Pengertian Promosi

  • Whatsapp
Pengertian Promosi

Anda sudah pasti sering mendengar kata promosi pada kehidupan sehari-hari, apalagi Anda yang bekerja di bidang ekonomi dan bisnis. Mungkin saja Anda juga sudah tahu tentang promosi ini, namun pada artikel ini, kami akan menyampaikan informasi terkait pengertian promosi dan tujuan pelaksanaannya, selain itu juga kami akan menyampaikan jenis-jenis dari promosi itu sendiri.

Pengertian Promosi

Promosi adalah suatu usaha atau juga aktivitas yang dilakukan oleh seseorang atau juga dapat dilakukan oleh sebuah perusahaan yang ditujukan agar masyarakat secara luas dapat mengenal baik produk, jasa, merek, dan juga nama perusahaan sehingga nilai atau angka penjualan dapat meningkat.

Menurut Gitosudarmo, promosi bias diartikan sebagai kegiatan atau aktivitas dengan tujuan untuk dapat memengaruhi konsumen sehingga konsumen dapat mengenal produk yang ditawarkan oleh perusahaan, kemudian konsumen menjadi senang dan memiliki ketertarikan kemudian membeli produk tersebut.

Pada dasarnya, promosi ini merupakan kegiatan dari pemasaran untuk menginformasikan dan juga meningkatkan permintaan atau demand konsumen terhadap barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan dengan cara memberikan pengaruh kepada para konsumen.

Adanya promosi ini, baik pihak penjual maupun pihak konsumen akan sama-sama diuntungkan. Penjual dapat diuntungkan karena dapat memperluas jaringan pemasaran dari produk dan jasa yang mereka tawarkan. Dalam hal lain, konsumen diuntungkan karena mendapatkan informasi baik itu mengenai barang atau jasa yang dibutuhkan, informasi juga bisa konsumen dapatkan dari berbagai penjual.

Apakah Tujuan Pelaksanaan Promosi?

Tentu saja karena promosi ini adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perseorangan atau perusahaan yang bertindak sebagai penjual, ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dengan melakukan promosi itu sendiri. Berikut kami sampaikan apa saja tujuan dari promosi:

  1. Penjual dapat dengan merata menyebarluaskan informasi mengenai produk yang ditawarkan (baik itu berupa barang maupun jasa) kepada masyarakat yang relative lebih luas, tidak hanya konsumen tetap namun juga calon konsumen yang potensial.
  2. Adanya promosi ditujukan untuk dapat membujuk dan juga memengaruhi pembeli atau konsumen potensial dengan memberikan perbandingan antara produk yang ditawarkan perusahaan dengan produk pesaing dan tentu saja dengan keunggulan yang dimiliki oleh produk yang ditawarkan perusahaan tersebut.
  3. Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, promosi bertujuan untuk meningkatkan angka penjualan yang akan secara otomatis meningkatkan keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan.
  4. Promosi dapat menjangkau masyarakat secara luas, maka perusahaan melakukan promosi untuk mendapatkan konsumen baru dan juga menjaga loyalitas konsumen lama atau konsumen yang sudah berlangganan.
  5. Dengan adanya promosi, perusahaan dapat secara mudah menciptakan citra produk atau dengan kata lainnya branding di mata konsumen agar sesuai dengan yang diinginkan oleh perusahaan.

Apa Saja Jenis dari Promosi?

Ada berbagai jenis promosi yang dapat dilakukan dan juga tujuan serta sasarannya beragam sesuai dengan penggunaannya, berikut adalah jenis dari promosi:

  1. Promosi Secara Fisik

Promosi yang dilakukan secara fisik ini biasanya dilakukan dengan cara penjual membuat atau membuka stand atau booth untuk menawarkan produknya.

  1. Promosi Menggunakan Media Tradisional

Tipe promosi ini biasanya dilakukan melalui media cetak (majalah, koran, atau tabloid), radio, televisi, dan iklan banner.

  1. Promosi Menggunakan Media Digital

Jenis promosi yang menggunakan media digital dewasa ini sering sekali menjadi pilihan para penjual untuk melakukan promosi. Cara yang dapat ditempuh jika Anda ingin mempromosikan produk melalui media digital adalah dengan media sosial, website, atau juga dapat dilakukan dengan pembuatan review atau testimoni yang didapatkan dari konsumen.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *