Pengertian Psikologi dan Beberapa Kelompok Ilmu Psikologi

  • Whatsapp
Pengertian Psikologi dan Beberapa Kelompok Ilmu Psikologi
Pengertian Psikologi dan Beberapa Kelompok Ilmu Psikologi

Psikologi merupakan salah satu bidang ilmu yang mencakup studi pemikiran manusia, perilaku, perkembangan, kepribadian, emosi, motivasi, dan banyak lagi. Agar Anda dapat lebih memahami mengenai psikologi yang dapat membantu untuk mengenali diri sendiri dan memahami orang lain. Berikut penjelasan lebih dalam mengenai psikologi.

Pengertian Psikologi

a. Makna dan Definisi Psikologi

Psikologi adalah studi ilmiah tentang perilaku dan mental. Perilaku mencakup semua tindakan dan reaksi luar atau terbuka, seperti ekspresi dan gerakan verbal serta wajah.

Mental mengacu pada semua aktivitas internal dan sifatnya rahasia dari diri kita seperti berpikir, merasakan, dan mengingat. Ini adalah penelitian ilmiah karena untuk mempelajari perilaku dan mental, para psikolog menggunakan metode ilmiah untuk memahami lebih tepat dan akurat.

Kata psikologi berasal dari dua kata Yunani ‘Psyche’ dan ‘Logos’, ‘psyche’ berarti ‘soul’ dan ‘logos’ berarti ‘ilmu pengetahuan/pelajaran’. Dengan demikian secara harfiah, psikologi berarti ‘mempelajari/ilmu pengatahuan tentang jiwa’ atau ‘ilmu jiwa’.

b. Definisi Psikologi di Awal Perkembangannya adalah Studi Tentang Jiwa

Upaya paling awal dalam mendefinisikan psikologi berasal dari konsep yang paling misterius dan filosofis, yaitu jiwa. Apa itu jiwa? Bagaimana jiwa bisa dipelajari? Ketidakmampuan untuk menemukan jawaban yang jelas untuk pertanyaan-pertanyaan semacam itu, membuat beberapa filsuf Yunani kuno mendefinisikan psikologi sebagai studi tentang pikiran.

c. Definisi Psikologi dalam Hal Mempelajari Pikiran

Meskipun kata pikiran lebih tidak abstrak dan lebih jelas daripada jiwa, namun kata pikiran juga menghadapi pertanyaan yang sama, yaitu apa itu pikiran? Bagaimana bisa dipelajari, dll. Definisi ini juga ditolak.

d. Definisi Psikologi dalam Hal Mempelajari Perilaku

Definisi psikologi yang paling modern dan diterima secara luas sampai sekarang adalah studi tentang perilaku, baik manusia, maupun hewan.

e. Definisi Psikologi Menurut William McDougall

Dalam bukunya An Outline of Psychology, “Psikologi adalah ilmu yang bertujuan untuk memberi kita pemahaman dan kontrol yang lebih baik dari perilaku organisme secara keseluruhan”.

Kelompok/Cabang Ilmu Psikologi

a. Psikologi Fisiologis

Dalam pengertian yang paling mendasar, manusia adalah organisme biologis. Fungsi fisiologis dan struktur tubuh kita bekerja bersama untuk memengaruhi perilaku kita. Biopsikologi adalah cabang Ilmu psikologi yang khusus mempelajari hal tersebut.

Bio-psikolog memeriksa di mana letak atau wilayah tertentu pada bagian otak yang mengalami dampak, terkait dengan gangguan penyakit contohnya seperti penyakit parkinson. Bio-psikologi juga dapat mencoba untuk mempelajari dan memastikan bagaimana perasaan kita terkait dengan perilaku kita.

b. Psikologi Kepribadian

Cabang ilmu psikologi yang satu ini untuk membantu menjelaskan konsistensi dan perubahan perilaku seseorang dari waktu ke waktu. Mulai dari lahir hingga akhir hayat melalui pengaruh orang tua, saudara kandung, teman bermain, sekolah, masyarakat, dan budaya.

Psikologi kepribadian juga mempelajari sifat-sifat individu yang membedakan perilaku satu orang dari orang lain.

c. Psikologi Sosial

Studi ini mempelajari efek masyarakat pada pikiran, perasaan, dan tindakan orang. Perilaku kita bukan hanya hasil dari kepribadian dan kecenderungan kita saja. Faktor sosial dan lingkungan memengaruhi cara kita berpikir, mengatakan, dan melakukan.

Psikolog sosial melakukan percobaan untuk menentukan efek dari berbagai kelompok, tekanan kelompok dan pengaruh pada perilaku.

Mereka yang mempelajari psikologi sosial jga menyelidiki efek propaganda, persuasi, konformitas, konflik, integrasi, ras, prasangka, dan agresi. Investigasi ini menjelaskan banyak insiden yang seharusnya sulit dipahami.

d. Psikologi Latihan dan Olahraga

Cabang psikologi ini mempelajari peran motivasi dalam olahraga. Aspek sosial olahraga dan masalah fisiologis seperti pentingnya pelatihan pengembangan otot, koordinasi antara mata dan tangan, koordinasi otot di trek dan lapangan, berenang dan senam.

e. Psikologi Perempuan

Psikologi berfokus juga pada berbagai masalah seperti diskriminasi terhadap perempuan, kemungkinan perbedaan struktural di otak laki-laki dan perempuan, efek hormon pada perilaku, dan penyebab kekerasan terhadap perempuan. Selain itu mempelajari juga ketakutan akan kesuksesan, mengakali sifat perempuan sehubungan dengan laki-laki dalam berbagai prestasi.

Kemudian psikologi perempuan juga berfokus pada faktor psikologis perilaku dan perkembangan wanita.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *