Pengertian Pencemaran Lingkungan dan Jenisnya

  • Whatsapp

Masalah lingkungan yang Anda hadapi saat ini adalah pencemaran, baik dalam skala kecil maupun besar pada suatu wilayah. Sebenarnya pencemaran telah terjadi sejak berabad-abad yang lalu, terutama sejak adanya kegiatan produksi di kawasan industri.

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan adalah terjadinya kontaminasi beragam komponen fisik dan biologis. Kemudian mengakibatkan gangguan proses kehidupan secara alami pada sistem atmosfer dan bumi. Pencemaran juga terjadi pada habitat dan sumber daya alam yang tidak dapat terurai di lingkungan. Sehingga mengakibatkan penumpukan, wilayah yang kotor dan menjadi sumber penyakit.

Banyak pihak yang merasa dirugikan atas pencemaran lingkungan terutama hewan, tumbuhan dan alam. Sehingga diharapkan setiap individu mampu bersikap bijak terhadap antisipasi pencemaran, supaya tidak menjadi masalah yang sulit diatasi dan lingkungan dapat diselamatkan.

Penyebab Terjadinya Pencemaran Lingkungan

Banyak sektor kehidupan yang menjadi sumber utama kerusakan lingkungan, di antaranya: industri, transportasi, rumah tangga, pertanian dan perdagangan. 

1. Pencemaran Akibat Industri

Kondisi alam dan lingkungan sosial mulai mengalami kerusakan, terutama pada masa awal revolusi industri. Banyak industri yang memproduksi berbagai macam kebutuhan mulai dari peralatan rumah tangga, spare part mesin dan industri pakaian.

Pencemaran dimulai dari penggunaan bahan bakar fosil seperti batu bara. Pada awal abad 19 masehi hingga 20 masehi, batu bara menggerakkan mesin-mesin produksi dan menggantikan tenaga manual manusia. Selain itu penggunaan bahan kimia pada proses produksi tidak diolah secara bijak. Maka cairan sisa produksi menjadi limbah berbahaya bagi air beserta ekosistem di dalamnya.

2. Pencemaran Akibat Transportasi

Pencemaran mulai terjadi ketika Anda menggunakan kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil. Sehingga penggunaan transportasi bermotor turut meningkatkan polusi lingkungan akibat penggunaan bahan bakar fosil.

3. Pencemaran Akibat Rumah Tangga

Kawasan area rumah tangga turut menjadi alasan terjadinya pencemaran lingkungan. Di mana Anda harus bersedia membuka lahan guna membuat bangunan rumah. Selain itu bahan-bahan konstruksi bangunan juga tidak ramah lingkungan. Sehingga Anda memerlukan trik khusus supaya sampah dapat terurai.

4. Pencemaran Akibat Pertanian

Perkembangan zaman dan teknologi yang maju membuat sektor pertanian beralih menggunakan pestisida kimia. Sehingga pencemaran terjadi pada air dan tanah yang kehilangan unsur hara alami. Meskipun tujuan pestisida untuk membunuh penyakit dan hama, namun memberikan efek negatif terhadap lingkungan sekitar.

5. Pencemaran Akibat Perdagangan

Kegiatan jual beli turut menjadi penyebab pencemaran lingkungan, seperti penggunaan kemasan plastik sekali pakai. Kemudian bau tidak sedap akibat sisa-sisa bahan makanan yang dibuang sembarangan.

Jenis-jenis Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan memberikan dampak serius. Hal ini dapat dibenarkan karena pencemaran hampir terjadi pada unsur utama kehidupan, di antaranya:

  1. Pencemaran air adalah kerusakan yang terjadi pada ekosistem dan struktur alami air. Sehingga beragam flora dan fauna tidak dapat bertahan hidup di dalamnya. Contoh pencemaran air adalah sampah di sungai dan limbah produksi.
  2. Pencemaran udara adalah kerusakan yang terjadi akibat udara yang tidak bersih. Sehingga Anda tidak bisa menghirup udara bebas dan malah merusak sistem pernafasan. Contoh pencemaran udara adalah kebakaran hutan dan asap-asap kegiatan produksi.
  3. Pencemaran suara adalah kerusakan lingkungan karena suara yang dihasilkan melebihi batas normal. Sehingga mengganggu rutinitas dan kesehatan pendengaran. Contoh pencemaran suara adalah suara knalpot kendaraan, musik berlebihan dan deru mesin di area pembangunan.
  4. Pencemaran tanah adalah kerusakan akibat tanah kehilangn unsur hara alami yang dibutuhkan. Selain itu terkontaminasi bahan berbahaya yang tidak ramah lingkungan seperti tumpahan minyak dan bahan kimia pestisida.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *