Pengertian Produk dan Beberapa Jenis-jenisnya

  • Whatsapp
Pengertian Produk dan Beberapa Jenis-jenisnya
Pengertian Produk dan Beberapa Jenis-jenisnya

Sumber daya manusia dapat berupa produk barang atau jasa. Produk diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia ataupun untuk memenuhi keinginan konsumen. Dalam proses transaksi terdapat unsur penting yang saling berhubungan yaitu produsen, konsumen dan produk. Sehingga sangat penting memahami pengertian produk dan beberapa jenis-jenisnya sebelum melakukan transaksi.

Pengertian Produk

Produk Adalah hasil produksi berupa barang atau jasa yang akan dijual kepada konsumen. Produk dibuat oleh seseorang atau perusahaan yang disebut dengan produsen. Pembuatan produk bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dari hasil penjualan tersebut, produsen akan mendapatkan keuntungan. Sehingga tercipta hubungan yang saling menguntungkan yang disebut transaksi.

Produk mempunyai berbagai jenis, harga dan kualitas. Produk dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Baik dari segi harganya, kualitasnya, jumlah, bentuk, dan sebagainya. Sebagai salah satu unsur dalam transaksi, produk yang ditawarkan harus mempunyai kualitas yang baik. Karena saat ini ada banyak sekali produk yang sama dengan harga yang berbeda-beda. Sehingga muncul persaingan dalam dunia produksi.

Jenis Produk

Produk mempunyai berbagai jenis yang dibedakan berdasarkan beberapa kelompok, yaitu:

1. Jenis Produk Berdasarkan Tujuan

  • Produk Konsumsi

Produk konsumsi adalah produk yang dikonsumsi atau digunakan oleh konsumen. Konsumen yang membeli produk tersebut langsung digunakan atau tidak dijual kembali. Produk konsumsi diantaranya produk kebutuhan sehari-hari seperti makanan, minuman, produk belanja seperti pakaian, kosmetik, dan produk khusus seperti handphone, motor dan sebagainya. Jenis produk konsumsi yaitu:

  1. Shooping Goods, Adalah barang yang dibeli untuk memenuhi kepuasan konsumen. Barang ini dibeli oleh beberapa konsumen saja, dengan mempertimbangkan harga, kualitas, style, trend, dan sebagainya.
  2. Convenience Goods,  Adalah produk barang yang sering dibeli masyarakat dalam jangka waktu yang cepat. Barang ini mudah didapatkan oleh konsumen dan mempunyai frekuensi pembelian yang tinggi.
  3. Speciality Goods, Adalah barang yang mempunyai ciri khas atau karakteristik tertentu. Barang ini disukai oleh konsumen khusus karena keunikanya. Biasanya meliputi barang mewah dengan model terbaru dan brand terkenal.
  4. Unsought Goods, Adalah barang khusus yang dibutuhkan oleh konsumen dalam jangka waktu lama. Barang ini digunakan untuk acara tertentu atau untuk kebutuhan khusus. Contohnya batu nisan, tanah, dan sebagainya.
  • Produk Industri

Produk industri adalah produk yang dijual kembali atau sebagai bahan baku proses produksi barang lain. Produk ini dibeli dari produsen untuk diolah kembali sebagai barang lain dan dijual kepada konsumen. Produk industri diantaranya materi atau bahan baku dan suku cadang, barang modal, dan berbagai perlengkapan bisnis.

2. Jenis Produk Berdasarkan Wujud

  • Produk Barang

Barang merupakan produk yang mempunyai bentuk fisik dan dapat dilihat, dipegang, disentuh dan disimpan. Barang ini dapat digunakan dan dirasakan manfaatnya secara nyata oleh konsumen.

  • Produk Jasa

Jasa merupakan produk yang berupa aktivitas, manfaat atau kepuasan. Sehingga tidak tidak dilihat secara nyata namun manfaatnya dapat dirasakan. Contohnya jasa dokter, guru, salon, dan sebagainya.

3. Jenis Produk Berdasarkan Daya Tahan

  • Produk Barang Durable Goods

Barang ini merupakan barang yang dapat bertahan lama walaupun digunakan secara rutin atau terus-menerus. Barang tahan lama mempunyai wujud fisik yang cukup besar dan digunakan sebagai barang tambahan. Contohnya kulkas, lemari, meja, mesin cuci dan sebagainya.

  • Barang Non Durable Goods

Barang non durable adalah barang yang tidak bertahan lama dan dapat habis dalam satu atau beberapa kali pakai. Biasanya barang non durable mempunyai masa berlaku produk tertentu. Barang ini mempunyai bentuk kecil dan digunakan sehari-hari, contohnya sabun, makanan, minuman, pasta gigi, dan lainya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *