Pengertian Rehabilitasi dan Kegunaannya

  • Whatsapp
Pengertian Rehabilitasi dan Kegunaannya
Pengertian Rehabilitasi dan Kegunaannya

Pasti Anda sering sekali mendengar pengertian tentang rehabilitasi, beberapa ahli juga sudah sering memaknai kata tersebut dengan pengertian yang berbeda-beda. Untuk itu, kali ini kita akan bahas tentang pengertian rehabilitasi secara umum dan kegunaannya. Rehabilitasi juga memiliki banyak sekali macamnya seperti rehabilitasi media, rehabilitasi fisik, rehabilitasi mental dan lain sebagainya.

Pengertian Rehabilitasi

Rehabilitasi adalah proses penyembuhan/perbaikan dari kondisi atau keadaan tidak normal, menjadi kembali normal. Atau diartikan sebagai upaya menghadapi kondisi yang tidak bisa dikembalikan menjadi normal kembali misalnya cacat dll. Maka, rehabilitasi perlu bagi orang yang ingin memperbaiki kondisi mental agar kembali percaya diri dalam menghadapi kehidupan selanjutnya.

Jenis Rehabilitasi serta Kegunaannya

1. Rehabilitasi Fisik

Dari banyaknya pengertian rehabilitasi, ada beberapa pengertian yang bisa dijabarkan, misalnya rehabilitasi karena kondisi fisik. Rehabilitasi ini merupakan proses di mana seseorang dilatih untuk mengembalikan kondisi fisik kembali menjadi normal atau melatih mental seseorang untuk terbiasa menghadapi kondisi fisik yang sekarang.

Misalnya bagi orang yang mengalami kecelakaan, lalu perlunya operasi tulang yang mengakibatkan fungsi organ tersebut terganggu, cara yang harus diambil untuk bisa mengembalikan fungsi tulang tersebut adalah dengan cara rehabilitasi.

Contoh yang lain misalnya, seseorang mengalami kecelakaan yang mengharuskannya untuk di amputasi, maka cara yang paling pertama dilakukan setelah penyembuhan adalah dengan cara di rehabilitasi, agar orang tersebut dapat menyesuaikan diri dengan kondisi fisik yang sekarang.

2. Rehabilitasi Mental

Jenis rehabilitasi yang kedua yaitu rehabilitasi mental. Rehabilitasi ini juga sangat penting bagi seseorang yang mengalami gangguan kejiwaan atau orang yang ingin memperbaiki mentalnya dari gangguan permasalahan yang berat, sehingga memengaruhi kerja otak. Karena jika dibiarkan bisa berakibat lebih serius.

Pengertian rehabilitasi mental ini bisa diartikan sebagai upaya pengobatan kepada seseorang yang mengalami sakit pada bagian otak, yang kemudian memengaruhi sistem kinerja otak. Akibatnya, otak orang tersebut tidak bekerja secara normal, biasanya orang-orang yang harus direhabilitasi mental yaitu orang yang sedang mengalami sakit jiwa.

Orang sakit jiwa mengalami permasalahan yang sangat serius di bagian otaknya, sehingga berakibat pada gangguan mental di jiwanya. Upaya penyembuhannya yakni dengan cara direhabilitasi, namun akan memakan waktu yang lama untuk kembali menjadi pulih, namun tergantung dari seberapa serius gangguan di bagian otaknya.

Pasien yang mengalami gangguan mental biasanya dapat Anda temui di rumah sakit jiwa. Karena rumah sakit jiwa merupakan pusat tempat penyembuhan orang-orang yang sedang mengalami kondisi gangguan mental.

3. Rehabilitasi Narkoba

Baru-baru ini yang sering didengar yaitu rehabilitasi narkoba. Rehabilitasi ini hampir sama dengan rehabilitasi mental, yaitu memperbaiki sistem kerja otak agar kembali berjalan dengan normal. Karena banyak sekali orang yang mengkonsumsi obat yang membahayakan kesehatan tubuh dan otak tersebut, oleh sebab itu perlu adanya rehabilitasi bagi orang yang mengalaminya.

Jika terus-menerus dibiarkan tanpa pertolongan, maka para pengguna narkoba bisa mengalami masalah yang lebih serius. Biasanya para pengguna narkoba bakal kecanduan ketika mengkonsumsinya, dan kecanduan ini yang kemudian susah untuk dilepaskan. Oleh sebab itu perlunya rehabilitasi bagi para pengguna narkoba agar terbebas dari kecanduan narkoba.

Sebenarnya, secara umum kegunaan rehabilitasi merupakan salah satu upaya untuk mengembalikan keadaan seperti normal, baik secara fisik ataupun mental. Mengembalikan keadaan seperti normal lagi adalah cara terbaik dari seseorang yang mengalami kejadian yang tidak menyenangkan baik pengalaman fisik ataupun mental.

Rehabilitasi menjadi cara terbaik bagi orang-orang yang ingin memperbaiki jiwa dan raga yang sedang terganggu agar kembali menjalani hidup  seperti kehidupan normal pada umumnya. Pengaruh baik dari rehabilitasi sendiri menjadikannya sebagai salah satu proses pengobatan yang tepat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *