Pengertian Profesional dan Profesi

  • Whatsapp
Pengertian Profesional dan Profesi
Pengertian Profesional dan Profesi

Bicara tentang dunia kerja tidak akan lepas dengan yang dinamakan profesional dan profesi. Di dalam dunia kerja Anda pasti sering mendengar istilah profesional dan profesi dimana kedua hal ini memang saling berkaitan satu sama lain. Mungkin banyak yang bertanya apa perbedaan dari kedua hal tersebut? Berikut akan dijabarkan pengertian profesional dan profesi beserta penjabarannya.

Pengertian Profesional

Profesional adalah sosok orang yang memiliki sebuah jabatan penting di dalam suatu lapangan pekerjaan dimana orang ini dapat dikategorikan sebagai seorang ahli. Seorang yang disebut dengan profesional biasanya sudah memiliki pengalaman yang cukup lama dan juga berpengaruh dalam suatu perusahaan. Biasanya sosok ini memiliki kecakapan yang sangat tinggi terhadap suatu perusahaan.

Sebuah gelar ‘profesional’ bagi seseorang tidak semata-mata didapatkan begitu saja. Ada perjuangan dibalik sosok profesional tersebut. Orang yang pantas diberi sebutan profesional biasanya sudah memiliki pengalaman yang cukup lama disertai dengan beberapa latar belakang pendidikan yang mendukung. Jadi tidak bisa menyebut profesional kepada sembarang orang.

Pengertian Profesi

Profesi adalah sebuah pekerjaan atau sebuah jabatan yang membutuhkan sebuah keahlian atau keterampilan dari orang yang melakukannya. Profesi biasanya dijadikan sebuah mata pencaharian bagi seseorang. Profesi dilakukan agar seseorang memiliki nafkah untuk menjalani hidup sehari-hari. Profesi dapat dikatakan juga sebagai pekerjaan atau sebuah kegiatan untuk mencari nafkah.

Profesi merupakan sebuah kata yang diambil dari bahasa latin yaitu ‘professio’ yang memiliki 2 arti berbeda. Salah satu arti dari ‘professio’ adalah kerja. Bila diartikan secara luas, kata ini berarti sebuah kegiatan apa saja yang dilakukan oleh siapa saja untuk memperoleh penghasilan dan dilakukan dengan suatu keahlian tertentu.

Perbedaan Profesional dan Profesi

Mungkin ada beberapa orang yang masih belum paham mengenai pengertian profesional dan profesi serta beberapa perbedaannya. Berikut akan dijelaskan mengenai perbedaan dari profesional dan profesi yang mungkin selama ini sedikit membingungkan.

1. Individu yang Terlibat

Untuk profesi, biasanya dilakukan oleh seseorang mungkin belum memiliki keahlian sangat mendalam mengenai pekerjaan tersebut tetapi memiliki keinginan untuk mencari nafkah. Sedangkan profesional memiliki definisi seseorang yang ahli dalam mengerjakan suatu pekerjaan disertai dengan memiliki pengalaman yang cukup lama.

2. Waktu Bekerja

Waktu bekerja bagi profesi biasanya sangat beragam. Ada yang bekerja seharian atau purna waktu, bisa juga paruh waktu. Sedangkan untuk profesional, pekerjaan biasanya dilakukan hampir pada seluruh waktunya. Profesional dapat juga disebut sebagai sebuah gelar karena akan melekat pada seseorang yang telah memiliki keahlian dan pengalaman terhadap suatu hal.

3. Penghasilan

Untuk penghasilan, profesi juga memiliki jumlah penghasilan yang beragam tergantung dari keterampilan dan pengalaman bekerja seseorang. Berbeda dengan profesional yang sudah melakukan suatu pekerjaan hampir sepanjang hidupnya, jadi tentu saja penghasilan yang didapatkan dari seorang profesional akan jauh lebih besar sesuai dengan ilmu yang Ia miliki.

4. Pencapaian dan Kebanggaan

Profesi memang dapat dilakukan oleh siapa saja yang telah memiliki keterampilan di dalam pekerjaan tersebut, bahkan ada beberapa orang yang tidak menyukai profesi atau pekerjaannya sendiri namun tetap melakukannya karena semata-mata untuk mencari nafkah. Sedangkan profesional biasanya memiliki sebuah kebanggaan tersendiri karena telah menjadi ahli di dalam bidang tersebut.

5. Tanggung Jawab

Baik profesi dan profesional keduanya memiliki sebuah tanggung jawab sesuai dengan pengertian profesional dan profesi yang harus dilaksanakan. Namun yang membedakan adalah beratnya tanggung jawab tersebut. Profesional biasanya memiliki tanggung jawab yang lebih berat bila Kita dibandingkan dengan orang yang menjalankan profesi pada umumnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *