Pengertian Seni Budaya

  • Whatsapp
Pengertian Seni Budaya
Pengertian Seni Budaya

Seni budaya sudah ada di masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu secara turun-temurun. Kata seni dan budaya ini memang merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Hal ini karena kata seni maupun kata budaya adalah sebuah istilah yang masing-masing memiliki kaitan satu sama lain. Setiap adanya seni tentu memiliki kebudayaan yang khas.

Bagi Anda yang ingin mengetahui pengertian seni budaya, maka berikut informasinya.

Pengertian Seni Budaya

Seni budaya adalah segala hal yang dibuat oleh manusia, yang menyangkut tentang cara hidup berkembang dalam sebuah kelompok manusia. Ditambah dengan adanya unsur estetika yang dilakukan secara bersamaan dari masa ke masa.

Jika diartikan secara terpisah maka seni merupakan segala sesuatu yang memiliki unsur keindahan yang dibuat oleh manusia. Kemudian budaya merupakan cara hidup berkembang bersama dari sebuah kelompok yang dilakukan dengan cara turun-temurun.

Fungsi Seni Budaya

Seni budaya memiliki fungsi yang cukup penting sehingga semua orang dapat mengapresiasi seni budaya dengan baik. Adapun pengelompokan seni budaya terbagi menjadi dua yakni fungsi estetis dan fungsi praktis.

Fungsi estetis merupakan fungsi seni budaya yang memiliki kaitan tentang pemenuhuan kebutuhan manusia dalam bidang hiasan. Beberapa contoh dari fungsi estetis adalah, arca, patung, lukisan, dan yang lainnya. Bahkan beberapa contoh fungsi estetis dari seni budaya ini sering dipakai untuk ritual dalam proses keagamaan yang cukup sakral.

Fungsi kedua dari seni budaya selain fungsi estetis adalah fungsi praktis. Fungsi praktis ini dapat diartikan sebagai fungsi yang memiliki kaitan dalam hal pemenuhan kebutuhan dalam hal fungsional manusia. Sebagai contohnya adalah meja, kursi, lemari, atau beberapa hal yang fungsional lainnya yang berguna dalam kehidupan masyarakat.

Contoh Seni Budaya

Jika membahas mengenai seni budaya memang seperti tidak ada habisnya. Terlebih ada banyak contoh dari seni budaya itu sendiri yang juga sering dipakai dan dijumpai pada masyarakat Indonesia. Berikut beberapa contoh penerapan dari seni budaya yang bisa Anda ketahui:

1. Seni Tari

Merupakan contoh seni budaya yang keberadaannya masih terus berkembang di masyarakat Indonesia hingga saat ini. Kegiatan seni tari pun sering disaksikan oleh masyarakat dengan seni tari yang mengekspresikan gerak. Gerak tersebut digunakan sebagai penyambutan tamu, ritual masyarakat, atau berbagai kebutuhan lainnya.

Sampai saat ini pun sudah ada banyak variasi dari seni tari baik itu tari tradisional sampai tari yang modern.

2. Seni Rupa

Seni rupa adalah contoh dari seni budaya yang dibuat dengan suatu media yang keberadaannya bisa dirasakan dengan indera peraba dan ditangkap dengan indera penglihatan. Adapun seni rupa dalam seni budaya ini diciptakan dengan mengolah beberapa elemen. Seperti bidang, garis, titik, volume, bentuk, warna, dan yang lainnya yang tetap mengacu pada estetika.

Adapun pembagian dari seni rupa saat ini adalah seni rupa terapan dan seni rupa murni.

3. Seni Teater

Yakni contoh dari seni budaya yang berupa seni pertunjukan yang ditampilkan pada atas panggung. Seni ini umumnya menampilkan gerak-gerik manusia dengan penyertaan akting dan dialog dari setiap pemainnya di atas panggung. Tentu saja contoh dari seni budaya yang satu ini sering dijumpai dalam masyarakat Indonesia.

Hanya saja tidak banyak orang yang memiliki minat pada seni teater.

4. Seni Kriya

Merupakan seni yang dibuat dengan keahlian tangan dengan mempertimbangkan beberapa aspek seni dan fungsionalnya. Banyak yang mengatakan bahwa seni kriya memiliki kemiripan dengan seni kerajinan. Adapun beberapa contoh dari seni kriya ini meliputi seni kriya anyaman, kulit, batu, tekstil, logam, kayu, batik, relief, bordir, sulaman, tenun, dan yang lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *