Pengertian Router dan Fungsinya dalam Jaringan Komputer

  • Whatsapp
Pengertian Router dan Fungsinya dalam Jaringan Komputer
Pengertian Router dan Fungsinya dalam Jaringan Komputer

Anda pasti pernah mendengar kata router. Kata Benda router sangat akrab dalam penggunaan sebuah jaringan internet. Anda sering menggunakan koneksi wifi tentu Anda sudah tidak asing dengan router. Router adalah alat yang memberikan kemudahan bagi Anda dalam berbagi jaringan internet. Router juga dapat digunakan sebagai alat berbagi data Anda dengan perangkat lain.

Pengertian router sendiri adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang berbeda. Selain menghubungkan jaringan fungsi router dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu penggunaan router sangatlah populer. Untuk lebih jelasnya akan dibahas di bawah ini.

Pengertian Router

Seperti yang dijelaskan sebelumnya router adalah perangkat keras yang menjadi perantara dalam menghubungkan jaringan komputer yang satu dengan yang lainnya. Tugas utama router adalah melakukan routing dan  dapat mengirimkan data dengan menggunakan koneksi internet.

Proses Routing

Router dapat menghubungkan dua atau lebih jaringan yang sama maupun yang berbeda.  Cara kerja router dalam mengirimkan data adalah melewati 3 lapisan dari tuju lapis OSI layer. Contoh penggunaan router adalah koneksi antara ethernet dengan token ring. Router sudah banyak digunakan dalam dunia perkantoran maupun sekolah.

Hal ini karena router memiliki banyak kegunaan yang dapat memudahkan segala bentuk kegiatan yang Anda lakukan. Anda tidak lagi harus menggunakan kabel LAN untuk menghubungkan komputer yang satu dengan yang lain. Dengan menggunakan router yang memanfaatkan gelombang radio maka perangkat digital Anda dapat saling terhubung.

Perangkat digital Anda dapat saling terhubung apabila masih berada dalam jangkauan router. Router bekerja dengan membagikan alamat IP. Dengan alamat IP yang diberikan router perangkat digital Anda akan saling terhubung dan dapat melakukan hubungan dengan baik pada internet.

Pada router terdapat DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol yang berfungsi untuk membagikan alamat IP. Terdapat juga NAT atau Network Addres Translator yang artinya adalah fasilitas untuk satu IP atau koneksi dapat berbagi dengan IP lain.

Terdapat dua jenis router yaitu router diam dan router bergerak. Router diam atau statis adalah router yang diatur secara manual oleh pengguna agar tabel routing berbentuk statis atau diam. Sedangkan router bergerak atau dinamis adalah router yang memiliki dan menghasilkan tabel routing yang dinamis.

Cara kerjanya adalah dengan melihat status lalu lintas jaringan agar dapat saling terhubung antara satu dengan yang lain. Router sangat populer karena memiliki beragam manfaat seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Fungsi Router dalam Jaringan Komputer

1. DSL Router

DSL router adalah sebutan untuk koneksi jaringan lokal pada sebuah koneksi DDL. DDL atau Data Definition Language adalah bahasa yang dipakai untuk mendeskripsikan pendefinisian data. Sedangkan koneksi DSL adalah teknologi penyalur data digital melewati kabel dengan jarak dekat.

2. Menghubungkan Beberapa Jaringan

Fungsi utama router adalah menjadi penghubung antara jaringan tyang satu dengan yang lain. Fungsi ini dapat Anda manfaatkan untuk membagikan data dari jaringan Anda ke jaringan yang lain.

3. Menjadi Jembatan

Fungsi router yang satu ini adalah menjadi penghubung untuk mentransmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain.

4. Pembaca IP

Fungsi lain router adalah dapat membaca alamat logika IP dan destination agar bisa menentukan jalannya routing dengan LAN yang lain.

5. Menyimpan Tabel Routing

Router juga berfungsi sebagai alat untuk penyimpanan tabel routing yang akan Anda gunakan untuk menentukan rute yang terbaik di antara jaringan komputer.

6. Sebagai Firewall

Router juga memiliki fungsi sebagai firewall untuk melakukan penyaringan data berdasarkan sumber dan alamat tujuan data.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *