Pengertian Sistem Informasi Manajemen dan Fungsinya dalam Manajemen

  • Whatsapp
Pengertian Sistem Informasi Manajemen
Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Apabila Anda ingin berkecimpung di dunia bisnis kelak, maka pemahaman mengenai pengertian sistem informasi manajemen dan fungsinya dalam manajemen adalah hal yang penting untuk dikuasai. Mengapa demikian? Karena pada umumnya, bisnis tidak mampu bertahan dalam waktu yang lama bila tidak memanfaatkan sistem informasi manajemen dengan baik.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen secara Umum

Sistem informasi manajemen adalah sistem yang dimanfaatkan atau digunakan dalam proses pengolahan, pengorganisasian data dan informasi yang bermanfaat, hal tersebut sebagai pendukung bagi berjalannya tugas atau tanggung jawab suatu organisasi.

Sistem informasi manajemen juga biasa disebut sebagai management information system. Sistem informasi manajemen ini juga dapat dimaknai sebagai sistem perencanaan dalam perusahaan, hal ini melibatkan pengendalian internal seperti akuntansi manajemen, teknologi, dokumen serta sumber daya sebagai salah satu strategi yang diterapkan dalam bisnis.

Sistem informasi manajemen juga berarti suatu alat yang memberikan manfaat dalam hal pengumpulan, pemrosesan, penyimpanan serta penganalisaan suatu informasi, untuk kemudian disebarluaskan dengan tujuan yang spesifik. Oleh sebab itu, bisa dikatakan bahwa sistem informasi manajemen ini menjadi salah satu pegangan, dasar atau acuan dalam pengambilan keputusan.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

Selain ada pengertian secara umum, sejumlah ahli juga telah memberikan keterangan mengenai makna management information system, yakni sebagai berikut:

1. Azhar Susanto

Sistem informasi manajemen adalah gerombolan atau kumpulan dari komponen atau subsistem apapun, entah itu fisik maupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain, serta mempunyai fungsi dalam hal pengendalian, pengevaluasian serta perbaikan berkelanjutan.

2. Gordon B. Davis

Sistem informasi manajemen adalah suatu sistem yang terintegrasi atau terpadu antara mesin dengan manusia, yang bisa melahirkan dan memberikan informasi dengan sedemikian rupa, guna mengakomodasi proses berjalannya manajemen, operasional serta fungsi pengambilan keputusan suatu perusahaan atau organisasi.

3. James AF Stoner

Sistem informasi manajemen adalah teknik sah atau formal yang bisa menyajikan serta menyediakan suatu informasi yang tepat waktu, bisa dipercaya dan juga mendukung atau mengakomodasi proses pengambilan keputusan kepada pihak manajemen.

4. James O’Brien

Sistem informasi manajemen adalah kombinasi dari berbagai unit yang dikelola oleh manusia sebagai pengguna, software, hardware, jaringan komunikasi data, jaringan komputer beserta database yang mengoleksi atau mengumpulkan, mengganti dan juga menyebarkan informasi-informasi mengenai suatu organisasi.

5. Hopwood dan Bodnar

Sistem informasi manajemen adalah kumpulan dari hardware, sebagai perangkat keras maupun software sebagai perangkat lunak untuk mentransformasikan data menjadi informasi yang lebih bermanfaat.

6. Nash dan Robert

Sistem informasi manajemen adalah kombinasi atau gabungan dari teknologi, orang, modus operandi, media serta pengendalian yang mempunyai tujuan tertentu, tujuan tersebut untuk memeroleh jalur komunikasi, mengelola tipe transaksi serta memberikan signal atau tanda kepada pihak manajemen mengenai kejadian dalam tubuh suatu perusahaan atau organisasi.

7. Raymond McLeod Jr

Sistem informasi manajemen adalah sistem yang berbasis atau berdasar komputer yang menyediakan atau menyajikan berbagai informasi-informasi berguna bagi sejumlah pengguna yang mempunyai kebutuhan yang sama.

Fungsi Sistem Informasi Manajemen dalam Manajemen

Memahami pengertian sistem informasi manajemen dan fungsinya dalam manajemen menjadi salah satu hal yang harus dilakukan oleh manajer sebagai pengelola dan juga pengguna data. Di antara fungsi dari management information system adalah sebagai berikut:

  1. Membantu membandingkan kinerja bisnis, mengingat system, menyimpan seluruh histori informasi dan data di dalam basis datanya.
  2. Sistem informasi manajemen dapat memberikan informasi yang relevan mengenai berbagai aspek kegiatan,sehingga bisa ditemukan kesalahan-kesalahan yang telah dibuat oleh manajemen sekaligus membantu menemukan solusi atas masalah tersebut.
  3. Membantu membangun hubungan yang sehat dan koordinasi antar departemen.
  4. Membantu proses pengambilan keputusan mengingat sistem informasi manajemen akan memberikan informasi-informasi yang relevan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *