Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli

  • Whatsapp
Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli
Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli

Setiap negara pasti memiliki sistem pemerintahan untuk mengelola negara agar dapat berjalan dengan baik. Pemerintah terdiri dari pemimpin negara dan menteri-menterinya, serta pihak-pihak lain yang terkait. Setiap negara juga memiliki sistem pemerintahannya masing-masing. Ada berbagai macam sistem pemerintahan yang dipakai, salah satunya yaitu presidensial yang diterapkan di Indonesia.

Berbeda dengan sistem pemerintahan, pemerintahan sendiri merupakan salah satu cabang ilmu yang dapat dipelajari. Pengertian pemerintahan adalah ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan negara agar dapat berjalan dengan baik dan mencapai cita-cita yang diinginkan.

Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli

Para ahli memiliki pendapat yang bermacam-macam mengenai pengertian pemerintahan.

  1. Hendrikus Andries Brasz

Hendrikus Andries Brasz merupakan seorang ahli politik yang berasal dari Belanda. Dalam salah satu buku yang pernah ditulisnya, Brasz mengemukakan tentang pemerintahan. Menurutnya, pemerintahan adalah ilmu yang mempelajari tentang penyusunan lembaga umum dalam sebuah negara secara teknis dan digunakan dengan baik dalam urusan internal dan eksternal untuk kepentingan warga negaranya.

  1. Robert Morrison MacIver

Robbert Morrison MacIver adalah seorang sosiolog dari Inggris. Pada suatu masa, MacIver pernah mengutarakan pemikirannya tentang pengertian pemerintahan. menurutnya pemerintahan adalah ilmu yang mempelajari tentang cara mengendalikan dan memerintah orang. Itulah pandangan seorang MacIver tentang pemerintahan yang dilihatnya dari kaca mata seorang sosiolog.

  1. Inu Kencana Syafiie

Inu Kencan Syafiie merupakan seorang akademisi yang pernah menjabat sebagai rektor Universitas Pandanaran. Syafiie sempat mengemukakan tentang pemikirannya mengenai pemerintahan. Pemerintahan adalah ilmu yang mempelajari tentang cara untuk melaksanakan tugas dari lembaga eksekutif.

Pemerintahan juga mempelajari tentang bagaimana cara untuk melakukan koordinasi antara pemerintah dan rakyat, pemerintah pusat dan daerah, pengaturan lembaga legislatif, dan juga kepemimpinan dalam sebuah negara.

  1. Johannes Chrisos Tomus Simorangkir

Johannes Chrises Tomus Simorangkir merupakan seorang politisi di Partai Kristen Indonesia. Simorangkir juga pernah menjabat sebagai ketua di partai politik ini. Sebagai seorang politisi, Simorangkir pernah mengungkapkan mengenai pengertian dari pemerintahan.

Menurutnya, pemerintahan adalah sebuah peralatan milik negara untuk melaksanakan tugas dan fungsi dari pemerintah yang sedang menjabat.

  1. Haryanto, dkk

Dalam sebuah karya tulis, Haryanto dkk pernah mengungkapkan tentang pengertian dari pemerintahan. Menurut sekelompok ahli ini, pemerintahan adalah sistem yang memiliki pola tertentu dan terorganisir dengan baik yang terdiri dari berbagai macam kegunaan yang dilaksanakan dengan mengimplementasikan dasar negara untuk mencapai tujuan dari negara tersebut.

  1. Charles Frederick Strong

Charles Frederick Strong merupakan ahli politik modern yang berasal dari Australia. Dalam kiprahnya di dunia politik modern, Strong pernah mengungkapkan mengenai pengertian pemerintahan. Menurut pemikirannya, pemerintahan adalah setiap kegiatan dari lembaga publik yang terdiri dari kegiatan eksekutif, legislatif, dan yudikatif untuk mencapai cita-cita negara.

  1. S. Sayre

W.S Sayre merupakan seorang ahli politik dan pemerintah di Columbia University. Menurut pendapatnya, pemerintahan adalah sekumpulan orang dalam susunan negara yang dibentuk untuk memerintah rakyat dan memegang kuasa atas suatu negara serta rakyat di dalamnya.

  1. Mohammad Kusnard

Mohammad Kurnard pernah menerbitkan buku yang berjudul Ilmu Negara. Buku ini banyak digunakan oleh mahasiswa yang mempelajari tentang ilmu negara sebagai referensi utama. Dalam buku tersebut, pemerintahan adalah pekerjaan yang dilakukan oleh negara untuk mewujudkan rakyat yang sejahtera dengan cara mencukupi kebutuhannya dengan menjalankan fungsi eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

  1. Uri Rosenthal

Uri Rosenthal merupakan seorang anggota senat dari Belanda Rosenthal pernah mengemukakan pemikirannya mengenai pengertian pemerintahan. Baginya, pemerintahan adalah ilmu yang mempelajari tentang tuntunan untuk bekerja secara internal dan eksternal dalam struktur pemerintahan serta menjalankan roda pemerintahan berskala global.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *