Pengertian Profesi dan Sikap Profesionalitas

  • Whatsapp
Pengertian Profesi secara Umum
Pengertian Profesi secara Umum

Kata profesi sebenarnya sudah sangat sering didengar sehingga begitu familiar. Umumnya, kata satu ini juga sering dikaitkan dengan pekerjaan seseorang. Namun, harus dipahami bahwa profesi itu berbeda dengan profesionalitas. Apakah yang menjadi pembeda di antara keduanya? Untuk mengetahuinya, maka Anda harus memahami pengertian profesi dan sikap profesionalitas.

Pengertian Profesi secara Umum

Profesi adalah suatu kewajiban, urusan, pencaharian atau pekerjaan yang membutuhkan latihan serta penguasaan terhadap suatu bidang ilmu pengetahuan tertentu. Dengan kata lain, profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan latihan dan juga keahlian yang khusus. Profesi juga berarti jenis pekerjaan yang membutuhkan keterampilan atau pengetahuan khusus.

Jika hendak dijabarkan lebih jauh lagi, maka pengertian dari profesi adalah kewajiban, urusan, pencaharian atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus. Keahlian tersebut dapat diperoleh melalui pendidikan yang tinggi, yang biasanya mencakup pekerjaan mental dan didukung oleh kepribadian serta sikap yang profesional.

Pengertian Profesi Menurut Para Ahli

Ada sejumlah pakar atau ahli yang juga turut menjabarkan tentang profesi, yakni sebagai berikut:

1. Doni Koesoema

Profesi adalah pencaharian atau pekerjaan yang wujudnya berupa jabatan di dalam suatu strata atau tataran birokrasi, artinya keahlian serta etika khusus dalam jabatan tertentu dan juga pelayanan formal kepada masyarakat begitu dituntut.

2. Dedi Supriyadi

Profesi adalah jabatan atau pekerjaan yang menunjuk pada suatu keahlian secara khusus, tanggung jawab dan juga kesetiaan terhadap pekerjaan atau jabatan itu sendiri.

3. Schein E.H

Profesi adalah sebuah kumpulan pekerjaan yang bakal membentuk kumpulan kaidah khusus, yang asal mulanya ialah dari peran khusus dalam masyarakat.

4. Cogan

Profesi adalah suatu keterampilan atau keahlian khusus. Dalam prakteknya nanti akan didasarkan pada suatu struktur yang teoritis dari sejumlah bagian ilmu pengetahuan.

5. Peter Jarvis

Profesi adalah pencaharian atau pekerjaan yang setimpal dengan pendidikan khusus atau studi intelektual. Tujuannya adalah menyajikan pelayanan keterampilan kepada orang lain dengan nominal atau jumlah gaji tertentu.

6. Siti Nafsiah

Profesi adalah suatu pekerjaan yang dikerjakan atau dilakukan sebagai suatu sarana dalam mencari nafkah hidup. Profesi juga sebagai media untuk mengabdi pada kepentingan khalayak umum atau kepentingan orang lain yang perlu diiringi oleh profesionalisme, keahlian, tanggung jawab serta keterampilan.

7. Daniel Bell

Profesi adalah berbagai aktivitas atau kegiatan intelektual termasuk pelatihan yang dipelajari, diadakan atau diselenggarakan baik secara formal maupun tidak formal. Orang yang bersangkutan mendapatkan sertifikat, dan sertifikat tersebut dikeluarkan oleh badan atau sekelompok orang yang bertanggung jawab terhadap keilmuan tersebut dalam melayani masyarakat.

Pengertian Sikap Profesionalitas

Jika tidak melihat pengertian profesi dan sikap profesionalitas dengan seksama, kemungkinan seseorang masih akan kesulitan dalam membedakan keduanya. Untuk profesionalitas itu sendiri adalah kualitas sikap setiap anggota suatu profesi tertentu terhadap profesi yang dilakukannya, beserta dengan derajat pengetahuan dan juga keahlian yang dimiliki dalam melaksanakan semua tugasnya.

Profesionalitas juga berarti suatu kondisi level atau harkat keprofesian seorang individu yang dilihat dari pemahaman, gerak gerik serta keahlian yang dibutuhkan dalam melaksanakan suatu kewajiban yang diembannya.

Jadi, secara singkat sikap profesionalitas adalah sikap kompeten setiap anggota profesi atas profesinya tersebut beserta tingkat keahlian dan pemahaman yang mereka miliki untuk melaksanakan pekerjaannya. Dari penjelasan tersebut, maka bisa diketahui bahwa sikap profesionalitas mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Bangga dengan pekerjaannya
  2. Jujur dan bisa dipercaya
  3. Bersikap terbuka terhadap berbagai kritikan yang bersifat membangun atau konstruktif
  4. Mau meningkatkan kualitas diri
  5. Mau mendengarkan kebutuhan setiap klien atau pelanggan
  6. Memiliki keinginan untuk terus belajar kaitannya dengan upaya meningkatkan kemampuan
  7. Mempunyai keinginan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tuntas serta ikut serta dalam tugas-tugas yang ada di luar peran yang telah ditugaskan kepadanya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *