Pengertian Sistem Operasi Windows

  • Whatsapp
Pengertian Sistem Operasi Windows
Pengertian Sistem Operasi Windows

Saat ini perkembangan teknologi semakin canggih dan tidak terbendung perkembangannya, setiap hari selalu ada temuan di bidang teknologi yang muncul. Bagi Anda para pengguna komputer ataupun laptop, pasti pernah mendengan kata windows pada komputer. Tapi apakah Anda pernah mencari tahu pengertian windows itu sendiri? Mari kita mengenal apa itu pengertian windows.

Meskipun banyak orang yang menggunakan windows sebagai operating sistem untuk perangkatnya, namun, banyak orang yang belum memahami apa yang dimaksud dengan windows tersebut. Bahkan, ketika diminta untuk menjelaskan pengertian windows secara teoritis sebagian orang pasti belum tahu secara mendalam. Oleh sebab itu, mari kita bahas pengertian windows secara luas.

Pengertian Windows

Windows adalah sistem operasi yang terdapat pada PC ataupun laptop, di dalamnya berisi kode dan data-data untuk menjalankan program yang terdapat dalam perangkat, atau lebih dikenal sebagai otaknya komputer. Windows, PC atau laptop tersebut bisa menyala dan dioperasikan untuk mengolah data input atau output dan juga mampu mengolah data yang Anda kehendaki.

Windows merupakan produk dari perusahaan raksasa Microsoft, windows diciptakan untuk mempermudah manusia menjalankan perangkat PC ataupun laptop. Inovasi produk windows juga terus dilakukan setiap harinya, hal ini dimaksudkan bahwa perusahaan Microsoft ingin terus memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna windows.

Sejarahnya windows pertama kali muncul dengan seri 1.0, ini merupakan salah satu inovasi hebat di bidang IT. Seiring perjalanannya, Microsoft berhasil mengembangkan windows menjadi seperti sekarang ini, efisien, efektif dan mudah dioperasikan.

Secara luas, pengertian Windows sama dengan pengertian Microsoft, dan Microsoft merupakan perusahaan di bidang IT terbesar yang sudah berdedikasi untuk menjadi perusahaan IT, dengan mengembangkan teknologi secanggih mungkin. Salah satu produk terbaik yang saat ini Microsoft buat dan berhasil dikembangkan adalah windows.

Selain pengertian windows secara umum, beberapa ahli juga memberikan pendapatnya terkait pengertian windows. Salah satu pendapatnya adalah windows merupakan produk operating sistem yang dibuat oleh Microsoft, yang kemudian dikembangkan dengan menggunakan grafik GUI serta berbasis antarmuka.

Menariknya lagi bahwa, OS atau Operating sistem memang menjadi hal penting bagi perangkat komputer ataupun laptop, tanpa adanya OS maka perangkat tersebut tidak akan bisa digunakan, bahkan untuk menyala saja mungkin tidak bisa. Oleh sebab itu, betapa pentingnya peran OS dalam perangkat komputer Anda.

Fungsi Windows

Mungkin selain mengenal pengertian windows, Anda juga perlu mengenal fungsi dari windows itu sendiri, berikut ulasannya dijelaskan di bawah ini.

  1. Windows berfungsi sebagai perantara yang menghubungkan antara aplikasi yang terdapat di komputer dengan perangkat keras, agar bisa bekerja secara terintegrasi konsisten dan stabil.
  2. Mengelola dan mengendalikan sumber daya yang sedang dijalankan oleh komputer, pengelolaannya berupa perangkat lunak ataupun perangkat keras.
  3. Berfungsi juga sebagai program untuk mengelola proses persiapan, penjadwalan hingga pemantauan yang sedang atau masih berjalan.
  4. Dapat mengelola seluruh data yang masuk ataupun keluar dari komputer Anda.

Itulah beberapa fungsi yang bisa dijalankan oleh OS Windows dari perusahaan Microsoft,  sebenarnya masih banyak fungsi lainnya yang bisa Anda manfaatkan, namun empat fungsi di atas yang merupakan fungsi secara umum OS Windows saat bekerja.

Dari beberapa pengertian dan fungsi di atas, tentu Anda bisa menambahkan pengertian sendiri sesuai pengalaman yang Anda rasakan ketika menggunakan OS Windows. Pada Intinya windows dibuat untuk memudahkan dan mengefektifkan waktu kerja manusia agar tidak terlalu lama dalam hal apapun khususnya di bidang IT.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *