Pendapat Para Ahli tentang Pengertian Olahraga

  • Whatsapp
Pendapat Para Ahli tentang Pengertian Olahraga
Pendapat Para Ahli tentang Pengertian Olahraga

Tubuh yang sehat dan bugar, tentunya terbentuk dari makanan sehat dan olahraga teratur. Olahraga menjadi kewajiban bagi semua orang, karena dapat menjaga kesehatan dan mencegah datangnya penyakit. Bahkan kini sudah banyak olahraga yang menjadi tren, seperti marathon, gym, yoga, zumba. Semuanya dilakukan secara berkelompok, agar olahraga menjadi lebih menyenangkan.

Ada berbagai alasan orang rutin berolahraga, selain untuk menjadi sehat, biasanya mereka juga menginginkan bentuk tubuh ideal, kulit sehat, serta menghindari kebiasaan bermalas-malasan di rumah. Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari olahraga, tentunya olahraga harus dilakukan sewajarnya, jangan sampai terobsesi kepada sesuatu sehingga memacu diri untuk terus olahraga.

Pengertian Olahraga Menurut Pendapat Para Ahli

Secara umum, olahraga adalah gerakan tubuh yang menghasilkan keringat. Dari gerakan tubuh tersebut, semua organ yang ada di dalam tubuh akan bekerja secara optimal, seperti pembakaran kalori, pompa jantung, peredaran darah, dan lain-lain. Pengertian olahraga menurut pendapat para ahli, berikut ini adalah uraiannya.

1. Hans Tandra

Olahraga adalah irama gerak tubuh secara teratur, yang dapat menyehatkan jasmani dan rohani seseorang. Gerakan tersebut dapat dilakukan secara bebas, yang penting teratur dan berirama.

2. Kathryn Marsden

Olahraga adalah kegiatan yang berfungsi menghilangkan stres berlebih. Saat tubuh lebih banyak melakukan gerakan aktif, maka hormon endorfin akan ikut bekerja. Hormon tersebut dapat membuat manusia merasa senang, lebih baik, dan terhindar dari stres yang berlebihan.

3. Jessica Dolland

Olahraga adalah media pereda stres. Hal ini dibuktikan karena olahraga dapat meredakan rasa khawatir. Selain itu, olahraga juga dapat mengurangi ketegangan otot yang terjadi saat Anda stres. Jadi, jika Anda mengalami beban pikiran berlebih, cobalah untuk berolahraga ringan terlebih dahulu.

4. Edward

Olahraga harus dilakukan secara spontan, mulai dari games, sport, serta bermain. Maksudnya, gerakan olahraga harus memiliki konsep. Tergantung pada jenis olaharaga yang Anda pilih, contohnya lari. Anda harus menyiapkan peregangan otot terlebih dahulu, menentukan jarak yang akan ditempuh, serta durasi waktu yang sesuai untuk Anda.

5. Chatles C.Mantz

Olahraga adalah sebuah prioritas, dan harus dilakukan secara terjadwal serta realitis. Maksudnya, olahraga merupakan hal penting yang harus diutamakan. Namun, Anda juga harus mengontrol frekuensinya, jangan sampai berlebihan dalam berolahraga karena dapat mengakibatkan sesuatu hal yang fatal.

6. Suryanto Rukmono

Olahraga adalah kegiatan melatih tubuh, agar sehat jasmani dan rohaninya. Olahraga yang diatur dengan konsep yang matang, akan membuahkan hasil yang terbaik dalam pembentukan tubuh. Baik itu bentuk tubuh yang kuat dan indah secara fisik, maupun kuat dan sehat secara rohani.

 

7. Cholik Mutoir

Olahraga adalah proses sistematik, yang dilakukan untuk mengembangkan dan membina potensi jasmaniah serta rohaniah. Dengan berolahraga, Anda dapat memelihara kesehatan fisik serta rohani.

8. Seno Gumira Adjidarma

Olahraga adalah sarana atau ajang untuk berkompetisi dalam menjadikan seseorang sebagai nomor satu atau pemenang. Selain berfungsi menyehatkan jasmani, olahraha juga berperan dalam pengembangan bakat di setiap cabangnya.

9. Dewan Olahraga Eropa

Olahraga adalah aktivitas bebas dan spontan, yang dilakukan saat waktu luang untuk menggerakan tubuh. Menghasilkan kelancaran suplai oksigen ke otak, sehingga akan mejadikan tubuh segar dan sehat.

10. UNESCO

Olahraga adalah aktivitas fisik, seperti permainan yang memiliki unsur perlawanan. Artinya, melawan terhadap alam, diri sendiri, maupun orang lain. Hal ini berarti bahwa olahraga dapat berarti sebuah perlawanan, baik itu melawan kemalasan, penyakit, dan yang lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *