Pengertian Search Engine dan Beberapa Contohnya

  • Whatsapp

Perkembangan zaman membuat budaya kehidupan manusia menjadi semakin bergeser. Pergeseran budaya tersebut merupakan dampak dari perkembangan sarana komunikasi yang semakin canggih. Kecanggihan sarana komunikasi membuat setiap individu bisa mengakses informasi tentang kejadian yang berada di daerah sangat jauh sekalipun. Hal tersebut membuat budaya menjadi berbaur.

Berbagai informasi dapat ditemukan di dalam internet. Informasi tersebut dipasang pada halaman situs web. Namun, terdapat ribuan bahkan jutaan situs web aktif di dunia ini. Sehingga, sangat tidak memungkinkan untuk mengecek satu per satu situs yang ada. Bagaimana Anda bisa menemukan informasi yang diperlukan? Informasi yang diinginkan dapat mudah ditemukan dengan search engine.

Pengertian Search Engine

Search engine adalah sebuah program yang digunakan untuk melakukan pencarian terhadap berkas–berkas yang diinginkan. Search engine akan memudahkan pencarian daya yang seringkali tersimpan pada situs web pada layanan www, ftp, publikasi milis, maupun sebuah newsgroub. Berbagai macam informasi dapat ditemukan dalam sejumlah komputer peladen.

Keberadaan search engine sangat memudahkan pengguna dalam menemukan informasi. Hal tersebut mengingat jumlah informasi yang tersebar dalam internet mencapai jutaan. Anda hanya perlu menuliskan kata kunci pada kotak dialog pada search engine. Kemudian, informasi yang terkait kata kunci tersebut akan ditampilkan.

Umumnya, halaman situs web yang terdapat di internet dapat diakses oleh publik. Anda dapat langsung membaca maupun menyimpan informasi yang ada. Namun, terkadang terdapat beberapa situs mengharuskan ada untuk mendaftar sebagai anggota maupun membayar sedikit uang.

Beberapa Contoh Search Engine

Pada era seperti sekarang ini, search engine berkembang semakin pesat. Berbagai pengembang selalu berlomba untuk menghadirkan search engine dengan kualitas terbaik. Persaingan ini menimbulkan dampak positif karena kualitas mesin pencari akan selalu meningkat seiring berjalannya waktu.

Beberapa search engine memiliki keunggulan masing-masing yang menjadi daya tarik utama dari aplikasi tersebut. berikut ini adalah beberapa contoh search engine yang bisa digunakan sebagai sarana membuka halaman situs web.

1.     Google

Google merupakan salah satu dari banyak mesin pencari. Namun, mesin pencari ini merupakan yang paling populer di antara yang lain. Kepopuleran tersebut diakibatkan oleh inovasi secara terus menerus yang dilakukan oleh Google. Sehingga, mesin pencari ini mampu menguasai lebih dari 90% pasar mesin pencari. Serta jutaan pencarian yang dilakukan pengguna setiap harinya.

2.     Bing

Bing adalah salah satu mesin pencari yang sangat populer di Amerika Serikat. Mesin pencari ini di kembangkan oleh Microsoft dan sekarang mampu menguasai sekitar 20% dari keseluruhan volume pencarian di Amerika Serikat. Sebelum keberadaan Bing, Microsoft sudah memiliki mesin pencarinya sendiri, yaitu MSN Search dan Windows Live Search.

3.     Yahoo

Yahoo adalah mesin pencari yang lebih dahulu populer dibandingkan dengan Google. Pada masanya, Yahoo merupakan search engine terbesar dan menguasai mayoritas volume pencarian. Namun, semua itu berubah setelah Google mulai berkembang dengan pesat dan mengikis popularitas dari Yahoo sedikit demi sedikit.

4.     ASK.com

sebelum menggunakan nama yang sekarang yaitu ASK.com, search engine ini lebih dikenal dengan nama ASK Jeeves. Mesin pencari ini sebenarnya memiliki format yang cukup unik dan berbeda dengan mesin pencari yang lain. Format yang digunakan adalah tanya jawab, dengan cara Anda mengajukan pertanyaan dan akan dijawab oleh pengguna yang lain.

5.     DuckDuckGo

DuckDuckGo adalah salah satu mesin pencari yang sangat menghargai privasi dari pengguna. Mesin pencari ini tidak melacak riwayat pencarian yang dilakukan oleh pengguna. Sehingga, Anda akan merasa lebih aman, terjaga dan lebih dihargai.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *