Pengertian Processor dan Fungsinya dalam Perangkat Komputer

  • Whatsapp
Pengertian Processor
Pengertian Processor

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi kan dengan komputer. Komputer merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk mengolah berbagai macam data serta menampilkan output data dalam bentuk visual. Di dalam komputer terdapat berbagai macam komponen pendukung yang membuat komputer dapat berfungsi dengan semestinya.

Salah satu komponen utama pada komputer agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya  adalah processor. Mungkin berbagai kalangan masih bingung tentang pengertian processor dan fungsinya dalam perangkat komputer. Tetapi, di antara Anda hanya mengetahui jika processor merupakan otak dari komputer saja tanpa tahu fungsinya.

Pengertian Processor

Processor adalah komponen utama yang berfungsi sebagai otak pada komputer maupun smartphone. Processor ini bekerja untuk melakukan managemen arus data agar terhindar dari terjadinya stack data dalam operasi komputer. Dalam melakukan pengelolaan data, processor ini dibantu oleh media penyimpanan sementara atau sering disebut RAM.

Sama seperti perangkat keras lainnya, terdapat berbagai processor yang saat ini beredar di pasar. Setiap jenis processor juga memiliki bentuk serta kemampuan dan karakteristik yang berbeda.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membeli processor, sebaiknya membawa processor yang lama agar sesuai dengan komputer Anda. Hal ini bertujuan agar performa komputer Anda akan tetap terjaga dengan mengunakan processor yang tepat dan sesuai.

Fungsi-fungsi Processor

Secara umum processor berfungsi sebagai alat yang bertugas untuk memproses data. Namun dalam melakukan tugasnya, processor tidak dapat bekerja sendiri. Dibutuhkan perangkat atau komponen pendukung yang memiliki kecepatan sama dalam pemrosesan data.  Komponen pendukung tersebut adalah random access memori atau biasa disebut RAM.

Selain berfungsi sebagai alat pemproses data, processor juga memiliki fungsi lain seperti berikut ini.

1. Menjaga Performa Komputer

Kecepatan dan kualitas komputer yang Anda miliki merupakan gambaran dari kualitas processor pada perangkat tersebut. Tanpa Anda sadari, semakin baik kualitas serta spesifikasi dari  processor pada perangkat Anda akan berpengaruh pada kinerja komputer tersebut.

Sederhananya, ketika komputer Anda memiliki processor yang berspesifikasi tinggi maka kinerja komputer tersebut akan semakin cepat pula. Secara tidak langsung, processor memiliki peran sebagai indikator sebuah komputer dapat bekerja.

Namun, kinerja komputer juga harus di dukung dengan komponen-komponen lain yang mendukung cara kerja processor. Komponen tersebut seperti RAM, VGA, dan juga chipset.

2. Mendukung Kebutuhan Spesifik dari Komputer

Setiap komputer yang diciptakan biasanya akan memiliki tujuan spesifik seperti untuk desain dan arsitektual, games serta tujuan server. Setiap tujuan spesifik yang dimiliki oleh tiap komputer terntu saja memiliki kebutuhan yang berbeda.

Untuk mendukung berbagai tujuan spesifik tersebut, processor memiliki peranan penting. Sehingga processor yang dipakai pun akan menyesuaikan jenisnya dengan tujuan spesifik komputer tersebut. Hal ini bertujuan agar komputer dapat memiliki performa yang baik.

3. Mencegah Terjadinya Overlapping Tugas

Processor akan mengatur semua komponen yang seharusnya bekerja ketika Anda menggunakan komputer. Hal ini bertujuan agar komponen yang tidak berhubungan dengan pekerjaan tersebut tidak menghambat kinerja komputer Anda.

Misalnya ketika Anda sedang mengakses sebuah data, processor akan memastikan jika yang bekerja adalah hardisk pada komputer Anda bukan komponen lain yang tidak berhubungan.

4. Menyalakan Komputer

Tidak hanya power supply saja yang berperan penting dalam menghidupkan komputer, tetapi processor pun juga ikut berperan. Hubungan keduanya yakni ketika arus listrik yang disuplai oleh power supply akan menyalakan processor pada komputer tersebut. Hal ini akan membuat processor memiliki tenaga untuk mengintegrasikan keseluruhan komponen komputer Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *