Pengertian Puskesmas beserta Fungsi dan Kegiatannya

  • Whatsapp
Pengertian Puskesmas beserta Fungsi dan Kegiatannya
Pengertian Puskesmas beserta Fungsi dan Kegiatannya

Pusat Kesehatan Masyarakat atau lebih dikenal dengan Puskesmas oleh masyarakat merupakan salah satu fasilitas yang diberikan pemerintah dalam bidang kesehatan. Berbeda dengan Rumah Sakit yang memiliki bangunan luas dan peralatan yang lengkap, puskesmas berukuran lebih kecil dan peralatan medisnya tidak selengkap Rumah Sakit.

Hal tersebut dikarenakan puskesmas lebih cenderung untuk menangani penyakit yang umum di masyarakat. Apabila pasien yang berobat di puskesmas memerlukan tindakan operasi maka harus dirujuk ke Rumah Sakit yang memiliki peralatan medis mendukung. Untuk mengetahui puskesmas lebih dalam, simak ulasan berikut ini.

Pengertian Puskesmas

Puskesmas adalah pusat kesehatan masyarakat yang berada pada tingkat pertama atau di kecamatan. Masyarakat dapat menerima pelayanan dan penyuluhan kesehatan dari petugas puskesmas yang beroperasi pada kecamatan setempat. Menurut Departemen Kesehatan, puskesmas merupakan unit pelaksana pembangunan kesehatan yang bertanggung jawab di suatu wilayah kerja.

Definisi lain dari puskesmas menurut Departemen Kesehatan adalah kesatuan organisasi yang fungsional dalam menyelenggarakan upaya kesehatan yang terpadu, menyeluruh, merata, terjangkau, dan dapat diterima masyarakat yang berada di wilayah kerjanya. Upaya tersebut juga perlu didukung peran aktif masyarakat tercapai derajat kesehatan yang optimal.

Sedangkan definisi puskesmas menurut Azrul Azwar adalah pusat pembangunan, pembinaan, dan pelayanan dalam bidang kesehatan yang berada pada tingkat pertama dengan menyelenggarakan kegiatan kesehatan yang terpadu, menyeluruh, dan berkesinambungan pada suatu masyarakat dalam wilayah tertentu.

Seluruh puskesmas yang ada di Indonesia memiliki visi yang sama yaitu terciptanya kecamatan sehat menuju Indonesia sehat. Indikator utama dari visi tersebut adalah lingkungan yang sehat, pelayanan kesehatan yang bermutu, perilaku yang sehat, dan derajat kesehatan penduduk kecamatan. Sedangkan untuk mencapai visi tersebut, misi yang dilakukan adalah:

  • Mendorong masyarakat yang berada di wilayah kerjanya untuk mandiri hidup sehat.
  • Menggerakkan pembangunan dengan wawasan kesehatan
  • Meningkatkan dan memelihara kesehatan perorangan, keluarga, masyarakat serta lingkungannya.
  • Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.
  • Pemerataanpelayanan kesehatan hingga wilayah terpencil.

Fungsi Puskesmas

  • Sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat yang berada di wilayah kerjanya.
  • Membina masyarakat yang berada dalam wilayah kerjanya untuk menerapkan pola hidup sehat.
  • Memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam wilayah kerjanya secara menyeluruh.
  • Menjangkau masyarakat yang berada di wilayah terpencil dalam rangka pengorganisasian dan penyelenggaraan kesehatan secara mandiri.
  • Memberikan bimbingan dan binaan terhadap masyarakat yang ada di wilayah kerjanya dalam rangka peningkatan kesehatan masyarakat.
  • Memberi solusi atas keluhan masyarakat di daerah operasionalnya mengenai kesehatan.

Kegiatan yang Dilakukan Puskesmas

Tidak semua kegiatan yang dilakukan puskesmas sama, hal tersebut dikarenakan menyesuaikan fasilitas dan kemampuan tenaga yang ada di puskesmas. Namun terdapat kegiatan pokok yang seharusnya dilakukan puskesmas, antara lain sebagai berikut.

  1. Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)

Merupakan program puskesmas yang bertujuan untuk menurunkan angka kematian ibu saat persalinan dan bayinya baik saat di dalam kandungan maupun setelah lahir. Puskesmas akan melakukan pelayanan dan konsultasi kepada ibu hamil, ibu dengan komplikasi kebidanan, ibu bersalin, ibu nifas, juga terhadap bayi dari lahir sampai prasekolah.

  1. Keluarga Berencana (KB)

KB merupakan gerakan yang dibentuk untuk membatasi kelahiran agar tercipta keluarga yang sehat dan sejahtera. Selain itu juga untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk.

  1. Usaha Perbaikan Gizi Keluarga (UPGK)

Dalam realisasinya, kegiatan yang dilakukan puskesmas adalah melakukan penyuluhan gizi. Tujuan dari kegiatan ini adalah mendorong perubahan perilaku dan sikap masyarakat agar tercapai keluarga sehat sadar gizi.

  1. Kesehatan Sekolah

Kegiatan ini biasanya dilakukan puskesmas dengan mengunjungi sekolah-sekolah yang berada di wilayah kerjanya. Yang paling sering dikunjungi adalah Sekolah Dasar. Tidak hanya melakukan pengecekan kesehatan tetapi juga memberikan vaksin kepada murid-murid SD yang rutin dilakukan setahun sekali.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *