Pengertian Perubahan Sosial dan Ciri-Cirinya

  • Whatsapp
Pengertian Perubahan Sosial dan Ciri-Cirinya
Pengertian Perubahan Sosial dan Ciri-Cirinya

Manusia adalah makhluk yang dinamis yang bisa membuat perubahan sosial selalu terjadi. Bahkan mungkin tanpa disadari, perubahan sosial telah terjadi di sekeliling Anda. Untuk bisa mengidentifikasi apakah suatu perubahan bisa disebut sebagai perubahan sosial, maka perlu dipahami pengertian perubahan sosial dan ciri-cirinya.

Pengertian Perubahan Sosial secara Umum

Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam masyarakat. Perubahan tersebut berhubungan dengan struktur atau tatanan yang ada dalam masyarakat. Adapun struktur atau tatanan yang dimaksud tersebut meliputi sikap, pola pikir serta kehidupan sosial, sehingga manusia bisa mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian perubahan sosial telah banyak disebutkan oleh sejumlah ahli, beberapa di antaranya ialah sebagai berikut:

1. Brooten dan Atkinson

Perubahan sosial adalah proses yang membuat seseorang atau sesuatu menjadi berbeda dengan situasi atau kondisi yang sebelumnya, dan perubahan sosial ini merupakan proses yang menjadi penyebab berubahnya pola perilaku institusi atau individu.

2. Pasurdi Suparlan

Perubahan sosial adalah perubahan yang berlangsung dalam susunan atau struktur sosial beserta pola-pola hubungan sosial, hal ini meliputi sistem politik dan kekuasaan, penduduk, ikatan keluarga maupun sistem status.

3. Bruce J. Cohen

Perubahan sosial adalah perubahan susunan kemasyarakatan atau struktur sosial yang berlaku dalam suatu organisasi sosial, sehingga syarat yang terlihat dalam perubahan tersebut terdiri atas perubahan hidup dalam nilai sosial dan juga budaya masyarakat serta sistem sosial.

4. William F. Ogburn

Perubahan sosial adalah perubahan yang mencakup unsur-unsur kebudayaan, baik unsur tersebut adalah unsur material maupun immaterial. Hal ditekankan adalah pengaruh dari unsur-unsur tersebut.

5. Samuel Koening

Perubahan sosial adalah perubahan atau modifikasi yang terjadi di dalam pola kehidupan setiap insan. Perubahan modifikasi tersebut dapat berlangsung akibat dari adanya sebab-sebab intern ataupun ekstern.

6. Max Weber

Perubahan sosial adalah perubahan situasi atau kondisi yang ada dalam masyarakat. Hal itu disebabkan oleh ketidaksesuaian unsur-unsur.

7. Robert H. Lauer

Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam aspek fenomena sosial dalam berbagai jenjang kehidupan manusia, yang dimulai dari tingkat individu sampai dengan tingkat dunia.

8. Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi

Perubahan sosial adalah proses modifikasi, perubahan atau penyesuaian yang ada dalam pola hidup masyarakat. Hal ini meliputi ikatan sosial ekonomi, pola tindak tanduk kelompok masyarakat, nilai-nilai budaya serta kelembagaan dalam rakyat, entah itu dalam aspek kehidupan yang material maupun yang nonmaterial.

9. Emile Durkheim

Perubahan sosial adalah perubahan yang ada sebagai akibat dari adanya faktor demografis dan ekologis. Hal tersebut mengubah kehidupan masyarakat dari yang awalnya tradisional dan diikat oleh solidaritas mekanistik menjadi modern yang kemudian diikat oleh solidaritas organistik.

Ciri-Ciri Perubahan Sosial

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pemahaman mengenai pengertian perubahan sosial dan ciri-cirinya akan mempermudah Anda untuk mendeteksi apakah suatu perubahan bisa disebut sebagai perubahan sosial atau tidak. Adapun ciri-ciri dari perubahan sosial adalah sebagai berikut:

  1. Perubahan sosial dapat terjadi di mana-mana, tidak peduli itu di desa maupun di kota.
  2. Perubahan sosial memang terjadi karena disengaja, walaupun sebenarnya ada juga perubahan sosial yang sebelumnya tidak terencana.
  3. Perubahan sosial akan terjadi secara berkelanjutan baik itu cepat maupun lambat, mengingat manusia itu sendiri adalah makhluk yang dinamis sehingga selalu berubah.
  4. Perubahan sosial berlangsung dengan cara mengikuti masyarakat yang lain atau imitatif. Hal ini terjadi karena masing-masing kelompok yang ada dalam masyarakat saling mempunyai pengaruh.
  5. Perubahan sosial dapat diakibatkan oleh adanya hubungan kausalitas atau hubungan timbal balik, hubungan ini akan menyebabkan adanya kekacauan sementara, kontroversi serta perubahan dalam struktur masyarakat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *