Pengertian Pelayanan Menurut Ahli

  • Whatsapp

Kata pelayanan biasanya identik dengan kepuasan seseorang, tapi tahukah Anda kalau banyak hal yang melingkupi kata tersebut. Baik dari sisi pengertian pelayanan menurut ahli, bagaimana cirinya, fungsinya dalam kehidupan, hingga hal-hal yang mempengaruhinya. Berikut ini semua akan dikupas tuntas hanya untuk Anda.

Pengertian Pelayanan Menurut Ahli

Pelayanan adalah sebuah kegiatan untuk memenuhi kebutuhan individu lain secara personal maupun berkelompok. Arti lain menurut sejumlah ahli yaitu:

1. Suparlan

Sebuah upaya membagi dukungan atau bantuan kepada pihak lain, bisa berupa bantuan fisik atau non fisik sehingga pihak lain mampu menuntaskan masalah yang dialaminya

2. Freed Luthans

Prosedur untuk memenuhi kebutuhan melalui aktivitas dari orang lain di berbagai bidang masalah agar bisa menyelesaikan masalah.

3. Hadipranata

Urusan tidak wajib selain tanggung jawab yang diberitahukan kepada pihak konsumen dan dapat dirasakan dalam bentuk pujian atau apresiasi.

4. Loina

Proses menyeluruh dari upaya membentuk citra sebuah perusahaan. Bisa melalui media, budaya internal, komunikasi tentang visi misi perusahaan yang dijabarkan kepada pihak yang memiliki kepentingan terhadap perusahaan tersebut.

5. Brata

Tercipta akibat proses memberikan usaha tertentu untuk melayani pihak lain.

6. Moenir

Proses untuk mencukupi kebutuhan dengan kegiatan langsung dari orang lain

7. Kotler

Usaha satu orang untuk orang lain, dengan klasifikasi high contact service dengan jenis koneksi sangat maksimal antara konsumen dan produsen contohnya salon. Kemudian low contact service yaitu koneksi tidak terlalu maksimal antara konsumen dan produsen contohnya perbankan.

8. Groonros

Kegiatan yang bisa juga berupa sekumpulan aktivitas tak terlihat dan tak bisa diraba, karena adanya hubungan dan korelasi antara pekerja sebuah perusahaan dengan konsumen, sebagai upaya menyelesaikan masalah konsumen.

9. Sampara

Aktivitas yang bisa juga berurutan akibat hubungan langsung seseorang dengan yang lain atau mesin melalui kontak fisik, untuk menyajikan rasa puas bagi konsumen.

10. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Upaya membantu menyediakan atau mengurus kebutuhan orang lain.

Ciri-ciri Pelayanan

Beberapa ciri-ciri pelayanan adalah

  • Adanya pekerja
  • Adanya sarana
  • Adanya prasarana
  • Adanya kemampuan pekerja melayani
  • Adanya rasa tanggung jab pekerja
  • Kemampuan komunikasi pekerja
  • Jaminan rahasia transaksi pelayanan
  • Adanya kemampuan dan ilmu yang cukup oleh pekerja
  • Bisa menimbulkan rasa percaya pelanggan

Tujuan dan Fungsi Pelayanan

Tujuan pelayanan adalah membuat konsumen merasa terpenuhi semua kebutuhannya oleh perusahaan. kemudian meningkatkan performa perusahaan dengan menempatkan pekerja terbaik yang bisa memberikan pelayanan maksimal. Menambah keuntungan dan koneksi penting bagi perusahaan.

Fungsi pelayanan adalah memberikan kepuasan maksimal kepada konsumen atau pelanggan, sesuai dengan jenis pelayanan. Kemudian menciptakan hubungan yang baik antara penjual dan pembeli untuk jangka panjang, menambah nilai jual perusahaan melalui pelayanan terbaik yang diberikan oleh setiap komponen perusahaan.

Hal yang Mempengaruhi Pelayanan

Beberapa hal yang mempengaruhi sebuah pelayanan adalah:

  1. Responsif

Sejauh mana perusahaan mampu secara cepat menanggapi kebutuhan pembeli produk atau jasa yang dimiliki perusahaan tersebut.

  1. Bukti

Ada atau tidaknya bukti konkret tentang layanan yang diberikan, bisa berbentuk perhatian ataupin rasa peduli terhadap kondisi konsumen.

  1. Jaminan

Ilmu tentang berperilaku baik yang dimiliki pekerja perusahaan sehingga bisa dilihat kemampuannya menciptakan rasa percaya dari konsumen.

  1. Empati

Perhatian perusahaan terhadap kondisi konsumen dan benar-benar peduli terhadap mereka, bukan saja basa-basi.

  1. Handal

Kemampuan sebuah perusahaan memberikan jasa sesuai dengan kesepakatan dan waktu yang sudah ditetapkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *