Pengertian Prolog dilihat dari Berbagai Sudut Pandang

  • Whatsapp
Pengertian Prolog dilihat dari Berbagai Sudut Pandang
Pengertian Prolog dilihat dari Berbagai Sudut Pandang

Bagi orang-orang yang sering bergelut dengan dunia sastra maka tidak asing lagi dengan yang namanya prolog. Dalam karya sastra yang bentuknya seperti sebuah cerita maka di dalamnya pasti sangat didominasi oleh prolog. Hal ini disebabkan karena prolog merupakan bagian penting dari sebuah cerita. Selain itu prolog juga dapat mempermudah seseorang dalam mencerna sebuah cerita.

Selain itu prolog juga tidak hanya terdapat dalam dunia sastra tetapi Dalam pemrograman juga terdapat prolog akan tetapi memiliki arti yang jauh berbeda dengan prolog untuk sastra. Adanya prolog sangat diperlukan untuk mendukung sebuah cerita atau pun program. Selain itu dengan adanya prolog maka suatu drama ataupun cerita akan lebih terarah.

Pengertian Prolog dari Berbagai Sudut Pandang

  1. Prolog dalam Drama

Sudut pandang yang pertama yaitu prolog yang ada di dalam drama. Jika dilihat dari dalam drama prolog biasanya terdapat pada pembukaannya. Dimana dalam hal ini prolog digunakan untuk menjelaskan latar belakang atau awal mulanya suatu kejadian. Saat baru memulai sebuah pertunjukan maka disitulah biasanya prolog ditempatkan.

Prolog di dalam sebuah drama paling sering ditempatkan pada babak untuk memperkenalkan para pemeran utamanya. Karena hal ini akan membantu para penonton mengerti pembagian pemeran di dalam drama tersebut.

  1. Prolog dalam Novel

Prolog yang terdapat dalam novel tidak jauh berbeda dengan prolog yang ada di dalam drama. Di dalam novel prolog juga terdapat pada bagian awal yaitu di pembukaan, dimana prolog dalam novel menceritakan permulaan kisah yang diceritakan. Prolog di dalam novel juga sama dengan prolog yang ada di dalam drama dimana diletakkan pada bagian awal novel tersebut.

Selain itu untuk prolog yang terdapat di dalam novel berisi pokok permasalahan ataupun konflik dari cerita yang diceritakan oleh novel tersebut. Penggunaan prolog dalam novel ini bertujuan untuk memudahkan pembacanya dalam memahami cerita tersebut. Jika prolognya bagus maka itu menandakan novel yang Anda buat juga bagus.

Jika dilihat dalam karya sastra prolog memang sengaja diletakkan dibagian awal dimana prolog difungsikan sebagai pengantar dari keseluruhan cerita yang akan ditampilkan ataupun cerita yang berbentuk novel. Prolog adalah suatu hal penting yang harus terdapat di dalam sebuah karya sastra agar penonton ataupun pembacanya tidak kecewa dengan hasil karya yang Anda buat.

  1. Prolog dalam Dunia Teknik

Tidak hanya digunakan untuk sastra prolog juga terdapat di sebuah pemrograman. Jika dilihat dari sudut pandang teknik pemrograman prolog disebut dengan bahasa pemrograman yang non-procedural. Bahasa pemrograman yang satu ini biasanya digunakan untuk perangkat lunak yang terdapat pada perangkat komputer Anda.

Selain itu bahasa pemrograman yang termasuk prolog biasanya menggunakan pemanfaatan teknik heuristik. Teknik yang satu ini biasanya hanya dipahami oleh orang-orang yang sudah ahli dalam bahasa pemrograman. Dalam dunia pemrograman prolog merupakan suatu bagian yang penting karena akan mendukung bagaimana berjalannya program tersebut.

Pengertian Prolog Secara Umum

Prolog secara sering disebut sebagai kalimat pembuka. Prolog juga merupakan bagian dari cerita ataupun naskah yang ditulis oleh penulisnya dan diletakkan di awal cerita. Prolog biasanya berisi sebuah kilas balik dari suatu peristiwa ataupun bisa berupa dialog di dalam cerita. Selain itu pada bagian prolog biasanya memperkenalkan tokoh atau pemerannya.

Prolog juga merupakan suatu bagian penting yang harus ada baik itu di dalam cerita, drama bahkan dunia Teknik sekalipun. Penggunaan prolog ini akan membantu penulis untuk menghindari terciptanya tulisan yang bertele-tele.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *