Pengertian Persediaan dan Manfaatnya dalam Dunia Usaha

  • Whatsapp
Pengertian Persediaan dan Manfaatnya dalam Dunia Usaha

Setiap perusahaan, entah itu perusahaan jasa, dagang, atau manufaktur pasti membutuhkan sebuah persediaan. Jika tidak terdapat persediaan di dalamnya pasti perusahaan tidak akan berjalan dengan lancar dan serba mendesak. Lalu agar usaha Anda berjalan dengan lancar, Anda perlu memahami tentang persedian dan manfaat persediaan dalam dunia usaha.

Pengertian Persediaan

Persediaan adalah sebuah barang yang disiapkan oleh perusahaan untuk menjalankan kegiatan operasionalnya. Berdasarkan SAK (Standar Akuntansi Keuangan), persediaan adalah harta perusahaan berupa barang jadi yang dapat dijual untuk kelangsungan aktivitas penjualan perusahaan.

Berdasarkan ilmu akuntansi, persediaan tidak dianggap sebagai beban atau pemborosan karena penyimpanan bahan. Namun, akan diakui sebagai harta (aset) karena secara likuid dapat dicairkan ke dalam cash dari aktivitas penjualan.

Jenis-jenis Persediaan di Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki jenis-jenis persediaan sendiri. Satu perusahaan bisa saja memiliki persediaan yang berbeda dengan perusahaan lain. Untuk itu, berikut adalah rangkuman jenis-jenis persediaan.

1. Persediaan Bahan Baku (Raw Material Inventory)

Bahan baku adalah bahan yang digunakan untuk proses produksi. Biasanya dalam proses produksi bahan baku memerlukan bahan penolong agar dapat menjadi barang jadi. Oleh sebab itu, persediaan bahan baku harus diikuti dengan persediaan bahan penolong untuk kelancaran proses produksi.

2. Persediaan Barang Setengah Jadi (Working in Process Inventory)

Barang setengah jadi adalah bahan baku dan juga bahan penolong yang sudah masuk dalam proses produksi namun belum selesai melalui seluruh proses produksi dan persediaan ini dapat digunakan sebagai antisipasi produksi yang berikutnya pada barang yang sama.

3. Persediaan Barang Jadi (Finished Goods Inventory)

Persediaan barang jadi adalah barang yang sudah selesai proses produksi dan finishing sehingga siap untuk dikirim. Barang jadi bisa disimpan untuk kepentingan stok barang agar dapat memenuhi permintaan pelanggan di kemudian hari.

Manfaat Persediaan dalam Dunia Usaha

Persediaan yang telah disiapkan oleh perusahaan pastinya memiliki manfaat tersendiri. Berikut adalah beberapa manfaat persediaan untuk usaha Anda.

1. Menjamin Kelancaran Aktivitas

Persediaan berupa barang jadi atau bahan baku bisa digunakan untuk menjamin kelancaran aktivitas usaha Anda. Kelancaran yang dimaksud ketika terjadi hambatan dalam kekurangan bahan baku atau barang jadi sehingga perusahaan tidak terlalu bergantung kepada para supplier.

Perusahaan yang sehat adalah perusahaan yang memiliki tingkat aktivitas yang lancar. Oleh sebab itu, untuk mempertahankan dan menjaga tingkat aktivitas operasional perusahaan harus ada persediaan bahan baku atau bahan penolong yang lainnya.

2. Antisipasi Adanya Kelangkaan Bahan Baku

Kadang kala ada bahan yang dibutuhkan namun produksinya hanya dalam waktu-waktu tertentu. Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan harus mengevaluasi bahan baku perusahaan dan mengantisipasi persediaan untuk bahan tersebut. Dengan begitu, perusahaan tidak akan mendapatkan masalah ketidaktersediaan bahan baku.

3. Membantu Manajemen Perusahaan

Dunia manajemen pasti memerlukan sebuah schedule planning atau perencanaan jadwal. Jika ada persediaan bahan baku maka proses produksi dapat dijadwalkan sebagaimana mestinya untuk menjadi barang jadi. Sedangkan, barang jadi bisa dijadwalkan menjadwalkan waktu pengiriman  kepada customer. Dengan begitu, persediaan akan sangat membantu kinerja manajemen.

4. Antisipasi Terjadinya Retur Barang

Retur barang merupakan pengembalian barang dari custmer apabila terjadi cacat produk, rusak, atau tidak sesuai dengan pesanan. Persediaan yang ada di gudang akan membuat proses retur barang semakin cepat karena tidak perlu menunggu untuk memproduksi atau menyuplai barang yang telah di retur tersebut.

5. Menjaga Hubungan dengan Customer

Perusahaan akan memberikan kepuasan yang optimal kepada para customernya karena memberikan pelayanan terbaik dalam hal pemberian produk yang berkualitas. Contohnya saja karena retur. Selain itu, customer akan senang apabila mendapatkan pelayanan yang tepat waktu dan tidak ditunda-tunda karena kekurangan stok barang dari perusahaan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *