Pengertian NKRI dan Tujuannya

  • Whatsapp
Pengertian NKRI
Pengertian NKRI

Kita hidup di negara Indonesia yang telah merdeka sejak 17 Agustus 1945. Tahukan Anda apa bentuk dari negara Indonesia? Sesuai dengan ayat 1 pada pasal 1 Undang-undang Dasar, Indonesia sebuah kesatuan. Sedangkan negara ini dijalankan dalam bentuk republik yang dipimpin oleh seorang Presiden.

Indonesia memiliki nama resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia atau yang biasa disingkat NKRI. Dalam perkembangannya, Indonesia juga pernah mengalami perubahan bentuk negara menjadi negara serikat. Namun hal ini tidak sesuai dengan jiwa bangsa Indonesia sehingga kembali menjadi negara kesatuan.

Pengertian NKRI

NKRI adalah negara yang terbentuk dari ras, suku bangsa, kebudayaan, dan agama yang banyak ragamnya namun bersatu karena sebuah tujuan yang sama. Tujuannya adalah mendirikan sebuah bangsa yang bersatu, merdeka dari penjajahan, berdaulat dalam keadilan dan kesejahteraan.

Indonesia merupakan negara yang wilayahnya berbentuk kepulauan dan dipisahkan oleh selat serta lautan luas. Kondisi geografis ini tidak menghalangi seluruh rakyat untuk bersatu padu dalam mewujudkan cita-cita NKRI. Pemerintah memiliki peran dan tanggung jawab yang sangat penting yaitu memberikan perlindungan terhadap bangsa Indonesia.

Tujuan NKRI

Jika kita Anda ingin mengetahui tentang tujuan dari berdirinya NKRI, bacalah pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Khususnya pada paragraf ke-4 atau paragraf terakhir.

Berikut ini tujuan NKRI sesuai yang tersurat dalam paragraf keempat pembukaan UUD 1945:

  1. Memberikan perlindungan kepada semua bangsa dan seluruh warga negara Indonesia
  2. Meningkatkan kemakmuran seluruh rakyat Indonesia
  3. Mendidik bangsa hingga menjadi bangsa yang cerdas
  4. Menjaga keteraturan di dunia dengan menjadikan kemerdekaan, kerukunan yang abadi, dan juga keadilan di bidang sosial sebagai dasarnya.

Untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan NKRI seperti yang termuat dalam pembukaan UUD 1945 harus dilakukan dengan kerja sama. Pemerintah dan seluruh masyarakat harus bahu membahu melakukan berbagai cara agar tujuan tersebut tercapai.

Untuk mencapai tujuan pertama, pemerintah Indonesia mendirikan lembaga negara bermana Polisi Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Polri memiliki peran dan tugas untuk menjaga ketertiban rakyat yang ada di dalam negara. Polisi juga harus menaungi dan menjaga seluruh masyarakat tanpa memandang golongan dan jabatan.

Sedangkan TNI memiliki tugas yang tidak kalah penting yaitu menjaga kedaulatan NKRI. TNI terdiri dari 3 bagian yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, dan TNI Angkatan Laut. Tugas utama TNI adalah melindungi dari serangan musuh yang ingin menyerang NKRI dari darat, udara, dan laut. TNI juga harus siap untuk berperang apabila keadaannya sangat memaksa.

Tujuan NKRI yang kedua adalah meningkatkan kemakmuran seluruh bangsa. Cara yang bisa dilakukan oleh pemerintah adalah meningkatkan pembangunan infrastruktur. Adanya infrastruktur yang memadai seperti jalan raya, pelabuhan, dan bandar udara akan mempermudah akses masyarakat dengan wilayah luar. Hal ini mendorong terjadinya perdagangan yang dapat meningkatkan kemakmuran.

Bangsa yang cerdas dapat diwujudkan dengan memberikan pendidikan yang layak kepada generasi penerus bangsa. Pemerintah mewujudkan tujuan ini melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan. Kementerian ini membawahi seluruh pendidikan dasar dan pendidikan tinggi di Indonesia. Kemudahan masyarakat dalam menjangkau fasilitas pendidikan dapat membuat bangsa menjadi lebih cerdas.

Dalam menjaga keteraturan dunia, Indonesia termasuk dalam anggota Persatuan Bangsa-bangsa (PBB). Indonesia juga siap mengirimkan tentara pasukan khusus jika diminta oleh negara-negara yang sedang terlibat perang.

Tidak hanya itu, seluruh masyarakat Indonesia juga diharapkan turut serta menjaga keteraturan ini. Cara yang paling mudah yaitu dengan meningkatkan toleransi terhadap orang lain. Saling menghargai orang yang berbeda suku, agama, bangsa, dan golongan menjadi kunci untuk menjaga perdamaian di dalam negeri.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *