Pengertian Scanner Menurut Para Ahli

  • Whatsapp
Pengertian Menurut Para Ahli
Pengertian Menurut Para Ahli

Bicara soal teknologi memang tidak akan ada habisnya, inovasi baru terus bermunculan setiap waktunya, baik inovasi di bidang software ataupun hardware. Salah satu inovasinya adalah dibuatnya alat berupa scanner. Tapi tahukah Anda pengertian scanner secara lengkap, meskipun kita kadang sering menjumpai bahkan menggunakannya, namun banyak yang belum mengetahui pengertian dari scanner ini.

Pengertian Scanner

Scanner adalah alat pemindai yang terdapat pada komputer dan merupakan salah satu perangkat untuk data input berupa duplikasi objek. Alat ini bekerja layaknya mesin fotokopi, namun bedanya data hasil scanner akan dikirim ke dalam komputer yang kemudian diolah sesuai keinginan.

Pengertian Menurut Para Ahli

Jika di atas sudah dijelaskan pengertian secara umum, maka tidak lengkap rasanya jika tidak membahas pengertian yang diungkapkan oleh para ahli. Menurut ahli teknologi dan ahli informatika, scanner merupakan perangkat keras yang digunakan untuk mengirim atau memindai data berupa duplikasi objek, misalnya dokumen, foto, dan lainnya ke dalam bentuk digital.

Scanner sebenarnya diambil dari bahasa inggris, yang artinya yaitu memindai. Jadi tidak salah jika Anda mengartikan scanner sebagai alat atau perangkat keras yang digunakan untuk memindai data dalam bentuk digital lalu diolah oleh komputer sesuai keinginan.

Prinsip Kerja Scanner

Jika dilihat secara umum, kerja scanner hampir sama seperti mesin fotocopy, karena tugasnya juga sama yaitu menduplikasi objek. Namun ada beberapa prinsip kerja scanner yang wajib Anda ketahui.

  1. Apabila Anda menempatkan objek misalkan dokumen pada tempat yang sudah disediakan oleh alat scanner lalu menekan tombol scan, maka secara otomatis alat tersebut akan bekerja. hasil dari scan tersebut akan dikirim ke perangkat komputer Anda.
  2. Ketika proses scan sedang berlangsung, maka ditandai dengan adanya lampu di dalam scanner yang menyala, hal tersebut menandakan bahwa scanner sedang bekerja melakukan scan objek. Setelah selesai, maka hasilnya akan dikirim pada sensor CCD, CCD adalah alat yang berfungsi untuk menerima hasil scan yang kemudian akan lanjut dikirimkan ke ADC.
  3. Data yang CCD kirimkan akan dibaca dan diterima oleh alat yang bernama ADC. ADC ini yang nantinya bakal mengirim dan mengkonversi data menjadi bentuk digital.
  4. Setelah itu,hasil scan tadi akan langsung masuk ke dalam komputer Anda, dan Anda bisa mengolah sesuai yang Anda inginkan.

Jenis-jenis Scanner

Agar Anda lebih mengenal mengenai alat scanner, berikut kami bahas macam-macam scanner yang biasa Anda temui.

1. Flatbed Scanner

Flatbed Scanner adalah mesin scanner yang memiliki bentuk mini, bisa juga dianggap sebagai mesin fotokopi mini, karena ukurannya hanya sebesar kertas folio.

PSC (Print Scan Copy) seperti namanya, alat scanner ini memiliki beberapa fungsi, misalnya men-scan dokumen, menyalin dokumen dan mencetak dokumen. Ketiganya bisa digunakan secara terintegrasi.

2. Handy Scanner

Alat scanner ini biasa kita temui di banyak minimarket, bentuknya postcard dan hanya bisa digunakan untuk men-scan kode-kode tertentu misalnya barcode.

Secara fungsi sepertinya sudah jelas, dengan adanya alat ini Anda bisa menduplikat hard-copy misalkan kertas, tanda pengenal atau apapun menjadi softcopy yang kemudian bisa Anda olah sesuka hari. Pengertian serta fungsinya memang tidak jauh berbeda, oleh sebab itu Anda tidak perlu bingung untuk menerjemahkan kembali pengertian mengenai alat scanner ini.

Jika Anda cukup memahami fungsi dari alat scanner, maka Anda juga akan paham pengertian dari alat scanner tersebut. Selain itu dengan adanya alat ini, tidak bisa dipungkiri bahwa akhirnya manusia dimudahkan ketika ingin menyalin berkas dari hard copy ke soft copy.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *