Pengertian Pekerjaan dan Konsep-Konsep yang Mengikutinya

  • Whatsapp
Pengertian Pekerjaan dan Konsep-Konsep yang Mengikutinya
Pengertian Pekerjaan dan Konsep-Konsep yang Mengikutinya

Untuk mempertahankan hidupnya, manusia membutuhkan pekerjaan untuk mendapatkan uang. Berasal dari kata dasar kerja, pekerjaan dapat menyatakan tempat, nama seseorang, dan benda. Apabila diartikan sebagai verba, pekerjaan berarti tugas yang wajib dilakukan atau diperbuat. Berikut pengertian pekerjaan lebih jelasnya.

Pengertian Pekerjaan

Pekerjaan adalah segala aktivitas yang dapat menghasilkan uang dilakukan oleh manusia baik individu maupun kelompok. Dari aktivitas yang dilakukan tersebut akan menghasilkan produk yang berupa barang atau jasa. Manusia melakukan pekerjaan agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan uang yang dihasilkan.

Maka dari itu, pekerjaan dapat dijadikan mata pencaharian. Uang yang dihasilkan atau sering disebut dengan penghasilan dapat bersifat rutin dan tidak rutin, bisa dibayarkan harian, mingguan, dan bulanan. Tidak hanya dapat diartikan sebatas mendapat imbalan, pekerjaan juga dapat didefinisikan sebagai tanggung jawab seseorang dalam menjalani hidupnya sesuai jabatan, status, dan derajat yang dimiliki.

Menurut pemerintah Belanda yang tertuang dalam buku Wetboek van koophandel, pekerjaan merupakan perbuatan yang dilakukan secara kontinyu atau terus menerus. Pekerjaan yang dilaksanakan sangat bergantung pada motif pekerja masing-masing, ada yang bekerja dengan tujuan mendapatkan uang, melaksanakan pekerjaan karena tanggung jawab, hobi, atau sebab-sebab lainnya.

Hal yang Dibutuhkan dalam Pekerjaan

  1. Kemampuan (skill)

Kemampuan adalah kecakapan atau keahlian yang dimiliki oleh setiap orang didapatkan dari pelatihan dan pendidikan. Contoh dari skill yaitu kemampuan memperbaiki komputer, kemampuan mengoperasikan komputer, kemampuan dalam bidang produksi, memiliki public speaking yang bagus, dan sebagainya.

  1. Pengetahuan

Hal ini merupakan ilmu dasar yang wajib dimiliki oleh seorang pekerja. Pengetahuan yang dimiliki akan digunakan dalam menyelesaikan masalah pekerjaan nantinya. Dengan pengetahuan yang dimiliki, seseorang akan lebih mudah mengembangkan skill-nya.

  1. Memiliki kemampuan bekerja sama

Mampu bekerja sama dengan orang lain maupun dalam tim sangat dibutuhkan. Hampir tidak ada pekerjaan yang benar-benar dilakukan secara individu, semua membutuhkan kerja sama dengan orang lain. Hal ini harus disertai dengan kemampuan dalam berkomunikasi, Anda harus bisa menghargai pendapat orang lain dan menyampaikan pendapat dengan baik.

  1. Jujur

Dalam dunia pekerjaan, kejujuran sangatlah penting dan dijunjung tinggi. Dengan kejujuran Anda akan mendapat kehormatan tersendiri dan menjadi kepercayaan banyak orang termasuk atasan.

  1. Sopan dan santun

Sikap ini juga akan diperhitungkan dalam pekerjaan. Realisasi dari sikap sopan dan santun adalah menghargai orang lain, selain itu juga ramah dan berusaha untuk menjalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja maupun atasan. Anda akan mendapat nilai plus tersendiri dengan sikap sopan dan santun yang Anda miliki.

  1. Pantang menyerah

Seorang pekerja wajib memiliki jiwa pantang menyerah. Dalam melakukan pekerjaan, tak jarang akan dihadapkan dengan beberapa masalah. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan pemikiran yang kritis dan keberanian dalam aktualisasinya. Anda tak boleh menyerah begitu saja seberat apapun masalah yang dihadapi, rekan kerja mungkin dapat membantu jika tidak keberatan.

Jenis-Jenis Pekerjaan

  1. Pekerjaan yang menghasilkan barang

Pekerjaan ini menghasilkan uang dari produk berupa barang yang diproduksi atau didapatkan dari pihak lain kemudian dijual kembali. Contoh dari pekerjaan yang menghasilkan barang yaitu petani, peternak, tukang sayur, wirausaha, nelayan, pedagang makanan dan lain-lain.

  1. Pekerjaan yang menghasilkan jasa

Sedangkan jenis pekerjaan ini akan mendapatkan penghasilan atau uang setelah menghasilkan jasa yang bermanfaat bagi orang lain. Contoh dari pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah guru, dosen, kurir, karyawan pabrik, dokter, tukang service, sopir, ojek online, dan lain-lain.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *