Pengertian Server dan Bagaimana Server Bekerja

  • Whatsapp
Pengertian Server dan Bagaimana Server Bekerja
Pengertian Server dan Bagaimana Server Bekerja

Internet merupakan suatu teknologi yang sangat memudahkan berbagai macam kegiatan manusia. Saat ini, tanpa disadari hampir semua aspek kehidupan Anda  telah tergantung pada internet dari mulai ekonomi, sosial hingga budaya. Meskipun demikian banyak dari Anda yang masih belum mengetahui istilah-istilah yang lekat dengan internet. Salah satunya adalah server.

Meskipun sering mendengar tentang istilah ini, namun banyak dari Anda yang masih belum mengetahui pengertian server dan bagaimana server bekerja.

Pengertian Server

Server adalah salah satu bagian dari sistem komputer yang menyediakan jenis layanan atau biasa disebut service. Layanan ini berada di sebuah jaringan komputer dan dilengkapi dengan sistem operasi khusus.

Sistem operasi pada server sering dikenal dengan istilah operasi jaringan atau network operating system. Selain itu, server juga didukung oleh sebuah prosesor yang bersifat scalable dan ram yang besar.

Tidak hanya itu saja, server pun juga bertugas menjalankan perangkat lunak administratif. Selain itu,  berfungsi pula untuk mengontrol akses pada jaringan, sumber daya serta memberikan akses pada workstation anggota jaringan.

Fungsi Server

Server memiliki banyak fungsi dalam jaringan komputer. Fungsi ini memiliki perbedaan tergantung pada jenis server yang digunakan. Berikut merupakan jenis dan fungsi server yang biasa digunakan.

1. Server Proxy

Server proxy adalah server utama yang memiliki fungsi utama sebagai pengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Anda juga lebih mengenalnya sebagai server yang menyambungkan komputer Anda pada internet.

2. Server Aplikasi

Server aplikasi merupakan server yang berfungsi untuk menyimpan berbagai aplikasi yang Anda butuhkan. Adanya server ini memudahkan Anda dalam menyimpan dan menggunakan berbagai macam aplikasi yang dibutuhkan untuk kegiatan Anda sehari-hari entah bekerja atau hiburan.

3. Database Server

Jenis server ini berfungsi untuk menyimpan berbagai macam data maupun file Anda. Anda dapat mengakses data tersebut melalui berbagai macam aplikasi yang Anda miliki.

Selain ketiga fungsi utama server tersebut, masih terdapat fungsi lain yang dapat Anda gunakan yakni sebagai berikut.

1. Mail server

Mail server merupakan server yang melayani urusan email Anda seperti mengirim dan menerima email.

2. FTP Server

Server FTP berfungsi sebagai pelaksana perpindahan file. Maksudnya, ketika Anda mentransfer atau memindah suatu file maka jenis server ini yang Anda gunakan.

3. Web Server

Berfungsi untuk membantu Anda dalam menyimpan suatu file di website yang Anda kelola. Secara garis besar, server berfungsi untuk melayani klien

Cara Kerja Server

Berbagai macam fungsi server tersebut tentunya akan membuat Anda penasaran mengenai cara kerja dari server tersebut. Server bekerja dengan mengikuti yang diperintahkan oleh klien yakni komputer Anda. Seluruh server ini bekerja sesuai dengan jenis dan fungsinya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Secara sederhana, server akan mengikuti perintah yang diberikan oleh klien sesuai dengan jenis server yang Anda gunakan. Misalnya ketika Anda menggunakan web server, lalu Anda mengetikkan suatu alamat website di browser maka secara otomatis komputer yang Anda gunakan akan menjadi klien. Kemudian web server akan tersebut akan mengirimkan isi website pada komputer Anda.

Namun, server tidak hanya akan mengikuti perintah dari klien, server juga turut serta dalam melindungi klien dari berbagai macam virus. Selain itu, agar Anda dapat menggunakan berbagai macam jenis server, maka yang perlu dilakukan adalah komputer Anda harus mempunyai sistem operasi khusus server seperti windows server maupun linux ubuntu server/linux mint server.

Hal ini bertujuan agar Anda dapat dilayani oleh berbagai macam jenis server yang dibutuhkan. Tetapi tidak hanya memerlukan sistem operasi khusus server, hal ini juga harus didukung dengan perangkat komputer yang mendukung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *