Pengertian Peluang Usaha

  • Whatsapp
Pengertian Peluang Usaha

Ketika akan membuka atau membangun sebuah usaha, seorang wirausahawan akan melihat peluang usaha terlebih dahulu. Setelah didapatkan peluang untuk mendirikan sebuah usaha, barulah membuat rancangan mengenai usaha yang akan dibangun. Terdiri dari kata peluang dan usaha akan tetapi apakah Anda tahu apa sebenarnya peluang usaha itu? Simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Peluang Usaha

Peluang usaha adalah kesempatan untuk menciptakan sebuah usaha baru yang datang di saat-saat tertentu. Peluang usaha kerap dimanfaatkan oleh seseorang yang gemar berwirausaha untuk membangun sebuah usaha yang menguntungkan. Sedangkan menurut para ahli definisi peluang usaha yaitu:

1. Arif F. Hadiparanata

Peluang usaha ialah kesempatan usaha yang ada di sekitar kita dimana pasti terdapat risiko yang harus dihadapi apabila kita menjalankan usaha tersebut.

2. Robbin and Coulter

Peluang usaha didefinisikan sebagai proses yang menggunakan sarana tertentu dalam menciptakan nilai tambah yang berguna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa memperhatikan sumber daya yang digunakan dengan melibatkan individu atau kelompok.

3. Thomas W. Zimmerer

Beliau mengartikan peluang usaha sebagai sebuah terapan berupa kreativitas dan inovasi yang berguna untuk memecahkan masalah dan melihat kesempatan di sekitar kita untuk membangun sebuah usaha.

Ciri-Ciri Peluang Usaha

Sebenarnya terdapat banyak peluang usaha yang berada di sekitar kita tanpa kita sadari. Akan tetapi tidak semua peluang usaha tersebut berpotensi mendatangkan keuntungan dalam jangka panjang. Oleh karenanya jika Anda benar-benar ingin berwirausaha, Anda harus mengetahui ciri-ciri peluang usaha. Terdapat beberapa hal yang menjadi ciri-ciri dari peluang usaha yaitu sebagai berikut:

  • Sifatnya riil atau nyata bukan hanya sekadar ambisi
  • Mampu bertahan lama dan berkelanjutan
  • Memiliki nilai jual
  • Bukan usaha musiman
  • Profitable atau menguntungkan
  • Skala usaha dapat dikembangkan dan diperbesar
  • Timbul rasa senang atau gembira saat Anda menjalaninya
  • Sesuai dengan keinginan Anda
  • Dapat mengantisipasi perubahan yang terjadi di pasar
  • Kreatif dan inovatif

Jenis Usaha dengan Modal Kecil

Banyak yang berpikir bahwa membuka sebuah usaha membutuhkan dana atau modal yang tidak kecil, padahal tidak semuanya membutuhkan modal besar. Kesuksesan sebuah usaha juga tidak bergantung penuh dengan besar modal yang dikeluarkan. Melainkan keyakinan dan strategi tepat yang dapat menjadi kunci kesuksesan.

Ada beberapa contoh usaha dengan modal kecil yang dapat Anda coba jalankan, yaitu:

1. Reseller

Modal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang reseller tidak sebesar jika Anda membuka usaha sendiri. Anda hanya perlu membayar biaya pendaftaran menjadi reseller saja dan terhubung dengan akses internet. Anda tidak perlu membeli bahan baku, mengeluarkan biaya produksi dan lain-lain karena pekerjaan Anda hanyalah memasarkan produk melalui media sosial.

2. Online Shop

Berbeda dengan reseller, usaha online shop ini yang turun tangan langsung dalam pengelolaan dan pemasaran adalah Anda. Jika reseller bekerja pada online shop, Anda sebagai online shop justru mempekerjakan reseller. Kedua jenis usaha tersebut sama-sama membutuhkan koneksi internet dalam pengelolaannya.

3. Usaha jajanan pasar

Apabila Anda memiliki keterampilan dalam memasak, usaha jajanan pasar dapat Anda coba. Anda tidak perlu membuat terlalu banyak jajanan pasar, karena Anda bisa melakukan cara konsinyasi. Cara tersebut sering dikenal dengan titip jual, Anda tinggal mencari produk dari produsen jajanan pasar secara langsung dan menjualnya kembali dengan mengambil keuntungan.

4. Jasa cuci sepatu

Jenis usaha ini memang sedang populer di masyarakat khususnya kalangan muda. Tak jarang dijadikan usaha sampingan oleh beberapa mahasiswa, karena memang modal yang dibutuhkan sedikit dan tidak terlalu memerlukan keterampilan khusus. Meskipun modalnya tidak terlalu banyak, namun keuntungannya lumayan jika dijalankan dengan tekun.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *