Pengertian Pariwisata Menurut Pendapat Para Ahli

  • Whatsapp
Pengertian Pariwisata Menurut Pendapat Para Ahli
Pengertian Pariwisata Menurut Pendapat Para Ahli

Salah satu layanan yang sering dinikmati oleh masyarakat adalah pariwisata. Dengan adanya pariwisata tentu akan sangat membantu dalam mengatasi masalah kejenuhan, letih, stres, atau penat.Namun, tahukan Anda apa itu pariwisata? Pengertian pariwisata menurut pendapat para ahli bisa kamu pelajari di bawah ini.

Pengertian Pariwisata Menurut Pendapat Para Ahli

  1. Norval

Menurut Norval pariwisata adalah rangkaian kegiatan yang memiliki kaitan dengan masuk, tinggal, dan pergerakan seseorang di suatu wilayah atau tempat tertentu.

  1. Hunziker dan Kraft

Menurut kedua ahli ini pariwisata adalah hubungan dan fakta yang timbul dari tempat orang asing dengan tujuan untuk tidak bertempat tinggal dan mencari nafkah.

  1. Gamal

Gamal mengatakan bahwa pariwisata adalah proses bepergian sementara ke arah luar dari tempat tinggalnya.

  1. Marpaung dan Bahar

Mereka menyampaikan pendapat bahwa pariwisata adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang yang ingin melakukan perjalanan.

  1. Damanik dan Weber

Menurut Damanik dan Weber pariwisata adalah sebuah fenomena mengenai pergerakan seseorang, barang, dan juga jasa yang sangat mendetail.

  1. Muljadi

Muljadi menyampaikan bahwa pariwisata adalah kegiatan untuk menyiarkan diskusi, mengenai tempat tinggal sementara dan melakukan kegiatan selain menghasilkan uang atau menerima.

  1. Chalik dalam Suwena dan Widyatmaja

Chalik menjelaskan bahwa pariwisata adalah suatu perjalanan yang bisa dilakukan secara berkeliling dan berkali-kali.

  1. Kusdianto

Menurut Kusdianto, pariwisata adalah suatu susunan dalam organisasi yang memiliki hubungan dengan perkembangan, masalah produksi, dan pemasaran layanan. Tujuan pariwisata itu untuk memenuhi kebutuhan orang yang melakukan bepergian.

  1. Soekadijo

Berbeda dengan yang lain, Soekadijo mengungkapkan bahwa pariwisata adalah sebuah gejala yang kompleks dengan objek wisata, hotel, pramuwisata, angkutan wisata, biro perjalanan, rumah makan, dan lainnya di dalamnya.

  1. Suwantoro

Ahli Suwantoro mengungkapkan bahwa pariwisata adalah sebuah proses dalam bepergian yang dilakukan dengan sementara ke tempat lain, dengan suatu alasan dan bukan untuk mencari nafkah.

  1. Salah Wahab

Prof. Salah Wahab juga ikut memberikan pendapatnya mengenai pariwisata. Menurutnya pariwisata adalah kegiatan yang dilakukan dengan sadar dan mendapatkan berbagai layanan secara bergiliran dari tempat yang dikunjungi.

Hal ini meliputi kediaman orang lain yang bersifat sementara dalam mendapatkan berbagai kepuasan yang berbeda dengan apa yang dia dapatkan di tempat tinggal aslinya.

  1. Kodhyat

Menurutnya, pariwisata adalah suatu perjalanan yang memiliki sifat sementara dari satu tempat ke tempat lainnya yang dilakukan oleh individu atau kelompok. Tujuannya adalah sebagai usaha dalam pencarian kebahagiaan dengan ruang lingkup sosial, budaya, ilmu, dan alam.

  1. Sinaga

Sinaga mengungkapkan bahwa pariwisata adalah perjalanan yang dilakukan secara terencana, baik individu maupun kelompok dari sebuah tempat ke tempat lain. Tujuannya adalah untuk memeroleh kesenangan secara semata.

  1. Koen Meyers

Menurutnya pariwisata adalah sebuah kegiatan bepergian dari tempat asal ke tempat tujuan dengan tujuan tertentu, seperti memenuhi rasa keingintahuan, menghabiskan liburan, dan lainnya.

  1. Guyer Flauler

Guyer mengatakan bahwa pariwisata adalah suatu fenomena dengan kebutuhan sebagai dasar dan penilaian terhadap keindahan alam, sehingga menimbulkan cinta yang disebabkan oleh pergaulan di berbagai kalangan sebagai hasil dari perkembangan sebuah industri, perniagaan, dan alat pengangkutan.

  1. Robert Mclntosh

Robert berkata pariwisata adalah gabungan interaksi yang dilakukan oleh pemerintah sebagai tuan rumah dalam bisnis, wisatawan, dan pariwisata.

  1. Richard Sihite

Menurut Richard, pariwisata adalah bentuk kegiatan perjalanan yang dilakukan hanya  dalam jangka waktu yang pendek.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *