Pengertian Sabar Mengetahui Lebih Dalam Mengenai

  • Whatsapp

Pernahkah suatu hari Anda menahan emosi dan keinginan tertentu? Jika iya, berarti Anda sedang mencoba untuk bersabar dalam menahan emosi. Merasa ingin menyerah dan mengeluh menjadi salah satu dampak dari keinginan untuk menghilangkan sikap baik bernama sabar. Lalu apa sebenarnya pengertian sabar?

Pengertian Sabar

1. Pengertian Secara Umum

Sabar adalah sikap yang Anda miliki untuk menahan segala bentuk emosi atau keinginan terhadap sesuatu. Kemudian adanya kemampuan untuk bertahan di tengah kesulitan hidup dengan tidak mudah menyerah atau mengeluh.

Sikap dan nilai tinggi di dalam bersabar membuat Anda memiliki kekuatan jiwa yang kokoh. Sehingga beragam masalah di dalam kehidupan dapat dilalui dan teratasi dengan usaha yang maksimal. Dengan demikian sabar menjadi sikap mulia dan positif untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Pengertian Sabar Menurut Ajaran Islam

Sabar adalah menahan diri dari berbagai macam kesulitan, rasa sedih dan tidak diakhir dengan membenci sesuatu. Sikap terpuji ini menjadi salah satu bentuk latihan ketaatan sehingga membentuk benteng kokoh agar tidak melakukan perbuatan keji yang dibenci Allah SWT.

Sabar menjadi salah satu sikap terpuji sebagai tanda Anda telah beriman kepada Allah SWT. Dengan demikian orang yang tidak bisa bersabar, maka telah diragukan kadar keimanannya.

Jenis-Jenis Sabar dalam Islam

Bersabar menjadi sikap yang dapat diaplikasikan pada beragam aspek kehidupan. Sehingga pada awalnya Anda akan menganggap sabar adalah ujian yang cukup menguras emosi. Akan tetapi Allah SWT telah menjanjikan banyak pahala bagi yang lulus ketika berhadapan dengan kesabaran.  Dengan demikian terdapat jenis-jenis sabar yang bisa Anda temukan di dalam kehidupan sehari-hari.

1. Sabar dalam Taat

Melaksanakan kewajiban kepada Allah SWT adalah sebuah kegiatan yang harus dilakukan secara kontinu. Sehingga tidak asing lagi jika Anda menemukan rasa malas dan sesekali ingin meninggalkan kewajiban.

Akan tetapi di tengah kondisi tersebut Anda berusaha tetap melaksanakan kewajiban semata-mata karena Allah SWT. Tindakan inilah yang menjadikan Anda sebagai hamba yang bersabar di dalam ketaatan kepada Allah SWT.

2. Sabar dalam Musibah

Mendapatkan musibah dan ujian hidup memang menguras air mata dan menimbulkan keluh kesah yang mendalam. Pada kondisi inilah Allah SWT menyediakan tempat terbaik di sisi-Nya bagi Anda yang mampu bersikap sabar di tengah musibah.

Salah satu sikap yang bisa dilakukan adalah tetap berusaha mencari jalan keluar terhadap musibah yang Anda alami. Kemudian berdoa memohon yang terbaik kepada Allah SWT dengan tetap menjaga perkataan dan sikap yang terpuji.

3. Sabar dalam Maksiat

Allah SWT senantiasa memberikan perintah untuk melakukan perbuatan baik dan menjauhi perbuatan yang buruk. Salah satunya adalah perbuatan maksiat yang telah dilarang Allah SWT.

Meskipun segala kegiatan maksiat terlihat menyenangkan, akan tetapi inilah saat yang tepat bagi Anda untuk menjauhinya. Bentuk sabar dalam menghindari perbuatan keji dan dilarang Allah SWT, menjadi salah satu pertahanan jiwa yang sejati.

Makna Bersabar dalam Dalil Alquran

Alquran telah menyampaikan perintah dan ajaran tentang perilaku sabar. Sehingga menjadi sikap yang harus Anda miliki dan diamalkan pada kehidupan sehari-hari. Simak makna bersabar dalam Alquran selengkapnya berikut ini!

  1. Sabar bermakna menahan diri terhadap kewajiban dan larangan Allah SWT
  2. Sabar bermakna berani untuk menolak prilaku menyesatkan dan merugikan
  3. Sabar bermakna ketabahan untuk berperilaku taat terhadap ibadah
  4. Sabar bermakna ridha terhadap ketetapan Allah SWT agar tetap bersyukur
  5. Sabar bermakna kesabaran yang sesungguhnya, layaknya kesabaran milik Nabi Ayyub AS yang mulia di sisi Allah SWT

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *