Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli

  • Whatsapp
Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli

Sistem informasi akuntansi dibutuhkan perusahaan untuk mencari data-data berupa keuangan perusahaan. Sistem informasi akuntansi yang digunakan dalam perusahaan haruslah tepat agar menghasilkan sebuah keputusan yang tepat pula. Tidak hanya perusahaan, beberapa pihak luar juga membutuhkan informasi tersebut untuk mengambil keputusan.

Pengetahuan mengenai sistem informasi akuntansi yang baik akan membuat keputusan yang baik pula bagi para pengguna laporan. Oleh sebab itu, maka pelajarilah beberapa pengertian sistem akuntansi dengan baik dari para ahli yang terpercaya.

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Pada Perusahaan

1. Jones & Rama (2006)

Sistem informasi akuntansi adalah sub sistem dari sistem informasi yang ada di perusahaan. Sistem yang dimaksud adalah sistem manajemen berupa sistem yang menyediakan informasi mengenai akuntansi dan keuangan yang di dalamnya terdapat informasi dalam proses transaksi akuntansi secara rutin yang tejadi pada perusahaan.

2. Romney & Steinbart (2006)

Sistem informasi akuntansi adalah suatu sistem yang berfungsi sebagai pengumpulan, pencatatan, penyimpanan, dan pemrosesan data transaksi keuangan untuk dijadikan informasi bagi para penggunanya untuk membantu pengambilan keputusan.

3. Baridwan (1998)

Sistem informasi akuntansi adalah informasi yang berisi formulir, catatan, aturan, prosedur, dan juga alat-alat untuk mengolah data yang memiliki hubungan dengan usaha dan bertujuan untuk memberikan umpan balik. Hal ini berupa laporan untuk manajemen perusahaan dan juga pengguna laporan di luar perusahaan.

4. Wilkinson (1990)

Sistem informasi akuntansi adalah sistem informasi yang secara formal atau resmi mempunyai tujuan yang sangat jelas, langkah-langkah, pengguna informasi, dan sumber daya yang dapat mencakup semua bagian pada aktivitas perusahaan yang dalam penyediaan informasi di setiap bagian tersebut.

5. Niswonger, Fess, & Warren (1995)

Sistem informasi akuntansi adalah sarana untuk manajemen entitas mendapatkan sebuah laporan informasi yang berkaitan dengan transaksi keuangan perusahaan untuk mengelola manajemen dalam penyusunan laporan keuangan bagi para pengguna laporan keuangan yaitu owner, kreditor, investor, calon investor atau pengguna yang memiliki kepentingan yang sama.

6. Wilkinson dan Cerullo (1995)

Sistem informasi akuntansi adalah sistem dalam struktur yang menjadi satu pada sebuah perusahaan. Transasksi ini memakai sumber daya dan juga komponen lain untuk mengubah data transaksi keuangan perusahaan menjadi sebuah laporan informasi keuangan.

Hal ini bertujuan untuk kelengkapan kebutuhan perusahaan akan informasi akuntansi untuk para pengguna laporan keuangan perusahaan.

7. George H. Bodnar & William S. Hopwood (1996)

Sistem informasi akuntansi adalah kumpulan SDM dan SDA yang telah diatur dan dimanajemen dengan baik. Ini bertujuan untuk mengelola data akuntansi menjadi informasi atau laporan akuntansi keuangan yang dibutuhkan oleh para pengguna laporan seperti investor, kreditor, pemerintah, dan karyawan serta masih banyak lagi.

8. Mulyadi (2001)

Sistem informasi akuntansi adalah formulir, catatan, dan laporan yang diorganisasi dan dikoordinasikan secara baik oleh manajemen. Hal ini bertujuan untuk digunakan sebagai penyedia informasi atau laporan keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan untuk mengelola dan mengambil keputusan demi keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan.

Jika dilihat dari beberapa pengetian sistem informasi akuntansi menurut para ahli, maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi adalah sistem yang dibangun untuk kepentingan proses transaksi keuangan yang menghasilkan informasi berupa laporan keuangan untuk kepentingan para pengguna laporan keuangan.

Pengguna yang dimaksud adalah pengguna internal dan eksternal. Pengguna internal adalah manajemen perusahaan sedangkan pengguna eksternal adalah investor, kreditor, karyawan, pemerintahan, supplier, dan masih banyak lagi. Para pengguna menggunakan laporan keuangan untuk kepentingannya masing-masing terhadap perusahaan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *