskan sistem pemerintahan secara luas yakni adanya kegiatan dari badan publik yang terdiri dari eksekutif, legislatif, dan yuridis. Ketiga badan publik tersebut memiliki peran penting dalam pencapaian tujuan negara.

  1. Rosenal

Menurut Rosenal, sistem pemerintahan adalah suatu pengetahuan dalam mempelajari cara mengenai petunjuk kerja baik. Petunjuk struktur luar maupun dalam, serta proses pemerintahan secara garis besar.

  1. Mac Iver

Mac Iver mengungkapkan bahwa sistem pemerintahan adalah ilmu tentang bagaimana cara agar bisa mengatur orang-orang untuk bisa diperintah.

  1. Kusnardi

Kusnardi menyampaikan pendapatnya bahwa sistem pemerintahan adalah mengungkapkan pemerintahan sebagai urusan dari suatu negara. Hal itu dilakukan untuk kesejahteraan rakyat dalam menjalankan tugas yang berhubungan dengan lembaga penting.

  1. Apter

Salah satu ahli yang bernama Apter juga menyampaikan pendapatnya mengenai sistem pemerintahan. Menurut beliau sistem pemerintahan adalah unsur yang paling umum dan utama. Juga memiliki tanggung jawab dalam mempertahankan sistem dengan menganggap pemerintahan sebagai bagian dari monopoli mengenai kekuasaan.

Macam-macam sistem pemerintahan

Sistem pemerintahan yang tidak bisa berdiri sendiri dan memiliki banyak komponen, maka tidak heran jika sistem pemerintahan memiliki beberapa macam, antara lain:

  1. Sistem Pemerintahan Presidensial

Sistem Presidensial merupakan sistem pemerintahan tertinggi karena kekuasaan tertinggi ada pada Presiden. Presiden akan bertindak menjadi kepala pemerintahan. Adanya tindakan tersebut membuatnya memiliki hak dalam membuat berbagai keputusan atau langkah yang berkaitan dengan negara.

  1. Sistem Pemerintahan Komunis

Pada posisi kedua adalah sistem pemerintahan komunis ditandai dengan adanya sistem pemerintahan yang menganut prinsip komunisme. Komunis sendiri diartikan tidak adanya pengakuan terhadap tuntutan yang berhubungan dengan Tuhan.

  1. Sistem Pemerintahan Parlementer

Selanjutnya di posisi ketiga adalah sistem pemerintahan parlementer. Sistem pemerintahan ini berada dalam pemerintahan yang memiliki peranan besar tidak peduli pemerintahan yang mana saja. Sistem pemerintahan parlementer menerapkan administrasi dalam pemerintahan untuk memiliki hak.

Contohnya adalah menunjuk seseorang untuk menjadi perdana menteri, melengserkan pemerintahan, dan mengatur negara dengan berbagai cara. Bahkan, melalui mosi yang tidak dipercaya di dalam pemerintahan yang sudah berkuasa.

  1. Sistem Pemerintahan Demokrasi Liberal

Sistem pemerintahan ini adalah gabungan sistem teratur untuk mengontrol hal-hal yang dilakukan kepala pemerintahan.

  1. Sistem Pemerintahan Semi Presidensial

Sistem ini adalah gabungan antara sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer. Otoritas tertinggi sistem pemerintahan semi presidensial ini ada pada parlemen dan presiden.

  1. Sistem Pemerintahan Liberal

Sistem pemerintahan liberal adalah sistem yang menganut prinsip kebebasan dalam menentukan kebijakan yang pemerintah tidak akan menyediakan banyak kebijakan. Selain itu, sebagian besar program negara juga dapat dilakukan oleh para sektor swasta.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *