Pengertian Pelayanan Prima yang Lengkap

  • Whatsapp

Pelayanan prima atau excellent service menjadi salah satu point penting bagi setiap perusahaan atau kegiatan bisnis. Agar para pelanggan dan relasi kerja memiliki kesan positif  bagi Anda dan masa depan perusahaan. Sehingga tercipta kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan.

Pengertian Pelayanan Prima

Pelayanan prima adalah melakukan serangkaian kegiatan guna memberikan pelayanan dan pengalaman terbaik kepada pelanggan. Pelanggan akan memiliki kesan yang baik dan lebih positif. Kemudian Anda memiliki keuntungan yang lebih maksimal.

Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan juga menjadi salah satu acuan penting tentang standarisasi pelayanan yang diberikan. Sehingga Anda mampu mengukur kepuasan pelanggan terhadap kinerja pelayanan yang diberikan.

Fungsi Pelayanan Prima

Kegiatan pelayanan yang prima kepada para pelanggan memiliki beragam fungsi, diantaranya:

  1. Menjamin pelayanan terbaik dan cepat
  2. Perhatian kepada pelanggan diutamakan sebagai mitra usaha
  3. Tersedia pasar jual beli khusus produk dan jasa milik Anda sendiri
  4. Tercipta konsistensi pelanggan terhadap produk agar digunakan terus-menerus
  5. Mencapai persaingan jual beli dengan kompetitor

Tujuan Pelayanan Prima

Pelaksanaan pelayanan secara maksimal dan prima diharapkan mencapai berbagai tujuan bagi pelanggan, diantaranya:

  1. Menyajikan pelayanan  berkualitas
  2. Membantu konsumen dan pelanggan guna mengambil keputusan jual beli
  3. Memupuk kepercayaan terhadap produk dan perusahaan
  4. Meminimalisir tuntutan setiap pelanggan terhadap produk yang dijual
  5. Menumbuhkan sikap loyalitas pelanggan untuk kembali melakukan jual beli

Konsep dan Karakteristik Pelayanan Prima

Prosedur pelayanan yang terbaik tidak terlepas dari konsep dan karakteristik tertentu. Agar terjadi kombinasi apik antara Anda sebagai pemberi layanan dan  pelanggan sebagai objek proses jual beli.

1. Tiga Unsur Utama Pelayanan Prima

  • Attitude

Sikap atau attitude menjadi pengaruh terhadap keputusan pelanggan tentang produk yang Anda tawarkan. Sikap ramah, penuh perhatian dan perasaan bangga menjadi bagian perusahaan harus diterapkan selama berada di lingkungan kerja. Sehingga mampu memberikan cerminan yang baik terhadap profil perusahaan.

Pelanggan memiliki ketergantungan terhadap kesan pertama. Baik dari segi pelayanan yang diperoleh pertama kali maupun penjualan barang dan jasa ketika transaksi. Sehingga profesi bidang pelayanan mampu menciptakan komunikasi yang baik dan mahir. Tidak lupa pula didukung dengan penampilan yang menarik dan sikap sopan sesuai aturan.

  • Attention

Perhatian atau attention menjadi sisi baik yang ditunggu oleh setiap pelanggan. Terutama ketika Anda telah melihat konsumen tersebut mulai tertarik dan hendak melakukan deal pembelian. Segera bantu dan tanyakan kepada pelanggan jika ditemukan kesulitan.

Perhatian tersebut membuat setiap pelanggan merasa berharga dan diperhatikan. Sehingga kemungkinan melakukan pembelian yang berulang akan jauh lebih besar.

  • Action

Tindakan atau action adalah jawaban dari  timbulnya suatu keinginan dari pelanggan. Lakukan tindakan dan layani dengan kualitas terbaik, supaya pelanggan merasa puas dan bisa memperoleh apa yang dibutuhkan. Pelanggan merasa terbantu jika Anda segera mencatat kebutuhannya dan memastikan kembali menu yang telah dipesan.

2. Karakteristik Pelayanan Prima

Jika Anda hendak memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan, maka penuhi beberapa karakteristik berikut ini!

  1. Penampilan menarik
  2. Bersedia untuk melayani
  3. Ramah dan bersikap sopan
  4. Tepat waktu dan bisa dipercaya
  5. Adanya transparansi terutama di bidang hukum dan perizinan
  6. Pengetahuan mumpuni dan profesional

Contoh Kegiatan Pelayanan Prima di Bank

Pihak security bank akan menyambut kedatangan dan bertanya tentang keperluan Anda. Lalu mengarahkan ke bagian pelayanan baik Teller atau Costumer Service (CS). Baik pihak Teller maupun CS akan bertanya dengan ramah. Kemudian memberikan pelayanan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan hingga selesai.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *