Pengertian Sastra dan Fungsi Sastra dalam Kehidupan Manusia

  • Whatsapp
Pengertian Sastra dan Fungsi Sastra dalam Kehidupan Manusia
Pengertian Sastra dan Fungsi Sastra dalam Kehidupan Manusia

Banyak sastrawan hebat di negara indonesia. Karya yang dihasilkan juga bermacam-macam tergantung dari apa yang ditekuni. Salah satu sastrawan indonesia yang terkenal adalah chairil anwar. Karya yang dibuat oleh seniman yang satu ini berupa puisi-puisi. Selain itu banyak juga sastrawan indonesia lainnya yang juga populer.

Jika membicarakan mengenai sastrawan tentu tidak terlepas dari yang namanya sastra. Seseorang bisa disebut sebagai sastrawan jika sudah menghasilkan sebuah karya sastra. Sastra bisa dijadikan pilihan pekerjaan jika Anda menyukai menulis. Bahkan di indonesia itu sendiri sudah menyediakan jurusan yang berkaitan dengan sastra. Hal ini bisa Anda temui di berbagai perguruan tinggi.

Pengertian Sastra

Sastra adalah karya tulis yang jika Anda bandingkan dengan tulisan lainnya maka terdapat perbedaan. Karya tulis ini memiliki ciri-ciri keunggulan yaitu keindahan dalam pengungkapannya, keaslian,keartistikan dan terkesan indah.

Pengertian Sastra dari Sudut Pandang Para Ahli

1. Mursal Esten

Sastra adalah ungkapan yang asalnya dari artistik dan imajinasi yang digunakan sebagai manifes untuk kehidupan. Sastra biasanya disampaikan kepada masyarakat menggunakan Bahasa sebagai medium serta memiliki efek positif untuk kehidupan manusia.

2. Semi

Sastra adalah sebuah tampilan dari hasil karya seni yang kreatif dan objeknya berupa manusia serta kehidupan sehari-hari manusia dalam menggunakan bahasa

3. Panuti Sudjiman

Sastra adalah suatu karya tulisan atau lisan dengan ciri keunggulannya yaitu orisinal, artistik, isi yang indah, dan ungkapan.

4. Ahmad Badrun

Sastra adalah sebuah seni yang menggunakan garis simbol sebagai alatnya dan Bahasa serta memiliki sifat imajinatif

5. Eagleton

Lembut merupakan sifat dari sastra karya tulis. Karya sastra satu ini berbentuk Bahasa sehari-hari. Akan tetapi menggunakan cara yang membelitkan, di panjang tipiskan, dijadikan ganjil, dibalikkan serta padat dan dalam.

Fungsi Sastra bagi Kehidupan Manusia

1. Rekreatif

fungsi yang pertama yaitu rekreatif. Yang dimaksud dari fungsi rekreatif adalah sastra yang Anda buat haruslah menghibur atau digunakan sebagai media penghibur bagi pembacanya. Selain itu sastra yang Anda buat juga haruslah kreatif jangan sampai terkena plagiat. Buatlah sastra yang beda dari sastra-sastra yang ada karena hal ini merupakan bagian dari fungsi rekreatif

2. Didaktif

Yang kedua fungsi didaktif yaitu karya sastra yang Anda buat haruslah menambah wawasan. Karya sastra yang dibuat tidak hanya berfungsi sebagai media penghibur tetapi didalamnya juga harus terdapat ilmu pengetahuan misalnya membahas tentang seluk beluk mengenai kehidupan manusia. Hal ini merupakan point penting untuk sebuah karya sastra.

3. Moralitas

Selanjutnya yaitu memiliki fungsi moralitas. Karya sastra yang Anda buat haruslah mengandung nilai moral. Dimana moral ini bisa mencerminkan sesuatu yang baik dan buruk bagi kehidupan manusia. Agar karya sastra yang Anda buat bisa menjadi salah satu motivasi bagi pembacanya agar mencontoh perbuatan yang baik dan menghindari perilaku buruk.

4. Religius

Fungsi yang keempat yaitu fungsi religius. Didalam sebuah karya sastra biasanya juga harus mengandung fungsi religius. Karya sastra yang Anda buat memuat isi yang membahas mengenai berbagai jenis ajaran agama agar bisa dicontoh dan diteladani oleh orang yang membaca karya Anda.

5. Estetis

Fungsi yang terakhir yaitu estetis. Di Dalam karya sastra yang Anda buat haruslah memiliki nilai estetika yang tinggi. Karena biasanya orang-orang lebih menyukai karya sastra yang menghadirkan keindahan. karena hal ini yang akan menjadi nilai lebih bagi karya Anda agar banyak diminati oleh orang-orang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *